Bisnis Tanaman Hias Caladium Spesies Keladi Unik

Bisnis tanaman hias Caladium spesies keladi unik-Keladi sebenarnya jenis tanaman yang telah akrab dengan Anda. Jenis spesies yang sering ditemukan umumnya berwarna merah dan hijau. Kehadirannya pada taman hanya sebagai ornamen pemanis yang kadang jarang diperhatikan.

Atau bahkan Anda dapat menemukannya tambuh di pinggir-pinggir jalan raya yang masih alami. Pantas saja bila orang lantas menyepelekan tanaman ini dan bahkan menganggapnya murahan sehingga jarang dipelihara di rumah.

Namun, ditangan orang yang mampu membisniskannya, keladi dapat menjadi ornamental plant kelas atas. Apalagi maraknya teknik penyilangan pada tanaman hias yang menghasilkan jenis-jenis baru yang menarik, mulailah varian-varian keladi yang lebih menarik. Dari tanaman ”kelas pinggiran”, kini menjadi favorit pilihan untuk dipajang di rumah-rumah mewah.

Baca Juga:

Lihat saja, sejak kemunculannya di pertengahan tahun 2005, keladi mendapat respon yang baik dari konsumen. Pada satu bulan pertama peluncuran varian-varian hibrid Thailand belum kelihatan hasilnya.

Maklum, ketika itu tren aglaonema sangat kuat. Meski keladi agak sulit menyodok posisi aglaonema, toh akhirnya tanaman ini menarik simpati penggemarnya.Bisnis Tanaman Hias Caladium Spesies Keladi Unik

Sayangnya keladi sempat naik, tetapi cepat pula tenggelamnya. Salah satu alasan yang menghambat adalah adanya masa dormansi dan sukarnya menumbuhkan tanaman ini lebih dari 4-5 daun. Padahal jika telah telah diketahui secara baik, saat tanaman keladi rimbun tak kalah cantik dengan tanaman-tanaman kerabatnya.

Secara alami, keladi merupakan tanaman yang memerlukan lingkungan teduh dengan sinar matahari dengan intensitas rendah hingga sedang dan tidak langsung, tetapi untuk jenis tertentu, terutama yang berwarna merah, relatif kuat hidup dengan sinar matahari langsung.

Suhu udara yang diperlukan untuk pertumbuhan ideal adalah tidak lebih dari 32 derjat celcius dan kondisi tanah haruslah lembap.

Berdasarkan sifatnya tersebut, untuk pertumbuhan perlu diperhatikan faktor genetis, iklim sekitarnya serta cara memeliharanya. Dengan pengenalan lebih dalam dari satu jenis tanaman serta karakternya, akan membuat tanaman dapat dipelihara secara benar dan tumbuh dengan suburnya.

Artikel terkait

Di dunia botani, keladi termasuk famili Araceae, satu famili dengan alokasia, aglaonema, anthurium, dan philodendron. Namun, sesungguhnya keladi merupakan bagian dari genus Calladium (keladi) tetapi karena sifat dan karakter tanamannya hampir sama maka nama keladi banyak disamakan dengan genus terdekat lainnya seperti Alocasia (alokasia), Xanthosoma (santosoma), Syngonioum (singonium) dan Colocasia (kolokasia). Atau bahkan lebih dikenal lagi dengan sebutan talas-talasan.

Dengan keterampilan dan tangan dingin para breeder yang berasal dari Thailand dan Amerika, muncullah jenis-jenis hibrida yang baru. Yang cukup terkenal adalah Calladium ‘Florida sweerheart’ dengan corak merahnya yang cerah dan tulang daun yang berwarna merah tua menjadi daya tarik para pembeli tanaman hias untuk mengkoleksinya.

Calladium schomburgkii yang mirip dengan sweetheart’, tetapi bentuk daun yang lonjong memanjang dan berlekuk-lekuk menjadi ciri khas jenis ini. Calladium ‘Gingerland’ tampil menawan dengan kombinasi hijau, putih dengan bercak-bercak merah tua yang menyebar.

Ketahanannya terhadap penyakit, ketahan terhadap suhu ekstrim dan mudah dalam berkembang biak, menjadikan jenis spesies tetap mempunyai tempat di hati para pencinta tanaman. Sebut saja jenis Caladium picuratum dan Caladium bicolor dengan nuansa merahnya.

Untuk jenis allocasia ada Alocasia sandriana dan Alocasia cuculata. Bahkan Allocasia cuprea dan Alocasia infernalis merupakan jenis spesies yang berasal dari pulau kalimantan.

Biasanya, keindahan keladi dihadirkan dengan cara penempatan pada pot unik dan diletakkan pada ruangan, contohnya jenis ‘Jubille’, ‘Blaze’, ‘White chritmas’, dan ‘Red flash. Untuk beberap jenis yang tahan sinar matahari, diletakkan di tempat terbuka dan menghiasi taman rumah, seperti jenis Calladium ‘Candidum’, ‘Florida moonlight’, ‘Pink beauty’, ‘Red flash’, ‘Scarlet beauty’, dan ‘Galaxy’.

Untuk Alokasi, yang cukup terkenal adalah Allocasia ‘Black velvet’ dengan ciri daun tebal hijau tua bagaikan kain beludru, hingga Alokasia ‘Tengkorak’ dengan daun tebal bulat berwarna hijau muda hingga putih dengan tulang daun berwarna hijau tua bagaikan rangkaian tulang. Selain itu ada jenis Alocasia frydek yang daunnya tebal beludru berbentuk V dan berwarna hijau tua dengan tulang daun berwarna hijau muda kekuningan.

Besarnya minat konsumen pada tanaman tersebut dinilai praktisi karena perubahan penampilannya secara total. Warna-warnanya lebih cerah dan batikan juga dekoratif. Keladi baru ini dapat dibilang mampu mewujudkan kemewahan konsumen.

Namun, semua itu tergantung keputusan Anda. Anda pasti paham kalau antara kecantikan tanaman dan kebutuhan adalah subyektif. Masing-masing Anda boleh berkomentar atas performa dari keladi ini.

loading...
Bisnis Tanaman Hias Caladium Spesies Keladi Unik | Penulis | 4.5