Bibit Anggrek Botol Dan cara Perawatanya

Bibit anggrek botol dan cara perawatanya.Apapun jenis anggrek yang akan dipelihara, para penganggrek pasti menghendaki bibit atau tanaman yang kondisinya sehat. Tanaman anggrek yang sehat adalah berbatang kuat, segar, tumbuh pesat, berdaun hijau, dan rajin berbunga.

Banyak pilihan untuk mendapatkan bibit anggrek. Namun, jenis bibit yang dipilih sebaiknya yang bermutu unggul. Mutu unggul yang dimaksud adalah tanaman mempunyai kapasitas produksi bunga tinggi dengan bentuk dan warna yang menarik, mahkota bunga kompak, teksur tebal, tahan lama sebagai bunga potong, jumlah kuntum bunga banyak, kuntum bunga tidak gugur dini akibat kelainan genetis, serta tahan terhadap hama dan penyakit.

Bibit anggrek yang akan ditanam dapat dipilih dari bibit dalam botol (plantlet), bibit dalam kompot, bibit tanaman muda, atau bibit tanaman dewasa yang sudah terbukti menghasilkan bunga bagus.bibit anggrek botol dan cara perawatanya

Baca Juga:

Bibit dalam botol

Anggrek yang banyak dipelihara saat ini hampir seluruhnya berasal dari kecambah dalam botol atau disebut plantlet. Bahan bibit biasanya berasal dari pohon induk anggrek hasil silangan yang sudah diakui keunggulannya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat plantlet.

Penyilangan anggrek di Indonesia cukup banyak jumlahnya sehingga banyak sekali plantlet yang ditawarkan. Dalam memilih plantlet, perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Sumber bibit

Bibit anggrek yang dipilih sebaiknya berasal dari produsen, distributor, atau penjual bibit yang bonafid dan telah diakui oleh para pencinta anggrek. Hal ini dimaksudkan agar bibit yang diperoleh tidak diragukan mutu dan keunggulan.

Identitas penyilang

Artikel terkait

Jika anggrek merupakan hasil silangan, perlu diketahui identitas orang yang menyilangnya. Seseorang dianggap bonafid kalau sudah banyak menghasilkan anggrek jenis baru dengan mutu yang baik. Penyilang tersebut biasanya mendaftarkan hasil silangannya ke badan yang berwenang, yaitu di The Register of Orchid Hybrids, Royal Horticultural Society, Vincent Square London, dan SW 1 P 2 PE.

Nama induk harus jelas

Nama induk bibit sebagai tetua anggrek silangan harus jelas. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sifat-sifat dan perkiraan hasil silangannya.

Sudah berkecambah

Bibit anggrek yang dipilih sebaiknya sudah berkecambah. Bibit dengan umur 9-12 bulan di dalam botol sudah berkecambah dan keluar. Namun, akar tidak saling bertautan agar mudah dipisah. Kecambah sebaiknya berdaun 2-4 lembar dengan ujung hampir menyentuh bagian atas botol. Panjang daun sekitar 5 cm dan berwarna hijau segar.

Teliti dan cermat

Sebelum membeli, sebaiknya plantlet diteliti dengan cermat. Plantlet yang baik berisi 20-30 kecambah per botol, sudah berdaun dan berakar. Media akarnya bersih dan tidak ada cendawan mirip kapas yang tumbuh menempel pada akar. Warna daun hijau segar, mulus, tidak menunjukkan gejala keriput, dan salah bentuk. Pertumbuhannya seragam dan tidak ada satu kecambah pun di dalam botol yang mati.Segera dipindahtanamkan

Plantlet yang sudah dibeli dan disimpan di rumah, hanya mampu bertahan dalam botol antara 7-9 hari. Oleh karena itu, segera dipindahtanamkan dalam kompot (pot bersama).

Di tempat produsen, bibit anggrek disimpan di ruang khusus yang memenuhi persyaratan kebutuhan cahaya, suhu, dan kelembapan udara. Plantlet lebih menyukai hari panjang daripada hari normal atau hari pendek sehingga di ruang penyimpanan membutuhkan intensitas sinar matahari 20% dengan tambahan penyinaran lampu TLD sampai sekitar pukul 22.00.

Penggunaan lampu TLD lebih banyak mengandung sinar ultra violet dan sinar infra merah. Suhu ruangan stabil berkisar 21-26 derjat C.

loading...
Bibit Anggrek Botol Dan cara Perawatanya | Penulis | 4.5