Agar Philodendron Tampil Prima Dan Segar

Agar philodendron tampil Prima Dan segar-Philodendron butuh perawatan yang baik supaya tumbuh prima. Perawatan rutin meliputi penyiraman, pemupukan, penyegaran, dan pemberantasan hama penyakit. Namun, perawatan tidak mesti dilakukan setiap hari. Ada kalanya seminggu, 2 minggu sekali, atau sebulan sekali.

Kegiatan yang mutlak dilakukan setiap hari adalah penyiraman. Pasalnya, air merupakan unsur penting untuk proses metabolisme tanaman. Kekurangan atau kelebihan air tidak baik untuk philo. Jadikan air dalam jumlah yang tepat.

Philo termasuk tanaman anti genangan. Penting pula untuk memberikan nutrisi/unsur hara dalam jumlah memadai. Kondisi lingkungan juga mempengaruhi pertumbuhannya. Makanya, letakkan tanaman ini di tempat yang sesuai dengannya (cahaya, suhu, dan kelembapan). Munculnya hama atau penyakit kadang disebabkan ketelodoran dalam perawatan.

Baca Juga:

Agar tetap sehat

Philo yang tumbuh prima tampilannya semakin menarik. Selain sehat dan tumbuh subur, daunnya segar, mulus, dan mengilap. Namun, kadang tanaman menunjukkan gejala fisiologis yamh disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan unsur tertentu yang di butuhkannya.Agar Philodendron Tampil Prima Dan Segar

Contohnya, kekurangan cahaya matahari dapat menyebabkan tanaman terkulai lemas. Untuk itu, perlu menjaga tanaman agar tetap sehat, seperti memastikan jumlah air untuk penyiraman, pemberian pupuk dalam jumlah memadai, perletakan yang tepat dan penyiangan gulma.

Penyiraman

Air merupakan unsur penting yang sangat membutuhkan tanaman. Pemberiannya harus tepat, tidak kelebihan atau kekurangan. Bila kekurangan dapat menyebabkan tanaman tidak segar, tumbuh merunduk, dan daun menjadi keriting atau kering. Sebaliknya, kelebihan air menyebabkan media lembap sehingga memicu munculnya penyakit.

Artikel terkait

Idealnya, penyiraman sehari sekali dalam jumlah memadai. Pastikan air tidak berlebihan yang dapat menyebabkan becek. Gunakan alat penyiraman air berujung sempit sehingga jumlah air dapat dikontrol dengan baik. Usahakan air langsung membasahi media, jangan terlalu sedikit atau menggenang di pot.

Lokasi

Cahaya juga faktor penting untuk pertumbuhan tanaman. Philo yang berada di dalam ruangan ruangan akan menderita kekurangan cahaya menyebabkan daun pucat dan kurus. Warna hijaunya tidak merata sehingga tampak belang-belang.

Kelebihan cahaya pun dapat mengakibatkan daun terkulai layu dan hangus. Oleh karena itu, tempatkan tanaman di lokasi yang tepat. Daun yang hangus atau sudah tua/layu sebaiknya di potong dengan pisau atau gunting yang tajam agar penampilannya tetap bagus.

Udara

Sirkulasi udara di dalam ruangan ikut menentukan pertumbuhan tanaman. Ventilasi udara yang buruk dapat menyebabkan pucuk daun cokelat dan mengering. Tanaman yang terlalu lama di pajang di ruangan ber-AC juga menunjukkan gejala sama. Untuk mengatasinya dengan mengeluarkan tanaman di luar ruangan untuk penyegaran.

Media yang sudah terlalu padat (sudah lama) juga mengganggu sirkulasi akar sehingga tanaman tidak tampil prima . Tulang daun pucat dan daun menguning. Tanaman sebaiknya dibongkar dan diganti medianya dengan yang baru (repotting). Idealnya, media dapat diganti setelah 1-2 tahun untuk tanaman besar. Repotting juga dilakukan bila ukuran tanaman sudah tidak seimbang dengan potnya.

Kebutuhan hara

Philo tumbuh optimal bila mendapat nutrisi dalam jumlah cukup dan seimbang. Kelebihan atau kekurangan justru menyebabkan gejala fisiologis yang menurunkan kualitasnya. Kekurangan unsur nitrogen (N) biasanya di tandai daun tidak tumbuh sempurna atau kerdil.

Warna daun pucat. Baang juga terlihat lemas. Keadaan ini dapat di perbaiki dengan memberikan pupuk dengan unsur N tinggi. Bebebrapa merek pupuk untuk tanaman dijual dipasaran, seperti Hyponex, Vitablom, atau Gandasil.

Gunakan pupuk sesuai dengan dosis yang ditentukan. Kalau tanaman tumbuh lambat, kerdil, dan lemah kemungkinan kekurangan untuk phospor (P). Daun kuning merupakan tanda-tanda kekurangan unsur kalium (K).

loading...
Agar Philodendron Tampil Prima Dan Segar | Penulis | 4.5