Busuk lunak Dan Busuk Coklat Tanaman Hias Dan Buah

Busuk lunak dan busuk coklat tanaman hias dan buah.Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Erwinia carotovora ini menyarang seluruh bagian tanaman. Gejala serangannya yaitu daun seperti melepuh. Bagian yang diserang yaitu daun, akar, batang atau pseudobulb, terutama pada jaringan yang lunak dan jaringan bekas luka.

Akibatnya, terjadinya pembusukan disertai pembusukan disertai bau yang tidak enak. Patogen ini menular ke tanaman lainnya melalui air dan serangga. Hampir semua jenis anggrek dapat diserang penyakit ini.

Pemberantasannya dengan memangkas daun terserang lalu mengolesi bakterisida seperti seperti Na-bisulfit, Na-hipoclorit (Clorox), dan Physan dengan dosis sesuai anjuran.Busuk lunak Dan Busuk Coklat Tanaman Hias Dan Buah

Baca Juga:
Artikel terkait

Busuk Cokelat

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Erwinia cypripedii. Serangan ditandai dengan adanya bintik-bintik bulat berair yang lama-lama menjadi cokelat di bagian tengah daun.

Bila titik tumbuh (meristem) terserang, tanaman akan mati. Jenis anggrek yang banyak terserang yaitu Paphiopedilum dan kadang-kadang Phalaenopsis.

Bakteri ini diberantas dengan bakterisida seperti Physan, Cuprocide, Agrept, serta antibiotik seperti tetracycline, agrimycin atau sejenisnya. Dosisnya 0,1-0,2% atau sesuai anjuran.

loading...
Busuk lunak Dan Busuk Coklat Tanaman Hias Dan Buah | Penulis | 4.5