Agar Tanaman Kaktus Berumur Panjang

Agar tanaman kaktus berumur panjang.Semua tanaman membutuhkan perawatan agar tetap tumbuh, tampil prima, dan berumur panjang. Kunci utamanya adalah memberikan semua persyaratan tumbuh tanaman sesuai dengan habitat aslinya. Persyaratan tumbuh itu berkaitan dengan suhu, kelembapan udara, intensitas cahaya, curah hujan, dan media tanah.

Faktor-faktor itu mempengaruhi pertumbuhan tanaman sehingga bila salah satu tidak terpenuhi maka pertumbuhan terganggu. Oleh karena itu, persyaratan tumbuh kaktus menjadi dasar pokok merawat kaktus.

Agar tumbuh baik, kaktus harus mendapatkan perawatan yang benar. Bagaimana pun menariknya kaktus, jika tidak dirawat dengan baik maka daya tariknya akan pudar, bahkan bisa mati. Hal yang mesti diperhatikan adalah dengan mengelola air yang tepat dengan mengatur penyiraman, pemupukan, pencahayaan, dan penyemprotan pestisida. Tidak sedikit pemilik kurang mengetahui kebutuhan kaktus sehingga tidak memperoleh tanaman yang baik.

Baca Juga:

Tidak semua perawatan diberikan setiap hari, melainkan ada yang dilakukan seminggu atau beberapa minggu sekali, beberapa bulan sekali, dan kandang insidental yang mesti dilaksanakan pada saat tertentu dan sifatnya tidak rutin.

Merawat Secara Rutin

Perawatan kaktus termasuk mudah karena perawatannya tidak mutlak dilakukan setiap hari. Penyiraman cukup diberikan seminggu sekali. Meski demikian, kondisinya harus rajin dikontrol. Apabila media telah benar-benar kering, penyiraman dapat dilaksanakan. Usahakan tidak menunda waktu penyiraman karena kaktus juga membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kadang-kadang cara penyiraman yang tidak sesuai aturan dapat menimbulkan penyakit. Misalnya penyakit busuk batang. Penyakit ini terjadi akibat kurang terkontrolnya kelembapan lingkungan. Oleh karena itu, gunakan sprayer dengan percikan kecil dan semprotan air hanya di medianya.

Kaktus yang ditanam di dalam ruangan sekali harus dikeluarkan agar tampak segar. Hal itu dimaksudkan untuk mendapatkan sinar matahari dan udara segar. Perlakuan ini bisa dilakukan satu atau dua minggu sekali, tergantung jenis dan kebutuhan tanaman.agar tanaman kaktus berumur panjang

Ada beberapa jenis kaktus yang relatif tahan diruangan dalam sehingga cukup seminggu sekali dikeluarkan dari ruangan. Agar tidak repot, kaktus dapat ditempatkan di dekat jendela. Dengan cara begitu, tanaman masih mendapat pasokan sinar matahari dalam jumlah cukup.

Perawatan lain yang bisa dilakukan adalah membersihkan duri atau batang dengan menggunakan kuas kecil. Tujuannya agar batang tetap sehat dan mengilap. Selain itu, batang atau cabang yang kering segera dipotong dengan gunting. Pemindahan tanaman diperlukan jika pot tidak mampu menampung ukuran tanaman yang terlalu besar.

Pemindahan (repotting) tanaman dilakukan juga untuk mengurangi kelembapan media tanam. Repotting dilakukan hati-hati agar kondisi kaktus tidak rusak. Media yang tampak padat segera diganti dengan yang baru agar tidak lembap. Apabila lingkungan lembap akan menyebabkan busuk batang.

Artikel terkait

Berikut ini berbagai macam cara merawat kaktus agar sehat dan tumbuh dengan optimal.

1. kebutuhan sinar matahari

Kaktus adalah tanaman yang berasal dari daerah yang panas di mana intensitas sinar matahari sebesar 70% selama 6-8 jam/hari. Walaupun demikian ternyata kaktus menyukai lokasi teduh. Artinya, kebutuhan sinar matahari tidak harus sepanjang hari.

Saat ini, kebanyakan kaktus dipelihara kaktus dipelihara di rumah kaca atau di halaman rumah yang terdapat atap. Selain berfungsi menahan intensitas sinar matahari, rumah kaca juga menahan laju air hujan sehingga mencegah melimpahnya air dipot.

2. Pilih media tanam

Kaktus menyukai media kering dan tidak mengikat air terlalu lama (porous). Apabila drainase buruk, tanaman akan terserang penyakit busuk akar. Cara pencegahannya adalah mensterilkan media yang akan digunakan. Gunakan pot berlubang agar air meresap dengan baik sehingga media becek. Terakhir, media yang sudah padat (tidak porous) segera diganti dengan media baru.

3. Dosis pupukĀ 

Seperti pada tanaman lainnya, kaktus juga membutuhkan unsur hara untuk tumbuh. Oleh karena itu, perlu ditambahkan pupuk secara rutin. Pastikan pemberian pupuk sesuai dosis yang sudah ditentukan. Pemupukan yang terlalu banyak dapat menyebabkan pertumbuhan terganggu; tetapi jika terlalu sedikit, kondisi tanaman menjadi kurang baik.

4. jadwal menyiram

Meski kaktus tidka suka basah, bukan berarti tidak membutuhkan air. Penyiraman harus disesuaikan dengan sifat dari tanaman kaktus. Penyiraman yang terlalu berlebihan dapat tanaman kaktus. Penyiraman yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan busuk pada akar ; tetapi kurang penyiraman tanaman akan mengalami dehidrasi yang ditandai batang mengerut dan kerdil.

Jika hal itu dibiarkan, lambat laun tanaman merana, lalu mati. Oleh karena itu, penyiraman harus teratur sesuai kebutuhan, misal seminggu sekali. Penyiraman dianggap cukup, jika air harus keluar dari lubang bawah pot.

5. lingkungan tetap bersih

Kebersihan disekitar pertanaman harus terus terjaga untuk mengantisipasi munculnya serangan hama dan penyakit. Contohnya, mencabut rumput di pot. Jika tidak dibersihkan gulma akan tumbuh subur dan akan menjadi pesaing kaktus dalam memperoleh nutrisi. Selain itu, gulma juga juga dapat berpotensi menjadi vektor penyakit.

6. penyemprotan insektisida secara rutin

Kehadiran hama dan penyakit dapat dicegah dengan penyemprotan pestisida secara berkala. Beragam macam pestisida dijual di toko pertania. Sebelum digunakan, perhatikan dosis penggunaan pestisida yang tertera pada label kemasan.

Apabila ditemukan gejala adanya serangan hama dan penyakit maka interval penyemprotan insektisida di perpendek. Lakukan penyemprotan pada pagi atau sore hari agar obat terserap sempurna.

Agar tanaman tidak tumbuh stagnan, ganti media lama dengan media yang baru. Akan lebih baik lagi sebelum tanaman ditanam kembali, akar dibersihkan dan semprot dengan fungisida.

loading...
Agar Tanaman Kaktus Berumur Panjang | Penulis | 4.5