Berbagai Jenis Tanaman Hias Philodendron

Berbagai jenis tanaman Hias Philodendron-Philo ini termasuk jenis bongsor. Tingginya mencapai 1,5 m, atau lebih. Daunnya lebar terbentuk jantung, panjang 50-70 cm dan lebar 30-35 cm. Daun bertumpu pada tangkai yang panjang sekitar 45-55 cm. Posisi tangkai daun hampir tegak sehingga penampilannya gagah, tetapi anggun. Karena berukuran besar, cocok dipajang di lobi gedung atau ruangan yang luas.

Philodendron melanonii

Penampilan philodendron ini anggun. Hal ini dapat dilihat dari daunnya yang hijau dan segar dengan tangkai hijau semu kemerahan. Daunnya sempit. Susunan tajuknya bagus dan cenderung kompak. Tanaman ini cocok diletakkan di ruangan yang agak lebar. Di halaman, tanaman ini butuh naungan agar tumbuh prima.

Baca Juga:

Philodendron melanodii

Spintas Philodendron melanodii hampir mirip dengan Philodendron melanonii. Perbedaannya pada ukuran daun yang agak lebar. Tangkainya pun berwarna merah kecokelatan. Dengan penampilan seperti ini, tampilannya lebih gagah.Berbagai Jenis Tanaman Hias Philodendron

Philodendron melanodii ‘Variegata’

Selain bersosok besar, kistimewaan dari philo ini pada daunnya berwarna hijau dengan semburat kuning. Semakin banyak bercak kuning menyebar di permukaan daun membuat penampilan philo ini istimewa.

Philodendron lynette

Artikel terkait

Philodendron ini memiliki penampilan yang menarik. Hal ini dapat dilihat dari daunnya yang sempit dan panjang dengan ujung lancip. Urat daun yang rapat tersusun secara rapi dan sejajar membentuk pola yang indah. Untuk mendapatkan susunan tajuk yang kompak membutuhkan perawatan yang baik sejak tanaman masih kecil.

Philodendron ‘Black congo’

Philodendron ‘Black congo’ memiliki ciri-ciri daun hijau gelap atau hijau kehitaman. Pada daun muda berwarna lebih gelap. Tangkai daun berwarna merah kehitaman dengan ukuran pendek sehingga tampak kompak.

Philodendron ‘Three color’

Disebut demikian karena philo ini memiliki 3 tingkat warna. Ketika daun muda berwarna kuning, lalu berangsur-angsur kemerahan  dan hijau pada saat tua. Keistimewaan lain, ada bercak-bercak kuning dan merah disetiap daun tua. Tangkai daun dan tulang daun bagian bawah berwarna merah tua. Daun bergelombang pada bagian pinggirnya. Tanaman ini membutuhkan tempat yang teduh agar warnanya lebih menonjol.

Philodendron ‘Marble’

Philodendron ini mudah dikenali karena sosoknya mirip daun talas. Daunnya lebar, bulat, dan berwarna hijau tua. Susunan tajuknya bagus dan teratur. Karena ukurannya yang besar, tanaman ini dapat dipakai sebagai ornamen utama di taman. Jenis ini mudah di jumpai di nurseri baik ukuran kecil maupun besar.

Philodendron ‘Marble’ daun variegata

Jenis philodendron ‘Marble’ memiliki keistimewaan pada daunnya yang variegata. Bercak-bercak kuning menyebar di sekujur daunnya yang hijau. Semakin banyak bercak kuning semakin bagus. Jenis variegata ini langka sehingga banyak dicari kolektor.

 

loading...
Berbagai Jenis Tanaman Hias Philodendron | Penulis | 4.5