Asal-Usul Bunga Euphorbia di Indonesia

Sebenarnya euphobia bukan pendatang baru dalam dunia tanaman hias di tanah air. Tanaman ini sudah lama dikenal .Warna bunganya lebih beragam dan bentuknya bervariasi. Wajar, bila si ratu berduri ini menjadi primadona. Bahkan, ketenarannya setara dengan adenium dan mawar. Apalagi, tanaman ini cocok ditanam di pot atau dijadikan elemen taman.

Bentuk batang euphorbia bulat dan persegi yang tumbuh tegak menjulang ke atas dan ada pula yang melengkung. Bila diraba, batang terasa lunak, berduri, dan tidak berkayu. Duri muncul teratur mengelilingi batang, mulai dari pangkal hingga ujungnya. Bentuk daun dan bunga pun beraneka ragam.images (12)

Munculnya kelompok bunga yang menyelimuti batang terkesan menutupi duri dan bunga. Jumlah bunga yang terdapat dalam setiap dompolan mencapai 8-64 kuntum.

Asal Euphorbia

Artikel terkait

Euphorbia berasal dari Pulau Madagaskar. Nama euphorbia diberikan untuk menghargai jasa Euphorbus, seorang dokter Raja Juba dari kerajaan Mauritania, Afrika Utara. Euphorbus yang membawa euphorbia bersosok unik dan berbunga cantik itu menyebar ke Cina dan Thailand. Penyebaran tanaman ini tidak lepas dari jasa pedagang pada zaman kerajaan Sukhothai.

Etnis Cina di Thailand meletakkan euphorbia di depan rumah untuk menghalau roh jahat. Mereka menancapkan dupa serta mengikat tali merah di bagian pot.

Tanaman tersebut dipercaya membawa keberuntungan, kesuksesan, dan kemakmuran. Semakin besar dan banyak bunga, semakin beruntung dan sukses pula pemiliknya.

Masyarakat Cina menyebut euphorbia sebagai pha sien hwa atau bunga delapan dewa. Menurut cerita, satu di antara delapan dewa berada dalam kehidupan yang menyedihkan. Dewa tersebut lalu berubah wujud menjadi euphorbia. Oleh karena kesedihan itulah maka ia menjelma menjadi duri. Setelah seminggu, euphorbia tersebut diambil dan ditanam di rumah. Mereka berdoa agar diberkati serta diberi keberuntungan dan keselamatan.

Setali tiga uang dengan mitos masyarakat Thailand, warga Taiwan juga percaya bahwa cown of thorn dapat dijadikan penolak bala dan pembawa keberuntungan.Itulah yang menyebabkan di depan pintu rumah atau pertokoan selalu terpajang euphorbia.

loading...
Asal-Usul Bunga Euphorbia di Indonesia | Penulis | 4.5