Bentuk Bunga Anggrek Cattleya

Bentuk Bunga anggrek Cattleya.Bunga Cattleya memiliki bentuk yang tidak beraturan sehingga hanya dapat dibagi dalam satu simetri atau disebut bunga zigomorfik. Bunga tersebut berukuran relatif besar sehingga mudah diamati bagian-bagiannya dan dianggap dapat mewakili bentuk dasar bunga anggrek.

Bunga anggrek memilliki lima bagian utama, yaitu sepal (daun kelopak), petal (daun mahkota), stamen (benang sari), pistil (putik), dan ovari (bakal buah).

Perhiasan bunga terdiri dari 3 sepal pada lingkaran luar dan 3 petal pada lingkaran dalam. Satu dari 3 petal mengalami modifikasi menjadi labelum atau bibir. Sepal berbentuk lanset, tepinya agak bergelombang.

Baca Juga:

Lebar petal dua kali lebih besar dari sepal dengan tepi bergelombang sampai agak keriting. Labelum berlekuk tiga: dua lekukan dibagian lateral dan lekukan ketiga dibagian apeks (ujung). Ujung labelum biasanya melebar dengan tepi yang sangat keriting . Labelum merupakan bagian yang terluas dari seluruh segmen bunga.bentuk bunga anggrek cattleya

Artikel terkait

Umumnya labelium berwarna lebih mencolok dari warna petal dan sepal. Pada labelum terdapat gumpalan-gumpalan seperti massa sel (callus) yang mengandung protein, minyak, dan zat pewangi sehingga menarik serangga penyerbuk untuk hinggap dan mengadakan penyerbukan.

Tangkai bunga keluar dari ujung psedobulb, berukuran pendek, dan dilindungi oleh daun pelindung. Jumlah kuntum bunga setiap psedobulb sangat bervariasi antara 1 sampai lebih dari 8 kuntum dan berukuran relatif besar, yaitu antara 3-23 cm.

Gynandrium (tugu benang sari) pada umumnya memiliki memiliki 4 pasang pollinia yang terdiri dari 2 pasang pollinia normal dan 2 pasang pollinia lainnya rudimenter atau tidak sempurna.

loading...
Bentuk Bunga Anggrek Cattleya | Penulis | 4.5