4 Jenis Tanaman Hias Encephalartos Beserta Harga Jualnya

4 jenis tanaman hias encephalartos beserta harga jualnya-Coba renungkan kembali bagaimana citra encephalartos dijadikan sebagai ornamental plant? Wow, indah sekali. Anda mungkin menggambarkan jaman pra sejarah, sebut saja Jurasic Park. Nah, hadirnya encephalartos seakan-akan menggambarkan taman layaknya suasana di film tersebut.

Kesan purba menjadi daya tariknya. Bersanding dengan tanaman hias lain, semisal philodendron atau aglaonema, keduanya akan tampak kerdil. Sosok encephalartos gagah dan megah akan menimbulkan decak kagum saat melihatnya. Konon, adanya encephalartos di rumah mencerminkan kewibawaan pemiliknya.

Seperti apa sosok encephalartos? Mari kita lihat satu persatu ciri khas dari tanaman ini. Tengoklah bagaimana bentuk bonggolnua menggembung dengan diselimuti tangkai daun pada bagian atasnya. Daun majemuknya sama-sama menyirip seperti bulu unggas.

Baca Juga:

Daun tumbuh di bagian atas bagian hingga menyerupai air mancur. Anak daunnya keras, lurus, dan agak meruncing. Bentuk daunnya bervariatif, itu tergantung jenisnya, tetapi umumnya berwarna hijau metalik. Dengan warna daun yang agak gelap, encephalartos tampak angkuh.

Pada umumnya landscaper menjadikan encephalartos sebagai center point atau unsur utama. Unsur tambahan diberikan tanaman hias berwarna cerah, misalnya philodendron, euphorbia, atau sansevieria sehingga memberikan kesan menyenangkan.4 Jenis Tanaman Hias Encephalartos Beserta Harga Jualnya

Encephalartos horridus

Inilah jenis yang spektakuler. Pernah ditemui horridus setinggi 1 m. Warna daunnya yang hijau kebiruan begitu sempurna, menandakan tanaman itu sehat. Daunnya rimbun di ujung batang membentuk tajuk membulat sehingga memberi kesan kompak. Anak daun yang berbentuk lanset sempit dan runcing tersusun cukup rapat pada tangkai. Beberapa tangkai daun melekuk di bagian ujungnya.

Encephalartos fer0x

Encephalartos ferox merupakan jenis yang cukup populer di kalangan hobiis. Posturnya sedang, dengan ketinggian tanaman antara 70 cm-1,5 m. Ferox memiliki daun hijau dan kompak, dengan tangkai daun yang cenderung lurus sampai ujung tangkai daun yang cenderung lurus sampai ujung tangkai.

Bentuk helaian anak daunnya unik, yaitu lanset melebar dengan ujung daun tidak rata, meruncing pada beberapa bagian seperti bintang. Susunan anak daunnya tidak terlalu rapat.

Encephalartos trispinosus

Encephalartos trispinosus dapat dikenali dari tangkai daunnya yang melekuk dari bagian tengah sehingga daun tampak terpilin. Tiap helaian anak daun berbentuk lanset sempit dan panjang. Ujung anak daunnya meruncing ke arah ujung seperti duri. Susunan anak daunnya tampak renggang pada tamgkai.

Artikel terkait

Encephalartos lehmanii

Encephalartos lehmanii memiliki kelebihan pada daya tahan hidupnya yang tinggi. Selain itu, jenis ini dapat tumbuh dengan cepat. E. lehmanii tampil cantik dengan daunnya yang berwarna hijau tua keperakan.

Tangkai daun tumbuh menyebar ke segala penjuru. Sosoknya mirip dengan E. trispinosus dengantangkai melekuk. Anak daun berbentuk lanset sempit memanjang dan runcing. Jarak antar daunnya tidak terlalu rapat.

Pertuymbuhan encephalartos yang lambat menjadikan tanaman purba ini berharga mahal. Misalnya saja, encephalartos setinggi 1 m ternyata telah berumur lebih dari puluhan tahun dan bisa dihargaiu hingga puluhan juta rupiah.

Semakin tua umur tanaman semakin menonjolkan kesan purba yang dimilikinya. Penantian yang panjang untuk mendapatkan tanaman dewasa menyebabkan persediaan tanamanĀ  menjadi terbatas. Sementara itu, permintaan pasar terhadap tanaman begitu tinggi. Tak pelak lagi harga melonjak tajam.

Anggun Dan Menawan

Kalau encephalartos menonjolkan kegagahan, lain halnya dengan sikas. Sebagai tanaman purba, sikas lebih mencerminkan keanggunan. Salah satu jenis sikas yang menjadi incaran kolektor adalah Cycas revoluta.Sikas yang konon dari jepang ini menebarkan pesonanya dari keseluruhan sosok tanaman.

Keuntungan yang Anda terima saat membeli jenis tanaman hias ini adalah kemolekannya. Cobalah perhatikan, batangnya hitam berbentuk silinder dan besar, menjulang hibngga ketinggian 3 m.

Selain batang yang tinggi, juga terdapat varietas tanaman berukuran pendek yang tak kalah anggun Batang tersebut bulat seperti bola dengan anakan berjajar rapi. Daun tersusun spiral di sekujur batang.

Kuncup daun yang baru mekar berwarna hijau muda. Ketika dewasa, daunnya semakin memikat dengan warna hijau tua mengilap. Jarak antaranak daun cukup rapat sehingga tampak kompak. Tiap helai anak daun berbemntuk lurus memanjang dan meruncing ke arah ujung. Pada tangkai daunnya yang berbentuk segi empat terdapat duri-duri kecil.

Jenis sikas kristata dan variegata juga banyak diminati. Bentuk kristata yang pernah ditemui misalnya kristata pecah dua batang Mutasi pada daun menghasilkan jenis variegata, seperti warna daun sebagian hijau dan sebagian lagi putih sehingga tampak unik.

Ada pula jenis variegata yang warna daunnya tidak merata sehingga dalam satu tangkai daun terdapat dua jenis warna, yaitu hijau dan kuning.

Namun, bila Anda tidak bisa menerima encephalartos dan sikas di rumah karena alasan entah mahal atau halaman sempit, maka ada pilihan lain, yaitu zamia. Sebagai pot plant, zamia sangat cantik. Kelainan tanaman berupa kristata atau varigata membuat zamia tampil lebih eksotik.

Sekali lagi, Anda sebaiknya mempertimbangkan dengan matang ketiga jenis tanaman tersebut. Padukan dengan jenis kondisi rumah, baik luas atau gaya yang ingin Anda tampilkan. Dan tentu saja sesuaikan dengan kocek Anda.

loading...
4 Jenis Tanaman Hias Encephalartos Beserta Harga Jualnya | Penulis | 4.5