7 Jenis tanaman Hias sebagai Penghias Ruangan

Banyak jenis tanaman sebagai penghias ruangan rumah.berikut ini kami tuliskan 7 jenis tanaman hias sebagai penghias ruangan agar lebih cantik,menarik serta lebih indah jika di pandang mata.memang banyak jenis tanaman Hias sebagai penghias ruangan,namun tidak semu jenis tanaman hias mampu bertahan lama jika kurang terkena oleh sinar matahari.

Filo metalik

Filo jenis ini mempunyai daun berwarna hijau kelabu keperakan, permukaannya halus, dan mengilap. Bentuknya seperti jantung dengan ujung-ujung yang lancip dan ramping. Tangkai daun berwarna hijau kelabu dengan panjang antar 35-55 cm. Bila dibiarkan filo ini akan tumbuh merambat.

Baca Juga:

Sosok tanaman hias ini akan tampak semakin elok jika rajin dipangkas dan diberi penompang yang pas. Filo ini cukup tahan dipajang di dalam ruangan ber-AC sampai satu minggu.images (10)

Fio linette (Philodendron ‘Lynette’)

Filo ini tampak cantik diletakkan di sudut ruangan kerja di atas meja kecil. Selain itu, tanaman hias ini juga tampak serasi jika diletakkan di lorong-lorong atau di dekat pintu antar ruangan. Daunnya berukuran panjang-panjang dan berwarna hijau tua. Garis-garis tulang daun tampak jelas. Panjang daun antar 40-45 cm dan lebarnya antara 7-10 cm. Tangkai daunnya cukup panjang, yaitu antara 13-20 cm. Tangkai daun ini tersusun kompak pada batang yang pendek dengan posisi tegak atau setengah tegak. Filo ini tahan dalam ruangan antara 5-7 hari.

Filo peopigii (Philodendron peopigii)

Sosok filo ini bongsor dan kuat. Tinggi tanaman dapat mencapai 1,5 m atau lebih. Daunnya besar berbentuk jantung, panjang 50-70 cm, dan lebar 30-35 cm. Daun yang besar itu bertumpu pada tangkai yang panjangnya antara 45-55 cm dengan diameter 2-3 cm. Posisi tangkai daun hampir tegak sehingga tanaman ini tampak gagah, tetapi anggun. Filo ini sangat cocok diletakkan di lobi atau ruangan yang luas. Dalam ruangan filo ini dapat tahan sampai 7 hari.

Filo royal queen (Philodendron ‘Royal Queen’)

Artikel terkait

Filo ini tampak pas diletakkan di sudut-sudut ruangan bila dimasukkan dalam pot yang sesuai. Tanaman tumbuh merambat sehingga supaya bentuknya bagus, filo ini butuh penompang. Daunnya berukuran sedang, berbentuk jantung, dan berwarna hijau tua. Tangkau daun dan batangnya berwarna merah tua, demikian juga pucuk daunnya yang mua. Sebagai tanaman indoor, filo ini tahan dalam ruangan selama kurang lebih satu minggu.

Futoi

Tanaman ini tampak unik dan cocok sebagai tanaman indoor. Bentuk tanamannya panjang-panjang , lurus seperti sekelompok lidi, dan berwarna hijau. Permukaannya halus dan berujung lancip. Tinggi tanaman dapat mencapai 2 m atau lebih.

Dengan wadah pot antik, tanaman hias ini pas diletakkan di sudut-sudut ruangan atau lorong. Sebaiknya tanaman hias ini ditempatkan di ruangan yang tidak terlalu tertutup.

Hanjuang kecil (Dracaena sanderiana)

Tanaman hias ini sangat cantik sebagai tanaman indoor. Daunnya bergaris putih kerm di speanjang tepinya dan menjadi paduan yang manis dengan warna hijau di tengahnya. Tangkai daun dan seludang yang menutup batangnya juga berwarna putih krem. Beberapa batang hanjungan ini bisa tumbuh kompak dalam pot.

Jenis hanjuang ini tahan dalam ruangan ber-AC, yaitu antara 5-7 hari. Tanaman hias ini cocok diletakkan disudut-sudut ruangan , dekat meja, lorong, atau tempat lain tergantung dari ukuran tanaman.

Hanjuang merah (Cordyline terminalis var. bi color)

Hanjuang merupakan tanaman perdu yang berasal dari Afrika. Sepintas penampilannya mirip drasena sehingga tanaman ini sering dianggap sebagai drasena yang ”menyimpang”.

Batangnya tumbuh tegak, tetapi dapat dibentuk berkelok-kelok atau melingkar-lingkar. Daunnya panjang dan lebar serta berujung meruncing. Susunan daun berpasangan atau meroset. Daun yang berpasangan berukuran besar dengan panjang 30-40 cm dan lebar 5-7,5.

Warna daun merah tua, pink, hijau, kuning, dan variasi lainnya. Jenis yang ekslusif untuk tanaman indoor adalah kultivar berdaun merah dan berbatang putih hasil pemuliaan dari kultivar hawaii berdaun merah. Kultivar ini terkenal dengan sebutan hanjuang merah. Hanjuang cukup tahan dipajang  di dalam ruangan asalkan media tanamannya selalu terjaga kelembapannya. Daya tahan tanaman hias ini di dalam ruangan antara 1-2 minggu.

loading...
7 Jenis tanaman Hias sebagai Penghias Ruangan | Penulis | 4.5