8 Jenis Bunga Philodendron Unik

8 Jenis bunga philodendron unik-Sekilas sosoknya memang hampir sama dengan philo jari. Namun, jenis ini memiliki jari lebih sempit dan panjang-panjang. Daunnya berwarna hijau gelap. Jenis ini termasuk tipe merambat dengan pertumbuhan yang lambat.

Pada umumnya, philo ini ditanam sebagai elemen taman. Hal ini karena daya tahannya di alam terbuka. Meski begitu, penampilan lebih bagus bila tanaman ini diletakkan di tempat agak teduh, seperti di bawah pohon besar.

Philodendron jari ‘Goldn finger’

Baca Juga:

Jenis ini termasuk philodendron jari. Hal yang menjadi istimewa dari tanaman ini adalah daunnya yang berwarna kuning keemasan. Bahkan, tangkainya pun berwarna kuning keemasan.

Karena warnanya yang indah sangat cocok dipajang di pot indah dan diletakkan diteras atau tanaman. Kehadiran philo ini membuat taman menjadi tampil lebih memikat.

Philodendron pinnatifidum

Di pasaran disebut dengan philo gergaji karena bentuk daunnya bergerigi mirip gergaji. Daunnya tebal, lanset panjang, dan bercelah-celah dalam. Panjang daun kira-kira 30-40 cm dan lebar antara 8-12 cm. Tangkai daun sekitar 15-25 cm. Jenis ini cocok diletakkan di sudut ruangan, lorong, atau lobi gedung/ruang tamu. Di dalam ruangan juga dapat bertahan hingga seminggu, bahkan lebih.8 Jenis Bunga Philodendron Unik

Philodendron ‘Green Saw’

Sesuai namanya, Jenis ini adalah philodendron ‘Gergaji’. Hal itu karena penampilannya mirip gergaji. Daya tariknya pada daun yang berwarna kemerahan saat muda, lalu berubah hijau pupus, lalu hijau cerah pada saat tua.

Artikel terkait

Philodendron pinnatifidum ‘Variegata’

Ini jenis philo gergaji yang langka karena pola variegatanya yang unik. Kombinasi pola hijau dan putih sedang menjadi incaran kolektor. Semakin besar daun putih semakin lebar sehingga seimbang dengan yang hijau.

Philodendron martianum

Philodendron ini populer dengan sebutan philo eceng atau kaki kodok/katak. Hal itu karena sosoknya mirip eceng gondok dengan ciri-ciri tangkai daun menggembung dan daun lonjong meruncing. Di pasaran, umumnya dikenal 2 jenis philo eceng, yaitu berbatang pendek dan panjang.

Namun, ada pula yang membagi philo eceng berdasarkan kualitas, yaitu kualitas 1 (KW 1), kualitas 2 (KW 2), dan kualitas 3 (KW 3). Jenis yang mutasi dicari kolektor karena langka, seperti daun variegata atau batang melengkung.

Lantaran tangkai dan daun yang tebal, tanaman ini relatif tahan di ruangan dalam hingga 2 minggu. Philo eceng cocok ditempatkan di sudut ruangan atau dekat pintu antar ruangan.

Philodendron martianum ‘Daun lebar’

Daya tarik dari philo eceng ini pada daunnya yang lebar. Di tunjang dengan tangkai yang gemuk, penampilan philo eceng ini semakin menawan.

Philodendron martianum ‘Sprinkle’

Penampilan philo eceng ini menarik. Hal ini karena daunnya mengalami mutasi. Hal ini dapat dilihat dari permukaan daunnya bergelombang pada bagian pinggirnya.

Philodendron martianum ‘Mutasi’

Philo eceng ini mengalami mutasi, baik di tangkai atau daunnya. Coba lihat, bentuk daunnya seakan-akan melengkung dimana tangkai tidak tegak, sementara daunnya tegak. Dengan penampilan seperti ini, tampilannya semakin istimewa.

Philodendron martianum ‘Tangkai pendek’

Philo eceng ini memiliki sosok yang terlihat gemuk, padat, dan kekar. Hal itu karena tangkainya yang pendek dan besar sehingga tampak menggembung.

loading...
8 Jenis Bunga Philodendron Unik | Penulis | 4.5