3 Jenis Bunga Anggrek Bermahkota

Berikut ini ada 3 jenis bunga anggrek bermahkota serta memiliki keindahan yang luar biasa.Perbedaannya hanya terletak pada warna bunganya, Mahkota dan kelopak bunga berwarna putih dengan variasi warna hijau apel yang dipadukan dengan warna kuning.

Pada kelopak bunga samping bagian tengah ke bawah disaput warna merah magenta dengan gradasi yang indah. Lidah dan tugu bunga berwarna dasar magenta. Sementara di bagian tengah lidah berwarna kuning dengan dua blok atau titik warna magenta di kedua sisinya. Varietas ini berasal dari Kalimantan Barat dan Serawak (Kalimantan Utara).

Phalaenopsi venosa

Baca Juga:

Phalaenopsis venosa pertama kali ditemukan tahun 1980 dan mulai diperkenalkan pembudidayaannya pada pertengahan tahun 1980-an. Awalnya spesies ini dikenal dengan nama Phalenopsis psilantha. Namun, beberapa tahun kemudian spesies ini diperkenalkan sebagai Phalaenopsis venosa. Perubahan nama ini masih menjadi perdebatan, baik di kalangan hobiis maupun penangkar, karena masih ada yang meyakini bahwa keduanya berbeda.unduhan (6)

Phalaenopsis venosa termasuk tanaman epifir dengan batang terbungkus pelepah daun. Daun berwarna hijau muda, tipis, panjang 25-30 cm, berbentuk bulat panjang sampai bulat elips, dan berujung runcing.

Artikel terkait

Bunga Phalaenopsis venosa berpenampilan indah dengan aroma harum. Mahkota dan kelopak bunga berwarna kuning polos sampai kuning kecokelatan. Umumnya bunga anggrek ini mekar serentak pada tangkai bunga yang muncul di atas daun. Spesies ini berpotensi paling besar untuk disilangkan dalam upaya menghasilkan anggrek silangan berwarna kuning.

Phalaenopsis floresensis

Sesuai dengna namanya, Phalaenopsis floresensis berasal dari Pulau Flores, Indonesia. Spesies ini pertama kali ditemukan pada tahun 1988 yang kemudian dibudidayakan di Arboretrum of Los Angeles dan berbunga pertama kali pada bulan Mei 1990 di tempat yang sama. Anggrek ini pertama kali dideskripsi tahun 1993.

Phalaenopsis floresensis termasuk tanaman epifit berbatang pendek yang tertutup pelepah daun. Daunnya berwarna hijau, berbentuk bulat panjang, dan berujung tajam atau tumpul. Dalam satu pohon terdapat 5-7 helai daun yang panjangnya sekitar 8,5-14 cm dan lebar 3-6 cm.

Bunganya berpenampilan indah, didominasi oleh warna kuning. Mahkota dan kelopak bunga berwarna kuning sampai kuning krem/pucat. Mahkota bunga oval, sedangkan kelopak bunga elips sampai elips oval. Pada mahkota bunga terdapat hiasan garis halus berwarna cokelat transparan yang berjumlah 7-11 garis.

loading...
3 Jenis Bunga Anggrek Bermahkota | Penulis | 4.5