5 Jenis Spesies Bunga Anggrek

5 Jenis Spesies Bunga Anggrek.Jenis dan varietas anggrek sangat banyak. Namun, tidak satu pun jenis anggrek yang pertumbuhannya bersifat parasit atau merugikan tanaman lainnya.

Berdasarkan tempat tumbuhnya, sifat tumbuh anggrek dapat dibedakan empat macam, yaitu epifit, semi epifit, terrestrik, dan semiterrestrik. Namun, diantara ragam dan jenis anggrek

1. Anggrek epifit

Baca Juga:

Anggrek ini hidup menempel di batang, dahan, atau ranting pohon yang masih hidup maupun yang sudah mati. Bentuk daun lebar dan relatif tipis. Seluruh akarnya yang fungsional menjuntai di udara, sedangkan akar yang menempel pada media (substrat) hanya berfungsi sebagai jangkar, yaitu untuk menahan tanaman pada posisinya. Di anggrek yang tergolong dalam tipe ini adalah Phalaenopsis, Dendrobium, Vanda, dan Cattleya5 jenis spesies bunga anggrek

2. Anggrek semiepifit

Anggrek semiepifit juga tumbuh menempel pada substrat. Namun, sebagai akarnya yang menempel juga berfungsi untuk mendapatkan hara dibawah substrat. Akar-akar aktif lainnya menjuntai di udara. Termasuk dalam anggrek semiepifit antara lain Brassavola, Epidendrum, dan Laelia.

3. Anggrek semiterrestrik

Artikel terkait

Anggrek semitrrestrik adalah anggrek yang hidup dan tumbuh di atas permukaan tanah. Anggrek ini tidak memiliki bonggol (umbi semu) seperti pada jenis anggrek terrestrik dan kedudukan seluruh batangnya berada di atas permukaan tanah. Tergolong anggrek semitrrestrik antara lain  Arachnis , Arundina, Paphiopedilum, Vanila (panili).

4. Anggrek terrestrik

Anggrek terrestrik tumbuh di tanah atau media buatan yang diletakkan di tanah pada tempat terbuka. Media tanamnya berupa tanah atau humus. Anggrek tipe ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu terrestrik murni dan terrestrik berumbi semu.

Anggrek terrestrik murni kedudukan akar dan batangnya berada di dalam tanah. Tergolong anggrek terrestrik murni antara lain Cryptostylis dan Habenaria .

Anggrek terrestrik berumbi semu, kedudukan tanaman atau umbi semunya berada sebagian atau seluruh nya di atas tanah. Akar-akarnya berada dekat dibawah lapisan permukaan tanah. Termasuk dalam jenis anggrek terrestrik berumbi semu antara lain Cymbidiumdan Coelogyne.

5. Anggrek saprofit

Anggrek saprofit adalah anggrek yang dapat hidup dengan baik atau mampu menyesuaikan diri dari pada media organik seperti humus  atau bahan lain yang telah terurai seperti humus atau bahan lain yang telah terurai seperti kompos dan pupuk kandang yang sudah lama.

Termasuk dalam golongan anggrek saprofit antara lain Galeola dan Epipogium. Kedua anggrek tersebut tidak terdapat di Indonesia.

loading...
5 Jenis Spesies Bunga Anggrek | Penulis | 4.5