6 Jenis Tanaman Hias Kusus Untuk Tempat Tertutup

Memiliki tempat atau rungan kosong di rumah? lebih baik jika di letakan jenis tanaman hias.6 jenis tanaman hias kusus untuk tempat tertutup berikut semoga saja bisa untuk ,menjadi pertimbangan anda dalam meletakan tanaman hias dalam rungan rumah anda.berikan suasana yang asri serta seperti alam terbuka dalam rungan rumah.berikut ini jenis tanaman yang bisa menjadi pertimbangan anda.

Spatifilum (spathiphyllum sensation)

Tanaman ini  tampak kokoh dan anggun bila diletakkan di sudut ruangan. Daun-daunnya tebal dengan permukaan yang halus dan rata serta berwarna hijau tua. Panjang daun antara 40-50 cm, sedangkan lebarnya antara 15-25 cm.

Baca Juga:

Daun bertumpu pada tangkai yang panjangnya 15-20 cm dan dengan seludung agak lebar. Susunan daun tampak kompak dan kokoh. Tanaman hias ini mencapai tinggi antara 50-70 cm, bahkan dapat lebih.

Apabila diletakkan di dalam ruangan, spatifilum ini dapat tahan sampai 7 hari. Sebagai tanaman indoor peletakannya dapat disudut ruangan, lorong, lobi, atau tempat lain yang sesuai dengan ukuran tanaman.

Spathipyllum ‘Mauna Loa’

Spatifilu banyak digunakan sebagai tanaman indoor. Selain karena tahan di dalam ruangan, bentuk tanaman hias ini tampil indah dan kompak. Tanaman hias ini berukuran sedang karena tingginya antara 50-75 cm. Panjang daun berkisar antara 35-40 cm dan lebarnya kira-kira 20 cm. putih bersih dengan panang 20 cm dan lebar 14 cm.tanaman hias dalam ruangan

Spatifilum ini cocok diletakkan di sudut-sudut ruangan dengan atau tanpa penyangga meja kecil, di lorong-lorong, atau tempat lain yang sesuai. Jika di pajang di dalam ruangan, tanaman hias ini hanya dapat bertahan selama satu minggu.

Sugi india (Pleomele reflexa ‘Variegata’)

Tanaman berdaun indah yang dijuluki ”Song of India” ini sering salah kaprah disebut drasena. Asal tanaman hias ini dari India sehingga penggemar tanaman indoor di Indonesia menjulukinya sugi india. Tanaman ini ter-golong sulit diperbanyak dan lamban pertumbuhannya.

Daunnya berbentuk pita dengan ujung melengkung. Panjang daun 15-25 cm dan lebar 3-5 cm. Warna daun hijau dengan garis-garis tepi putih krem. Kedudukan daun tersebar mengelilingi batang yang berbentuk bulat kecil. Kumpulan daun membentuk tajuk seperti pita melengkung.

Artikel terkait

Jika digunakan sebagai sebagai tanaman indoor, sugi india membutuhkan media tanam yang keadaannya selalu lembab. Tanaman hias ini memberikan kesan segar, cantik, dan menarik. Daya tahannya di dalam ruangan hanya satu minggu.

Syngonium

Singonium merupakan tanaman hias introduksi dari Thailand. Tanaman hias ini bersosok mungil, tingginya kurang lebih 15 cm.  Daunnya tampak lembut dan berwarna hijau muda. Bentuk daun seperti jantung dengan panjang antara 5-10 cm dan lebar antara 3-7 cm.

Tanaman ini tampak cantik diletakkan di atas meja belajar, meja kerja, atau di atas bufet. Tanaman hias ini dapat bertahan sampai satu minggu jika di pajang di dalam ruangan.

Walisongo (Schefflera dianne)

Tanaman hias ini tergolong ekslusif sebagai tanaman indoor karena sangat istimewa penampilannya. Apabila dilihat dari bawah ke atas, tampak tangkai daunnya yang tinggi lurus menyangga kerimbunan daunnya. Daunnya berukuran besar-besar, berwarna hijau mulus, dan mengilap.

Daunnya berupa daun majemuk dan setiap daun terdiri dari 4-12 anak daun. Namun, rata-rata setiap daun terdiri dari 9 anak daun sehingga penggemar tanaman hias menjulukinya walisongo. Sebagian menyebutnya umbrella tree alias pohon payung. Susunan anak daun membentuk lingkaran dengan ujung tangkai  sebagai titik pusatnya.

Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari tidak langsung. Media tanam perlu dijaga kelembapannya. Penampilannya sebagai penghias ruangan berkesan artistik dan enak di pandang. Sebagai tanaman indoor, tanaman ini tahan di pajang di dalam ruangan selama satu minggu.

Zamia (Zamia pumila)

Tanaman yang unik sangat cantik jika ditanam dalam pot yang berukuran sedang sampai besar. Penampilannya mirip palem sehingga tanaman hias ini dijuluki jamaica palm. Daunnya yang berupa daun majemuk dapat mencapai panjang antar 50-100 cm.

Susunan daunnya berbentuk roset pada batang yang pendek. Daun majemuknya tampak melengkung indah dengan anak daun tersusun berhadap-hadapan. Anak daun tebal, berbentuk bulat lonjong dengan panjang 6-8 cm dan lebar 4-5 cm.

Tanaman ini tidak membutuhkan air dalam jumlah banyak. Sehingga penyiraman cukup dilakukan tiga hari sekali. Tanaman hias ini dapat ditempatkan di dalam ruangan ber-AC dan dapat tahan antara 2-4 minggu.

loading...
6 Jenis Tanaman Hias Kusus Untuk Tempat Tertutup | Penulis | 4.5