3 Jenis Bunga Anggrek Yang Paling Terkenal di Dunia

Anggrek ini ditemukan di daerah Moulmein (Burma). Berikut ini kami tuliskan 3 jenis bunga anggrek yang paling terkenal di dunia.Phalaenopsis lowii merupakan tanaman epifit. Batangnya pendek tertutup oleh pelepah daun. Akarnya sangat sedikit, berdaging, dan tumbuh memanjang. Daunnya hijau tua pada bagian atas berbintik keunguan pada bagian bawah. Bentuk daun bulat telur atau lonjong memanjang dan lancip di bagian ujungnya. Dalam satu pohon hanya terdapat 1-5 helai daun saja. Panjang daun 9 cm dan lebar 3 cm.

Bunga Phalaenopsis lowii berwarna pink lembut. Kelopak dan mahkota bunga berwarna putih dengan variasi semburat warna ungu pada bagian tengah. Lidah bunga bagian tepi berwarna putih dengan variasi bintik-bintik warna kuning. Sementara lidah bunga bagian tengah berwarna merah tua sampai ungu tua.images (17)

Phalaenopsis mannii

Baca Juga:

Phalaenopsis mannii pertama kali ditemukan bulan Mei 1868 di Sikkim (perbatasan India) pada tahun 1871. Daerah penyebarannya ialah India, Sikklim, Assam, dan Vietnam.

Spesies ini termasuk tanaman epifit yang berakar banyak, panjang, dan bulat berdaging. Batangnya pendek, hampir seluruhnya tertutup pelepah daun. Daun berwarna hijau, berdaging, bulat panjang, dan bagian ujung tajam. Panjang daun 37 cm dan lebar 7 cm. Jumlah daun di setiap pohon sekitar 4-5 helai.

Mahkota dan kelopak bunga berwarna kuning dengan variasi titik atau blok berwarna cokelat cinamon. Kelopak bunga bulat panjang atau lanset dan tajam pada bagian ujung. Panjang kelopak bunga 20-25 mm dan lebar 7-11 mm. Mahkota bunga bulat panjang dan tajam di bagian ujung. Panjang mahkota bunga 17-20 mm dan lebar 5-6 mm. Lidah bunga berwarna kuning. Salah satu ciri spesies ini adalah adanya bulu  pada lidahnya.

Phalaenopsis lindenii

Artikel terkait

Phalaenopsis lindenii merupakan spesies yang banyak terdapat di Pulau Luzon, Filipina. Spesies ini termasuk tumbuh epifit yang akarnya berdaging. Batangnya pendek, hampir semuanya tertutup pelepah daun. Daun berwarna hijau dengan variasi bintik-bintik putih atau perak pada permukaannya. Bentuk daun bulat panjang atau elips dengan bagian ujungnya tajam atau bulat. Panjang daun 25 cm dan lebar 4 cm.

Phalaenopsis lindenni memiliki bunga yang indah dan lembut. Mahkota dan kelopak bunga berwarna putih pucat dengan variasi titik merah menyala. Mahkota bunga bulat panjang sampai elips tajam atau bulat dengan panjang 14 mm dan lebar 8 mm.

Kelopak bunga berbentuk bulat panjang sampai elips dengan panjang 15 mm dan lebar 7 mm. Lidah berwarna merah lembayung di bagian atas dengan 5-7 garis merah tua dibayangi warna cokelat. Bagian sisi lidah berwarna putih dengan titik warna oranye di bagian bawah dan garis kuning di bagian atas. Tunggu bunga berwarna ungu.

Phalaenopsis kunstleri

Phalaenopsis kunstleri pertama kali ditemukan di Perak, Malaysia. Daerah penyebaran spesies ini adalah Malaysia (Johor dan Perak) serta Burma.

Spesies ini termasuk tumbuhan epifit yang akarnya berdaging. Batangnya pendek hampir tertutup pelepah daun. Daunnya berwarna hijau, mengilap, dan berdaging. Dalam satu pohon terdapat 2-4 helai daun. Bentuk daun bulat panjang atau elips dengan bagian ujungnya tajam atau tumpul. Panjang daun 10-24 cm dan lebar 4-8 cm.

Bunga Phalaenopsis kunstleri berbentuk seperti bintang, berwarna lembut, dan berdaging. Bunga mekar per bagian, tetapi adakalanya mekar sekaligus. Kelopak dan mahkota bunga berwarna dasar kuning atau hijau kekuningan dengan titik-titik besar berwarna cokelat atau cokelat tua.

Kelopak bunga berbentuk bulat panjang atau oval, tumpul di bagian ujung, panjang 20 mm, dan lebar 10 mm. Mahkota bunga berbentuk bulat panjang atau elips dengan panjang 15 mm dan lebar 8 mm.

Phalaenopsis kunstleri memilki lidah yang berdaging dan terdiri dari tiga bagian (tajuk). Lidah bunga berwarna kuningan dengan satu atau dua garis cokelat tua yang seimbang pada kedua sisi. Lidah bagian tengah bulat atau elips, berdaging, datar, dan berbobot seimbang. Bagian depan lidah berbentuk bulat, sedangkan bagian samping datar dan berdaging.

loading...
3 Jenis Bunga Anggrek Yang Paling Terkenal di Dunia | Penulis | 4.5