30 Jenis Spesies Bunga Aglaonema

Di alam, Jenis Bunga aglaonema dapat dijumpai sekitar 30 spesies.30 jenis spesies bunga Aglaonema akan kami terangkan di bawah. Jenis-jenis tersebut umumnya mempunyai warna daun yang dominan hijau sehingga kurang menarik. Rasmussen terutama cara untuk menghasilkan bunga dan cara penyilangan, tanaman ini semakin banyak disilangkan sehingga dihasilkan aglaonema yang mempunyai warna daun dan pola yang lebih menarik. Aglaonema hibrida ini ada dua macam, yaitu aglaonema paten  dan aglaonema   non-paten.

Perbedaan antara keduanya yaitu aglaonema paten telah didaftarkan pada hak paten oleh penyilangnya sehingga perbanyakan tanaman ini harus seijin penyilangnya. Adapun aglaonema non-paten tidak didaftarkan pada hak paten oleh penyilangnya. Selain aglaonema spesies, juga terdapat aglaonema yang mengalami mutasi,   baik secara alam maupun hasil persilangan, sehingga mempunyai penampilan yang menarik.images (3)

AGLAONEMA SPESIES

Baca Juga:

Aglomen spesies merupakan aglomen yang ditemukan atau terdapat di alam, bukan hasil silangan manusia. Umumnya, aglomen spesies berwarna hijau seperti paa warna daun pada umumnya dan hanya beberapa yang mempunyai corak dan hanya satu-satunya yang berwarna merah, yaitu A. rotundum. Umumnya, aglaonema ini telah dikenal sekitar abad ke-1 dan ke-19. Spesies aglomen tersebut yaitu

Artikel terkait
  1. Aglaonema brevispathum
  2. Aglaonema cochinchinense
  3. Aglaonema pumilum
  4. Aglaonema hospitum
  5. Aglaonema simplex
  6. Aglaonema commutatum
  7. Aglaonema densinervium
  8. Aglaonema costatum
  9. Aglaonema crispum
  10. Aglaonem stenophyllum
  11. Aglaonema tenuipes
  12. Aglaonema modestum
  13. Aglaonema nitidum
  14. Aglaonema pictum
  15. Aglaonema rotundum
  16. Aglaonema marantifolium Blume
  17. Aglaonema argentea
  18. Aglaonema novoguineense
  19. Aglaonema phillippinenese
  20. Aglaonema serebryanyi
  21. Aglaonema piereanum
  22. Aglaonema cordifolium
  23. Aglaonema borneense
  24. Aglaonema cambodianum
  25. Aglaonema angustifolium

Masing-masing spesies mempunyai beberapa varietas atau variasi. Misalnya, A. pictum mempunyai variasi A. pictum ‘Bicolor’, A. pictum ‘Tricolor’, dan A. pictum ‘poeloe’. Adapun A. comutatum mempunyai variasi seperti  A. comutatum ‘Tricolor’, A. commutatum ‘Pseudobracteatum’, A. comutatum ‘Treubii’, dan A. comutatum ‘Elegans’. Variasi-variasi ini umumnya terlihat dari perbedaan corak daunnya.

Diantara puluhan jenis aglaonema spesies, A. rotundum sangat berperan dalam perkembangan hibrida-hibrida baru, khususnya hibrida berdaun merah. Aglaonema ini asli dari Indonesia, khususnya terdapat di Sumatera Utara dan Aceh. Yang paling sulit dari tanaman ini ialah membiakkannya di dalam pot.

Bila media terlalu basah atau kurang steril, tanaman ini akan segera mati. Namun, keajaiban terjadi pada tanaman hasil silangannya. Hasil silangan A. rotundum dapat menghasilkan tanaman yang lebih kuat dari induknya, seperti aglaonema Pride of Sumatera.

Beberapa nurseri di Bangkok tidak lagi menggunakan Aglaonema rotundum sebagai indukan karena kesulitan dalam pemeliharaannya. Sebagai gantinya, digunakan aglaonema Cau Wang yang relatif lebih mudah dipelihara.

loading...
30 Jenis Spesies Bunga Aglaonema | Penulis | 4.5