10 Jenis Buah Melon Yang Paling Terkenal

Berikut ini kami jelaskan tentang 10 jenis buah melon yang paling terkenal.Agar bisnis melon sukses, langkah awal yang harus ditempuh adalah pengenalan varietas buah melon yang memiliki daya saing tinggi dari sisi mutu buah, produktivitas, serta ketahanan terhadap hama dan penyakit.

Sebagian besar benih melon yang ditanam di Indonesia berasal dari luar negeri. Di pasar, benih melon Indonesia terdapat dua jenis varietas.

Varietas bersari bebas (open pollinated variety) yang memiliki daya saing kurang tinggi.

Baca Juga:

Varietas hibrida (hybrid variety). Kelebihan varietas ini, yaitu penampilan tanaman dan tipe buah seragam serta memungkinkan diperolehnya kombinasi karakter-karakter yang diinginkan dari tipe melon yang berbeda di dalam satu genotipe. Karakter tersebut antara lain kualitas buah yang baik, daya simpan buah yang lama, adaptif terhadap kondisi cuaca yang lebih lembap, serta tahan terhadap hama dan penyakit.10 jenis buah melon yang paling terkenal

PEMILIHAN VARIETAS

1. Sunrise meta

Kulit buah berwarna putih dan tidak berjala. Bentuk buahnya agak lonjong. Umur panen sekitar 60 hari setelah tanam. Daging buahnya berwarna oranye, tekstur kenyal. Renyah, dan rasanya manis.

2. Orange meta

Kulit buah berwarna oranye dan tidak berjala. Daging buahnya oranye muda, teksturnya renyah, dan rasanya manis. Bentuk buahnya lonjong. Varietas melon ini bisa dipanen pada umur sekitar 60 hari setelah tanam.

3. Action 434

Varietas melon ini diproduksi oleh PT Tanindo Subur Prima. Penampilan buahnya mirip dengan varietas Sky rocket.

4. Mai 119

Artikel terkait

Varietas melon ini diproduksiĀ  oleh CV Multi Global Agrindo (MGA), Karanganyar. Bobot buahnya bisa mencapai 3,5 kg. Bentuk buahnya bulat, kulitnya berwarna hijau, dan berjala. Daging buah nya berwarna oranye, rasanya manis, dan teksturnya kenyal. Umur panennya sekitar 65 hari setelah tanam. Varietas pendahulunya adalah Mai 116 yang memiliki karakteristik mirip dengan Mai 119, tetapi bobot buahnya kecil.

5. Sky rocket

Bobot buah dari varietas ini bisa mencapai 3 kg. Bentuk buahnya bulat, kulitnya berwarna hijau kekuningan dan berjala. Daging buahnya berwarna hijau muda, rasanya manis, dan teksturnya kenyal. Umur panen sekitar 65 hari setelah tanam.

6. Apollo

Varietas melon ini diproduksi oleh PT Known You Seed. Kulit buahnya berwarna kuning cerah dan tidak berjala. Daging buahnya putih, teksturnya renyah, dan rasanya manis. Bentuk buahnya lonjong dan bobotnya bisa mencapai 2 kg. Umur panen sekitar 60 hari setelah tanam.

7. Golden meta

Ciri varietas ini adalah permukaan kulitnya berjala dan daging buah berwarna kuning keemasan.

8. Bright meta

Ciri varietas ini adalah permukaan kulitnya menyerupai orange meta, tetapi daging buahnya berwarna lebih terang.

9. Snow white meta

Ciri varietas ini adalah permukaan kulitnya tidak berjala dengan daging buah berwarna putih bersih.

Tipe kelompok melon yang populer

RETICULATUS. Disebut juga rockmelon, netted melon, american cantaloupe, atau false cantaloup.

INODURUS. Disebut juga winter melon. Saat ini, mulai populer dan umumnya memiliki harga jual per kilogram lebih mahal dari pada melon-melon grup Reticulatus.

CANTALUPENSIS. Ciri khas Cantalupensis, yaitu buahnya umumnya berjuring, permukaan kulit buah kadang-kadang tidak mulus, aroma daging buah sangat kuat, dan warna daging buah umumnya kuning atau oranye. Contohnya adalah blewah.

 

loading...
10 Jenis Buah Melon Yang Paling Terkenal | Penulis | 4.5