5 Jenis Penyakit Yang Bisa Di Obati Dengan Semangka

5 Jenis penyakit yang bisa di obati dengan semangka.

Kencing Manis.

  • Potong-potong kulit buah semangka (30 gr) dan jambu biji yang masih mengkal (1 buah), lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa segelas dan minum setelah dingin. Lakukan tiap hari 2-3 kali.
  • Rebus biji semangka (1 genggam) dengan 1 liter air sampai mendidih (45 menit) dalam panci tertutup. Setelah dingin, minum seperti teh. Lakukan setiap hari.

Mengeluarkan cacing usus

Baca Juga:
  • Rebus dengan api kecil biji semangka segar (6 sendok makan) dengan 1 liter air (54 menit).
  • Setelah dingin, saring, dan diminum sehari 3 kali, masing-masing sepertiga bagian.

Infeksi kandung kemih

Biji semangka direbus (2 sendok makan) dengan 3 gelas air sampai mendidih, selama 5 menit di dalam panci tertutup. Biarkan sampai dingin, lalu minum 3-4 kali sehari, masing-masing 1 sendok makan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.5 Jenis Penyakit Yang Bisa Di Obati Dengan Semangka

Tekanan darah tinggi

  • Makan buah semangka setiap hari sebagai buah segar atau jus. Sehari minum 2 gelas jus buah semangka.
  • Kulit buah semangka dan gambir masing-masing 30 gr, diseduh dengan air mendidih, kemudian diminum.

Semangka sebagai pelindung Jantung

Penyakit jantung kerap dianggap sebagai silent killer. Banyak yang terlambat menyadari gejalanya hingga muncul serangan fatal. Karena itu, penting melakukan tindakan pencegahan dengan kontrol asupan makanan.

Seperti dikutip Times of India, salah satu tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah memperbanyak konsumsi buah-buahan mengandung zat antioksidan dan likopen, seperti semangka dan leci.

Artikel terkait

Studi Florida State University telah mengungkap bahwa konsumsi semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi, yang mendukung stabilitas kondisi jantung.

Temuan yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension ini menunjukkan, senyawa alami semangka berperan ”melebarkan” pembuluh darah, sehingga jantung tak harus bekerja memompa darah ke seluruh tubuh.

WHO Food juga mendukung temuan ini. Semangka tak hanya sebagai sumber vitamin C dan vitamin A yang baik, tapi juga mengandung zat antioksidan serta likopen yang berperan menetralisasi radikal bebas, dan mengoksidasi kolesterol.

Kemampuan semangka mengoksidasi kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah itulah yang dikaitkan dengan penurunan risiko atau pencegahan serangan jantung dan stroke.

Selain semangka, pencegahan penyakit jantung juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi leci. Kandungan polifenol alami yang cukup tinggi di dalam nya memiliki efek Kardioproteksi, menghambat agregrasi trombosit, memiliki efek vasorelaksasi, juga melindungi sel endotel pembuluh darah dari stres oksidatif.

Menurut riset, kadar citrulline lebih banyak ditemukan pada kulitnya dan dapat ditemukan pada semua warma semangka. Namun, yang paling tinggi kandungannya terdapat dalam jenis semangka kuning.

Penelitian lain dari University Kentucky juga menunjukkan bahwa semangka baik dikonsumsi untuk jaga berat badan dan membantu kesehatan jantung.

Tak hanya itu, penelitian di Inggris juga menunjukkan manfaat lain semangka. Menggunakan tikus yang telah diberi makanan berkolesterol tinggi, penelitian kemudian memberikannya jus semangka setiap hari. Hasilnya, tikus tampak lebih sehat bahkan jumlah kolestrerol jahat lebih rendah dalam darahnya.

Sebaiknya mengonsumsi semangka dalam porsi yang cukup. Terlalu banyak makan semangka bisa membuat Anda buang air kecil terus menerus, karena semangka bersifat diuretik. Kandungan gula yang tinggi dalam semangka juga harus jadi perhatian.

loading...
5 Jenis Penyakit Yang Bisa Di Obati Dengan Semangka | Penulis | 4.5