Bentuk Dan Jenis bunga Anggrek Warna Putih Dan Hijau

Bentuk Dan jenis bunga Anggrek warna putih dan hijau adalah Phalaenopsis corningiana termasuk tipe bintang dengan kelopak bunga dan mahkota bunga berwarna putih atau krem pucat sampai hijau pucat dengan variasi garis vertikal atau horizontal berwarna cokelat sampai merah keunguan. Kelopak bunga bagian atas berbentuk oval panjang dengan panjang 30-40 mm dan lebar 10-30 mm. Sementara kelopak samping berbentuk bulat panjang sampai bulat elips dengan panjang 25-35 mm dan lebar 8-12 mm.

Setiap tangkai bunga terdapat 5-7 kuntum. Namun, bila sudah dewasa, jumlah kuntum bunga dapat mencapai 15 kuntum per tangkai dengan aroma tajam. Daun tumbuh selang-seling agak tipis, panjang 15-25 cm, lebar 5-7 cm, berbentuk lonjong, dan berujung lancip.images (18)

Phalaenopsis fimbriata

Baca Juga:

Anggrek Phalaenopsis fimbriata berasal dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Selain itu, spesies ini pun terdapat di Thailand dan Malaysia. Pertama kali anggrek ini ditemukan di Blitar (Jawa Timur) pada tahun 1921, kemudian diberi nama Phalaenopsis fimbriata. Pemberian nama tersebut disesuaikan dengan bunga yang memiliki gradai warna putih dan pink sampai bibir bunga bagian tengah. Phalaenopsis fimbriata varietas sumatrana merupakan spesies yang banyak dikenal masyarakat.

Phalaenopsis fimbriata termasuk tanaman epifit berbatang pendek. Batang tersebut tertutup oleh pelepah daun. Daunnya agak tegak, berwarna hijau, dan berbentuk bulat lonjong atau bulat memanjang. Bagian ujung daun berbentuk runcing atau tumpul. Panjang daun mencapai 14-23 cm an lebar 3-7 cm.

Bunga Phalaenopsis fimbriata umumnya dapat mekar serentak dalam satu tangkai bunga yang berjumlah 7-10 kuntum per tangkai. Bunga spesies ini berdaging. Kelopak bunga dan mahkota bunga berbentuk bulat lonjong atau lonjong memanjang dengan warna putih, krem, atau putih kehijauan.

Pada bagian samping kelopak bunga terdapat variasi garis ungu magenta. Lidah bunga berwarna putih pada bagian ujung, keunguan atau lembayung pada bagian pangkal, serta merah keunguan atau lembayung dengan rambut-rambut berwarna putih pada bagian tengah.

Artikel terkait

Phalaenopsis lobbii

Spesies yang termasuk epifit ini berasal dari Burma, Sikkim, Bhutan, dan Assam. Anggrek ini berakar banyak, berbentuk pipih, dan berbatang pendek yang hampir seluruh tertutup pelepah daun. Panjang daun mencapai 13 cm, lebar 5 cm, dan berwarna hijau pucat keabu-abuan. Daun tersebut berbentuk oval memanjang dengan bagian ujung tajam.

Bunga tersusun pada tangkai bunga yang agak langsing dan pendek. Biasanya panjang tangkai bunga sekitar 15 cm. Jumlah bunga dalam satu tangkai bunga tersebut dapat mencapai 6 kuntum yang biasanya mekar serentak.

Bunga terdiri dari tiga helai kelopak bunga. Warna kelopak bunga dan mahkota putih krem. Kelopak bunga  berbentuk bulat tumpul atau tajam pada bagian ujungnya. Panjang kelopak bunga bagian atas 10 mm dan lebar 5 mm. Sementara panjang kelopak bunga bagian samping 8 mm dan lebar 7 mm. Lidahnya berwarna cokelat dengan variasi garis vertikal berwarna kuning sampai kuning kecokelatan dan putih.

Phalaenopsis javanica

Phalaenopsis javanica merupakan spesies asli Indonesia. Daerah penyebarannya terdapat di Jawa Barat. Keberadaan Phalaenopsis javenica ini sudah langka. Itulah sebabnya anggrek ini banyak diburu oleh pecinta kolektor anggrek, baik di alam maupun di penangkar.

Anggrek ini memilki potensi yang besar sebagai induk silang. Salah satu potensinya adalah garis putih pada bunga hasil silangan. Tidak banyak Phalaenopsis spesies yang mampu menghasilkan garis putih seperti pada Phalaenopsis javanica,

Phalaenopsis javanica termasuk tumbuhan epifit, berbatang pendek dan berakar berdaging. Daunnya berwarna terang, berdaging, berbentuk bulat panjang atau elips dengan ujungnya tajam. Panjang daun mencapai 22 cm dan lebar 10 cm.

Bunga anggrek ini berdaging dan mekar serentak. Bentuk bunga hampir bulat dengan diameter bunga 30 mm. warna kelopak bunga dan mahkota bunga bervariasi dari putih sampai hijau kuning atau pink pucat. Selain itu, terdapat titik-titik atau spot kecil berwarna cokelat keunguan.

Lidah bagian atas berwarana dasar kuning di bagian depan dan pudar keputihan di bagian belakang. Sementara lidah bagian bawah berwarna ungu di bagian depan dan putih di bagian belakang.

loading...
Bentuk Dan Jenis bunga Anggrek Warna Putih Dan Hijau | Penulis | 4.5