6 Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Hias Dan Buah

6 Jenis Hama Dan penyakit tanaman hias dan buah.Di negara tropis, pertumbuhan tanaman dapat berlangsung sepanjang tahun. Sayangnya, selama pertumbuhan itu hama dan penyakit turut berkembang biak. Agar tanaman tumbuh dan sehat, hama dan penyakit mutlak dikendalikan. Pengendalian akan lebih efektif biula jenis hama dan penyakitnya dikenali dengan baik.

Hama adalah hewan kecil yang merusak tanaman. Jenisnya antara lain serangga dan keong. Jenis serangga sendiri cukup banyak, di antaranya kutu, tungau, ulat, dan semut. Hama tersebut mengisap cairan tanaman atau memakan bagian tanaman sehingga mengganggu aktifitas tanaman. Berikut 6 jenis hama dan penyakit tanaman hias dan buah serta cara mengatasinya.6 Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Hias Dan Buah

1. Tungau

Baca Juga:

Tungau atau mites tergolong serangga yang berbahaya. Hama ini sering bersembunyi di balik permukaan daun. Selain menumpang hidup, tungau juga mengisap cairan dalam jaringan tanaman sehingga daun jadi keriput.

Gejala serangan tungau ditandai dengan warna daun berubah menjadi kuning keperakan. Hama ini dapat diberantas dengan insektisida dan akarsida seperti Diazion, Kelthane, dan Dimite. Dosisnya 0,1-0,2% atau sesuai anjuran di kemasan.

2. Trips

Artikel terkait

Pertumbuhan tanaman anggrek yang terserang trips akan terhambat. Daun berubah bentuk dan berwarna keperakan, serta kuntum bunga rontok. Tanaman anggrek yang terserang trips ditandai dengan bercak-bercak abu-abu kehitaman di daun. Hama ini juga sering menyerang di pembibitan. Trips dapat diberantas dengan insektisida seperti Malathion, Bayrusil, dan Kelthane dengan dosis 0,1-0,2% atau sesuai anjuran.

3. Kutu perisai 

Kutu perisai pada umumnya menempel di daun, batang, atau pseudobulb. Adanya kutu perisai di daun akan tampak seperti sisik berawan merah sampai cokelat. Kutu ini dapat diberantas dengan insektisida seperti Malathion, Diazinon Orthane, dan Hostathion dengan dosis 0,1-0,2% atau sesuai anjuran.

4. Kutu daun 

Kutu daun disebut juga kutu hijau karena pada waktu masih muda berwarna hijau. Namun, pada saat tua akan berwarna cokelat tua sampai hitam. Pemberantasannya dengan insektisida seperti Bayrusil, Orthane, Mlathion, dan Diazinon, dengan dosis 0,1-0,2% atau sesuai anjuran.

5. Kumbang gajah 

Kumbang ini memakan bagian epidermis tanaman. Bila serangannya sampai pada titik tumbuh (meristem), dapat terjadi kematian pucuk sehingga pertumbuhan tanaman terhenti. Kumbang ini juga menyerang bakal bungadan tunas muda lainnya.

Biasanya kumbang ini sering bersembunyi di antara helaian daun muda. Insektisida yang digunakan untuk membasmi kumbang gajah antara lain Demicron, Diazinon, Malathion, dan Tamaron. Dosis yang digunakan sesuai anjuran

6. Ulat 

Daun, kuncup bunga, bunga, atau tunas yang terserang ulat mudah dikenali karena tampak bekas gigitan di bagian tepinya. Ulat diberantas dengan insektisida seperti Hostathion, Tamaron, dan Kelthane. Dosis yang digunakan sesuai anjuran.

loading...
6 Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Hias Dan Buah | Penulis | 4.5