25 Tanaman Hias Rambatan Paling Indah Di Indonesia

Memiliki pergola di taman memang menyenangkan. Namun, tampilan pergola akan lebih cantik bila dirambati oleh tanamanHias.berikut ini kami tuliskan 25 tanaman hias rambatan paling indah di indonesia menurut majalah populer. Apalagi, dari tanaman hias rambatan tersebut bermunculan kuntum bunga yang indah. Tentu saja akan membuat pergola terlihat cantik dan asri. Tidak hanya pergola, pagar dan para-para pun bisa dijadikan tempat untuk merambat tanaman hias bunga.

Jenis tanaman hias yang bisa merambat memang sangat beragam, mulai dari tanaman hias daun sampai tanaman hias bunga. Tanaman hias bunga cenderung lebih disukai oleh hobiis. Tidak hanya dari bentuk mahkota bunganya, warna pun sangat beragam. Kuning, merah jambu, merah hijau, dan ungu merupakan beberapa contoh warna yang dominan. tanaman hias merambat paling indah

Bagian tanaman yang memiliki sifat merambat pada beberapa tanaman hias bunga berbeda-beda. Ada tanaman yang merambat dengan menggunakan akar, batang, atau sulur. Di samping itu, tanaman hias merambat ada yang berupa perdu dan beberapa jenis lain berupa liana.

Baca Juga:

Beberapa contoh tanaman hias merambat berbunga indah sebagai berikut.

Air mata pengantin

Tanaman ini sebaiknya ditanam sebagai pemanis pergola atau para-para disamping rumah. Untuk pembentukan bunga yang sempurna, tanaman perlu sinar matahari penuh dan media tanam yang tidak terlalu lembap.

Alamanda

Kuntum bunga alamanda ada yang kecil dan ada pula yang besar. Warnanya juga beragam, mulai dari kuning, ungu, hingga ungu kekuningan. Alamanda mampu tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi.

Bugenvil

Warna bunga bugenvil sangat beragam, mulai dari oranye, kuning, putih, sampai ungu. Bahkan, daun tanaman ini pun ada yang variegata. Tanaman ini dapat beradaptasi didataran rendah maupun tinggi.

Bunga kuku macan

Oleh karena dapat tumbuh tinggi, tanaman ini sangat cocok dirambatkan pada pergola. Idealnya tanaman ini tumbuh ditempat yang terkena sinar matahari, tetapi di tempat teduh pun bisa tumbuh baik.

Ceguk

Tanaman ini sangat cocok sebagai peneduh pergola karena pertumbuhannya yang cukup pesat. Bila musim berbunga tiba, tanaman akan semarak bunga berwarna merah jambu.

Ipomea

Mahkota bunga ipomea ada dua warna, yaitu ungu dan biru tua. Tanaman ini sangat cocok dirambatkan di pagar besi. Didataran rendah, tanaman ini mampu tumbuh dengan baik.

Mandevila

Warna bunga yang umum dijumpai yaitu merah muda dan putih. Sekarang, tanaman ini sedang tren dirambatakan dirambatan besi. Tanaman ini mampu tinggi.

Mawar rambat

Beberapa jenis mawar memang tumbuh merambat. Umumnya, jenis tanaman ini memiliki kuntum bunga yang besar. Warna bunganya sangat beragam, mulai dari merah, kuning, putih, sampai perpaduan warna merah dan kuning muda.

Artikel terkait

Kembang telang

Tanaman ini sering ditanam untuk menyelaraskan pagar besi. Sebaiknya, media tanam yang digunakan berbentuk kering.

Melati bunga putih

Tanaman yang memiliki aroma bunga yang sangat harum ini cocok ditanam dipagar atau di rambatan besi.

Melati bunga kuning

Tanaman ini mirip dengan melati, tetapi warna bunganya kuning pucat. Tanaman ini sangat cocok sebagai pelengkap pagar besi atau pergola.

Melati kumis/arab

Keunikan dari tanaman ini yaitu memiliki helaian yang cukup panjang pada ujung mahkota bunganya. Oleh karenanya, tanaman ini disebut melati kumis.

Nona  makan sirih

Tanaman ini mampu tumbuh baik sampai ketinggian 4 meter. Oleh karenanya, tanaman ini sering dirambatkan pada pergola.

Pasiflora

Warna bunga yang banyak dijumpai ada dua, yaitu merah dan hijau. Umumnya, tanaman ini digunakan untuk menyelaraskan pergola dan pagar besi.

Podranea

Tanaman ini hanya akan berbunga bila sinar mathari yang didapatnya penuh. Umumnya, tanaman ini dirambatkan pada rambatan besi.

Pseudocalymna

Kuntum bunganya bewarna ungu dan putih. Tanaman ini sangat cocok dirambatkan pada pergola atau para-para

Pyrostegia

Umumnya, tanaman ini tumbuh baik di dataran tinggi dengan curahan matahari cukup. Saat berbunga, kuntum bunga akan terlihat kompak.

Stefanot

Warna bunga yang banyak dijumpai yaitu merah jambu dan putih. Tanaman ini sangat baik bila diguankan sebagai pemanis pergola dan pagar besi.

Terong susu

Bentuk buah tanaman ini memang unik. Tanaman ini hanya cocok dirambatkan di rambatan besi karena berupa tanaman perdu. Masa hidupnya sangat singkat, sekitar 3 bulan.

Thunbergia

Macam bunga yang banyak dijumpai yaitu putih polos, putih ke unguan, dan perpaduan merah-kuning. Tanaman ini sangat cocok untuk dirambatkan di pergola atau pagar besi.

Granolia

Tanaman ini bisa tumbuh baik di dataran rendah. Selain bunganya yang indah, daya tarik lainnya terletak pada warna bijinya yang berwarna merah bila sudah matang. Tanaman ini sangat cocok untuk dirambatkan di pot.

Congea

Bunga majemuk ini cenderung cocok tumbuh di dataran tinggi. Sebaiknya, tanaman ini dirambatkan di pergola.

Stropanthus grathus

Tanaman ini lebih cocok dirambatkan yang dihubungkan dengan pot, terutama di dataran tinggi. Bila terkena sinar mathari penuh, bunga akan bermunculan.

loading...

Hujan emas

Daya tarik tanaman ini terletak pada jenis bunga majemuk yang bergerombol. Di dataran rendah, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik.

Strongylodon

Bunga ini memang mirip dengan bunga kuku macan. Namun, warna bunganya hijau. Tanaman ini sangat cocok dirambatkan di pergola karena bunganya menggantung ke bawah.

25 Tanaman Hias Rambatan Paling Indah Di Indonesia | Penulis | 4.5