Bentuk Daun dan Batang Anggrek

Bentuk daun dan batang anggrek.Anggrek sebagai kelompok bunga-bungaan terbesar memiliki keragaman yang paling luas. Cara tumbuh, sosok tanaman, bentuk, dan warna bunga berbeda antargenus, antarspesies, serta antarvarietas. Variasi tersebut timbul karena adanya perbedaan tempat asal tumbuhnya.

Secara morfologi, tanaman anggrek dibagi atas beberapa bagian yaitu daun, batang, dan buah. Pengetahuan mengenai morfologi suatu tanaman perlu diketahui agar mudah menentukan habitat tumbuh dan syarat lingkungan tumbuhnya.

Daun

Baca Juga:

Bentuk daun anggrek bervariasi mulai dari bujur telur (oval) , lonjong (oblong), bulat telur (ovate), bulat telur sungsang (obovate), sendok (spatula), lanset (lanceolate), dan bulat panjang seperti pensil. Masing-masing daun memiliki ketebalan berbeda.

Ada yang tipis, tebal, rata, dan kaku. Hampir semua daun tidak bertangkai, tetapi duduk di batang atau umbi semu. Tepi daun tidak bergerigi (rata). Ujung daun juga bervariasi seperti lancip (acute), tumpul (obtuse), ujung terbelah (emarginate), atau ujung terpotong (truncate).

Seperti juga tumbuhan monokotil (berkeping satu), meskipun sangat beragam, tetapi bentuk daun umumnya sangat sederhana. Bentuknya memanjang dan pertualangan sejajar dengan tepi daun berakhir di ujung daun.Bentuk daun dan batang anggrek

Artikel terkait

Jumlah daun sangat bervariasi, ada tunggal, beberapa helai, hingga berjumnlah puluhan. Susunan daun berselang-seling atau saling berhadapan. Masing-masing daun duduk di ruas batang. Berdasarkan pertumbuhan daun, anggrek digolongkan menjadi dua kelompok yaitu evergreen dan decidous.

  1. Evergreen (tipe daun tetap segar/hijau). Pada tipe ini, daun tidak gugur serentak, tetapi satu per satu. Misalnya Cattleya sp.
  2. Decidous (tipe gugur). Anggrek tipe ini akan menggugurkan semua daun pada masa istirahat. Contohnya, Dendrobium sp.

Batang

Sosok batang anggrek sangat beragam. Ada yang ramping, gemuk berdaging seluruhnya, atau menebal dibagian tertentu saja, dengan atau tanpa umbi semu (pseudobulb). Psedobulb yang sudah agak tua akan tampak berkerut. Ukuran bervariasi mulai dari yang sangat besar, sangat pendek, atau sangat panjang. Pertumbuhan umbi semu (psedobulb) tipe simpodial umumnya terbatas.

Pertumbuhan tersebut akan berhenti bila mencapai ukuran maksimum. Setelah itu, dilanjutkan oleh tunas anakan yang tumbuh disampingnya. Setiap tunas saling berhubungan karena adanya rhizoma atau batang dibawah media. Jadi, setiap tunas baru akan keluar dari rhizoma tersebut.

Pertumbuhan batang utama tipe monopodial tidak terbatas. Bentuk batang ramping dan tidak berumbi. Tangkai bunga keluar di antara dua ketiak daun. Contohnya Vanda, Aranthera, Arachnis dan Phalaenopsis.

Jenis tipe simpodial yaitu Cattleya dengan tangkai bunga keluar dari ujung pseudobulb. Ada pula tangkai bunga keluar dari sisi pseudobulb dewasa, misalnya pada Oncidium. Adapun contoh tangkai bunga yang ke luar dari ujung dan sisi samping pseudobulb yaitu Dendrobium.

loading...
Bentuk Daun dan Batang Anggrek | Penulis | 4.5