Alternatif Pot yang Sangat baik Untuk Tanaman Buah

  • Pot Semen

Pot semen terbuat dari semen. Pot ini memiliki banyak model dan bentuk yang menarik. Oleh karena itu, pot ini juga bernilai artistik. Selain itu, pot ini juga tersedia dengan harga yang terjangkau karena murah. Pot semen baik untuk tabulampot karena pot ini memiliki pori-pori sehingga bisa menjaga kondisi lingkungan media. Pot ini mempunyai struktur yang kuat sehingga tidak mudah pecah. Akan tetapi pot ini memiliki bobot yang berat sehingga sulit dipindah tempatkan.

  • Pot Porselenunduhan (1)

Pot porselen kurang cocok digunakan sebagai wadah tanaman buah yang berukuran besar seperti mangga dan jambu air. Pot porselen ini lebih cocok untuk menambah nilai artistik tabulampot yang berukuran kecil. Contoh jeruk peras dan jeruk limau. Pot porselen tidak memiliki pori-pori sehingga sirkulasi udara dalam pot kurang terjamin. Akibatnya akar tanaman mudah busuk. Selain itu, pot ini mudah pecah sehingga cukup berisiko jika dipindahtempatkan. Kelemahan lainnya yaitu harga pot relatif cukup mahal dari jenis pot yang lain.

Artikel terkait
  • Pot Drum

Pot drum terbuat dari drum bekas oli, aspal, atau bahan kimia. Drum tersebut kemudian dipotong menjadi dua bagian. Pot ini cocok untuk tabulampot yang mempunyai ukuran besar seperti tabulampot yang telah berusia tiga tahun. Akar tanaman buah tersebut akan tumbuh dan berkembang di dalam pot. Kelebihan dari pot ini yaitu berharga murah, mudah diperoleh, dan tidak mudah pecah. Akan tetapi, pot ini tidak memiliki lubang-lubang drainase dibagian dasarnya. Selain itu, pot drum juga tidak memiliki pori-pori sehingga air tidak mudah meresap. Akibatnya media tanaman mudah becek dan tergenang air siraman.

Baca Juga:
  • Pot Plastik

Pot plastik terbuat dari plastik. Pot ini memiliki sifat ringan sehingga mudah dipindahtempatkan. Akan tetapi pot ini tidak memiliki pori-pori sehingga air tidak mudah meresap.

  • Pot Kayu

Pot kayu sangat cocok untuk tanaman buah yang berukuran besar atau tanaman yang berumur 3 tahun. Pot ini berbobot ringan sehingga mudah dipidahtempatkan. Kelebihan lain dari pot ini yaitu mempunyai pori-pori sehingga air bisa meresap sehingga mampu menciptakan sirkulasi udara yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan akar. Pot ini tidak mudah pecah dan retak apabila terkena benturan. Namun, pot ini mempunyai kelemahan yaitu mudah lapuk jika terkena air dan tanah. Dan apabila kualitas kayunya kurang baik, maka pot kayu tersebut dapat digunakan sebagai sarang rayap.

Untuk penggunaan pot, Pilih lah pot sesuai kondisi tanaman. Jika tanamannya masih kecil, gunakan pot diameter sekitar 20-40 sentimeter. Bagian dasar pot harus berlubang untuk membuang kelebihan air. Akan lebih baik lagi, jika potnya memiliki kaki agar tampak bersih dan untuk memperlancar proses drainase.

loading...
Alternatif Pot yang Sangat baik Untuk Tanaman Buah | Penulis | 4.5