Bentuk Hama dan Penyakit Bunga Anggrek

Bentuk hama dan penyakit bunga anggrek.Bentuk serangan hama pada tanaman Cattleya biasanya dengan memakan bagian-bagian tanaman seperti daun, tunas, bunga, dan kuncup bunga serta mengisap cairan dalam tanaman. Akibat serangan hama tersebut helaian daun atau bunga menjadi robek-robek atau bunga menjadi cepat layu dan rontok sebelum waktunya.

Serangan itu dapat pula dilakukan oleh hama dalam fase larva, yaitu ulat yang menetas dari telur serangga. Hama yang merusak dan memakan bagian-bagian tanaman atau organ tanaman disebut fitofagus (phytophagus).

Penyakit pada Cattleya adalah suatu akibat yang disebabkan oleh jasad renik atau patogen seperti cendawan, bakteri, dan virus yang mengisap cairan dalam jaringan tanaman.

Baca Juga:

Sebagai contoh Botritis cinerea menyebabkan bercak-bercak cokelat pada kuntum bunga sehingga penampilan bunga menjadi tidak menarik. Bercak-bercak cokelat tersebut lama-kelamaan akan menyebar luas dan akhirnya bunga menjadi cepat busuk.bentuk hama dan penyakit bunga anggrek

Artikel terkait

Berkaitan dengan faktor hama penyakit, salah satu upaya untuk memperpanjang daya tahan bunga Cattleya adalah dengan melakukan tindakan pencegahan daripada pengobatan. Oleh karena itu, kegiatan pengendalian hama dan penyakit sangat penting dilakukan, misalnya dengan penyemprotan pestisida, baik insektisida, fungisida, maupun bakterisida secara rutin.

Insektisida digunakan untuk mengendalikan dan memberantas hama, seperti serangga, kutu, kumbang, semut, dan ulat. Contohnya Supracide, Kelthane, Dursban, Bayrusil, Basudin, dan Malathion.

Fungisida digunakan untuk mengendalikan dan memberantas cendawan. Contohnya Benlate, Dithane, Antracol, Delsene, Cupravit, Daconil, Captan, dan Zineb.

Bakterisida digunakan untuk mengendalikan dan memberantas bakteri. Contohnya Physan atau Consan, Agrept, Dimanin, dan Bubur Bordeaux. Dosis yang digunakan berkisar 0,1-0,2% setiap satu minggu sekali atau tergantung dosis anjuran pada setiap kemasan pestisida serta tergantung pada tingkat serangannya.

loading...
Bentuk Hama dan Penyakit Bunga Anggrek | Penulis | 4.5