Agar Bunga Anggrek Tumbuh Dengan Sehat

Agar bunga anggrek tumbuh dengan sehat.Sebagai tanaman yang berkembangnya sangat tergantung pada kondisi dan situasi lingkungan, anggrek mutlak membutuhkan perlindungan dari gangguan hama maupun serangan penyakit. Jika tindakan itu dikerjakan dengan baik, dampaknya pasti sangat positif terutama pada pertumbuhan, kesehatan dan produktifitas tanaman anggrek dan menghasilkan bunga.

Hama dan Penyakit

Selama proses pemeliharaan, anngrek membutuhkan perawatan dan perlindungan dari hama dan penyakit. Tujuannya agar anggrek tumbuh sehat dan produktif. Tindakan yang diperlukan antara lain adalah tetap menjaga kebersihan lingkungan, serta melakukan perawatan kesehatan dan perlindungan tanaman

Baca Juga:

kebersihan lingkungan

Dalam menjaga kebersihan lingkungan, pertama-tama yang harus diperhatikan adalah kebersihan pot dan media tanam dan sarana pelengkap lainnya berupa rak, balai, atau bak.

Agar tidak terlalu lembap atau berlumut dan tidak mengundang datangnya hama dan penyakit, dinding pot harus tetap bersih. Akar, daun, dan tangkai bunga yang sudah kering karena mati sebaiknya segera dipotong dan dibuang agar tidak mengotori pot. Begitu pula media tanam seperti arang, sebaiknya tidak disusun terlalu rapat agar sirkulasi udara tetap lancar.

Tanaman anggrek pun selalu bersih. Daun yang rapat sering digunakan laba-laba kecil untuk berlindung dan membuat sarang. Semut sangat gemar membangun koloni di tempat terlindung seperti itu. Pada mulanya, hewan tersebut tidak menunjukkan gejala kerugian. Namun, jika dibiarkan, dapat mengundang spora cendawan dan serangga lain yang membahayakan tanaman.agar bunga anggrek tumbuh dengan sehat

Lingkungan kebun pun harus diperhatikan agar tetap bersih. Percuma, tanaman dan pot selalu bersih jika lingkungan kebun kotor dan selalu ditumbuhi semak liar. Hama serangga biasanya berlindung dibalik kerimbunan semak yang tidak terawat sebelum menyerbu tanaman anggrek.

Perawatan kesehatan

Artikel terkait

Perawatan kesehatan diperlukan agar anggrek tetap terjaga kesegaran dan kesehatannya. Perawatan antara lain meliputi penyiraman secara teratur dan tepat, penyusunan media tanam, dan penghilangan bagian tanaman yang sakit.

Penyiraman 

Selain anggrek tanah, sebagian besar anggrek yang dipelihara tidak membutuhkan banyak air siraman. Pada umumnya anggrek   hidup secara epifit di lingkungan yang sekadar lembap saja dan tidak sampai basah. Air siraman yang berlebihan justru akan membuat daun dan akarnya menjadi busuk. Derajat keasaman (pH) air siraman juga harus diperhatikan, yaitu berkisar 5,0-6,0.

Frekuensi penyiraman tergantung situasi dan kondisi. Pada musim hujan anggrek tidak perlu disiram. Sebaliknya, pada musim panas penyiraman bisa berlangsung berkali-kali, tetapi jangan sampai berlebihan. Sebaliknya penyiraman dilakukan setelah media pot kering.

Gejala kelebihan air pada anggrek sama dengan gejala tanaman kekurangan air, yaitu daunnya layu menguning. Pencinta anggrek yang masih awam, tentu segera menambah porsi air siraman jika melihat gejala seperti itu. Akibatnya bisa fatal, karena anggrek justru lebih cepat mati. Padahal jika diperhatikan dengan seksama, daun dan akar yang layu itu justru keadaannya membusuk. Ketika dipencet akan mengeluarkan air.

media tanam

Agar tumbuh sehat, anggrek membutuhkan media tanam yang cukup longgar. Media tanam yang sudah terlalu lama digunakan biasanya akan menjadi padat dan ditumbuhi lumut. Media tanam yang sudah terlalu lama sebaiknya diganti dengan yang baru. Media tanam disusun cukup longgar. Aliran udara tetap lancar sehingga akar anggrek tetap mudah bernapas.

Tanaman yang sakit

Perhatian terhadap tanaman, walaupun hanya sesaat, sebaiknya dilakukan setiap hari. Jika ada bagian tanaman seperti akar daun, atau bunga anggrek menunjukkan gejala sakit seperti layu, bercorak cokelat atau hitam, dan daun berubah  warna sebaiknya waspada. Jangan sampai hal itu menjadi gejala tanaman mulai tertular penyakit.

Jika menemukan kondisi seperti itu, segera pangkas bagian tanaman yang sakit. Potongannya dibuang atau dibakar agar lebih aman. Pisau atau gunting yang digunakan untuk memotong harus tajam, bersih, dan steril.

Cara mensterilkannya dengan mensterilkannya dengan mencelupkan alat potong tersebut ke dalam alkohol 95%, kemudian dibakar. Setelah digunakan untuk memotong, pisau atau gunting tersebut juga harus dibakar agar bebas kuman.

loading...
Agar Bunga Anggrek Tumbuh Dengan Sehat | Penulis | 4.5