Akibat Tanaman Melon Kekurangan kalium

Akibat Tanaman melon kekurangan kalium mengalami perubahan pada tepi daunnya dari warna hijau menjadi kuning muda. Tanaman melon kekurangan kalium Semakin lama, warna kuning berubah menjadi kecokelatan dan salah satu sisinya robek, seolah-olah membentuk gerigi pada tepi daun tersebut. Tanaman yang kekurangan kalium mempunyai daya tahan yang rendah terhadap serangan hama dan penyakit. Selain itu, rasa buah menjadi kurang manis dan biasanya tanaman tidak tahan kekeringan.

Upaya yang bisa dilakukan untuk menanggulangi kekurangan kalium sebagai berikut.

  1. Komposisi pemupukan unsur hara makro NPK harus tepat dan seimbang.
  2. Penambahan pupuk susulan berupa KNO3 dosis 5 g/l.
  3. Penyemprotan pupuk daun yang mengandung unsur kalium tinggi, seperti Complesal merah (K20 15%) dosis 2 g/l.akibat buah melon kekurangan kalium

Kekurangan magnesium

Baca Juga:

Kekurangan magnesium umumnya terlihat pada daun tua. Diantara tulang duan, terlihat klorosis , warna daun menguning, dan terdapat bercak-bercak merah kecokelatan; sedangkan tulan daun tetap berwarna hijau.

Artikel terkait

Upaya penanggulangan kekurangan megnesium dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Pengapuran dengan dolomit (CaCO3 MGCO3) dosis 1,5-2 ton/ha.
  2. Penyemprotan pupuk daun yang mengandung unsur magnesium, seperti Multimicro (Mg 3,4%) dosis 2 ml/l atau Complesal merah (MgO 1,4%) dosis 2 g/l.

Kelainan lainnya

Selain serangan hama, penyakit, dan kekurangan unsur hara, ada juga kelainan lain yang sering melanda tanaman melon, di antaranya sebagai berikut.

Jarak tanam yang terlalu rapat. Kondisi ini akan menyebabkan pertumbuhan vegetatif yang berlebihan. Cara penanggulangannya adalah dengan memperlebar jarak tanam.

Kurangnya penyerbukan karena kurangnya kumbang penyerbuk. Kondisi ini menyebabkan pembentukan buah sangat kurang. Untuk mengatasi nya bisa dilakukan dengan cara melakukan penyerbukan dengan tangan menggunakan kuas kecil jika jumlah lebah sedikit. Aktivitas kumbang dapat berkurang karena cuaca dingin atau penggunaann insektisida.

Kurangnya penyerbukan, tanah kering, atau temperatur terlalu tinggi. Kondisi ini menyebabkan bentuk buah aneh atau rasanya pahit. Cara mengatasinya sebagai berikut.

  • Lakukan penyerbukan dengan tangan menggunakan kuas kecil jika jumlah lebah sedikit.
  • Tambahkan air.
  • Uji kandungan hara tanah dan tambahkan unsur hara yang kurang.
loading...
Akibat Tanaman Melon Kekurangan kalium | Penulis | 4.5