Akibat Tanaman Umbi Busuk

Akibat Tanaman Umbi Busuk.Teknik ini dilakukan pada tanaman yang membentuk umbi, seperti Caladium sp. Umbi merupakan bentuk modifikasi batang yang berfungsi sebagai penyimpan makanan. Umbi memiliki banyak mata tuna.

Setelah diambil dan dicuci, umbi dicacah dengan masing-masing ukuran cahaya sekitar 0,5 cm. Setelah itu, umbi dicelupkan kedalam larutan fungisida berkonsentrasi rendah langsung di tanam.

Jika ingin cepat, cacahan umbi bisa langsung di tanam. Sebelum ditanam, umbi tersebut perlu dicelupkan kedalam larutan fungisida dan berkonsentrasi rendah. Untuk tujuan ini, umbi yang digunakan harus berdiameter minimal 3 cm. Apabila umbi terlalu kecil, tingkat keberhasilan menjadi sangat rendah.

Baca Juga:

Umbi busuk dan tidak tumbuh

Penyebab

  • Serangan bakteri (umbi busuk)..
  • Potongan umbi tidak terdapat mata tunas (umbi tidak tumbuh).

Solusi

  • Hindari penyiraman berlebihan, gunakan media tanam yang berdrainase baik, dan jangan berikan fungisida pada potongan umbi sebelum penanaman.

Kultur jaringan

Kultur jaringan adalah teknik perbanyakan dengan menggunakan berbagai bagian tanaman untuk dapat membentuk suatu tanaman utuh. Dengan menggunakan teknik ini, tanaman dapat dihasilkan dalam jumlah yang sangat besar dan dalam waktu yang singkat. Semua jenis tanaman dapat diperbanyak dengan kultur jaringan dan semua bagian tanaman dapat digunakan sebagai sumber perbanyakan (eksplan).akibat tanaman umbi busuk

Proses perbanyakan secara kultur jaringan terdiri dari sterilisasi alat-alat, persiapan media, isolasi bahan tanaman (eksplan), sterilisasi eksplan, inokulasi eksplan, mengkulturkan, aklimatisasi, dan pemindahan tanaman hasil kultur jaringan ke lapangan.

Artikel terkait

Sterilisasi alat

Walaupun terdapat standar dalam pelaksanaan perbanyakan dengan kultur jaringan, biasanya setiap tanman memiliki spesifikasi tersendiri dalam cara sterilisasi dan jenis tanaman yang digunakan (konsentrasi masing-masing bahan). Cara sterilisasi dan jenis media tanam yang tepat biasanya di dapat dari hasil percobaan. Alat, media, dan aquades disterilkan dalam autoklaf. Suhu yang digunakan untuk sterilisasi adalah 121 derjat celcius pada tekanan 17,5 psi selama 1 jam.

Pembuatan media kultur jaringan

Media kultur jaringan biasanya berupa komposisi dari berbagai macam unsur makro, mikro, karbohidrat (gula), vitamin, asam amino, zat pengatur tumbuh, arang aktif, dan agar (bahan pemadat media).

Media Murashige and Skoog atau yang lebih dikenal dengan nama media MS0 merupakan salah satu komposisi media yang banyak digunakan untuk teknik kultur jaringan. Media MS0 dapat diracik sendiri atau membeli media MS0 yang sudah jadi di toko-toko kimia.

Langkah pertama dalam membuat media adalah membuat stok. Setiap larutan stok dapat dipergunakan untuk kira-kira 50 l media, bahkan larutan stok mikro dapat dipergunakan sampai 200 l media. Larutan stok sebaiknya disimpan ditempat bersuhu rendah dan gelap.

Larutan stok vitamin tidak bisa disimpan terlalu lama, biasanya dibuat untuk digunakan dalam 1-2 minggu. Stok hormon dapat disimpan antara 2-4 minggu, sedangkan stok hara dapat disimpan 3-4 minggu.

Eksplan dan tanaman tidak tumbuh

Penyebab

  • Media tanam dan atau eksplan terkontaminasi karena proses sterilisasi media tidak benar.
  • Metode sterilisasi bahan tanam yang tidak cocok.
  • Media tanam yang digunakan tidak mendukung pertumbuhan eksplan dengan baik.

Solusi

  • Lakukan trial and error secara terus-menerus untuk menemukan komposisi sterilisasi dan media tanam yang tepat.

 

loading...
Akibat Tanaman Umbi Busuk | Penulis | 4.5