Cahaya Yang Dibutuhkan Untuk Tanaman Hias

Berdasarkan kebutuhan cahaya, cahaya yang di butuhkan untuk tanaman hias indoor dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu yang termasuk tanaman hias teduh, setengah teduh, suka cahaya, dan perlu sinar matahari langsung.

Tanaman teduh

Jenis tanaman yang termasuk tanaman teduh (suka naungan) dapat ditempatkan di dalam ruangan yang cahayanya tidak terlalu terang, tetapi masih cukup jelas untuk membaca koran tanpa menggunakan lampu penerangan. Tanaman ini dapat hidup baik di pojok ruangan yang suram atau mendapat cahaya lampu 50-200 foot candles. Tergolonbg kelompok ini adalah aglaonema, asplenium, filodendron, scindapsus, dan fittonia.

Baca Juga:

Tanaman setengah teduh

Jenis tanaman yang termasuk tanaman setengah teduh (terang, tetapi tak ada matahari) dapat ditempatkan didalam ruangan yang terletak dekat jendela yang menghadap ke utara atau selatan atau tempat yang agak jauh dari jendela yang menghadap ke timur atu barat. Tergolong kelompok tanaman iniĀ  adalah drasena, maranta, scindapsus, filodendron, hedera, sanseviera, zebrina, dan monstera.cahaya yang di butuhkan tanaman hias

Tanaman suka cahaya

Tanaman yang termasuk suka cahaya adalah tanaman yang menghendaki tempat terang, tetapi tidak terkena sinar matahari secara langsung. Didalam ruangan, biasanya tanaman indoor ini di letakkan di dekat jendela atauĀ  di ambang jendela yang menghadap ke timur atau barat. Tergolong kelompok tanaman ini adalah anthurium, azalea, begonia, chloropyum, dieffenbachia, peperomia, schleffera, spatifilum, saint paulia, scindapsus, ficus, cordyline, dan sanseviera.

Artikel terkait

Tanaman butuh sinar matahari langsung

Jenis tanaman yang butuh sinar matahari adalah tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung minimum 1-2 jam setiap hari atau mendapat cahaya lampu 200-400 foot candles. Tempat pemajangan yang cocok adalah ambang jendela yang menghadap ke timur atau barat.

Namun, tempat yang terbaik adalah jendela yang menghadap ke timur sebab matahari pagi paling baik untuk pertumbuhan tanaman. Tergolong kelompok tanaman ini adalah bugenvil, cordyline, plumbago, poinsettia, zebrina, coleus, beringin, kalanchoe, ginura, senecia, hemigraphis, dan anthurium.

Kebutuhan cahaya oleh tanaman hias dapat diperoleh dari lampu pijar. Besarnya cahaya yang diperoleh tergantung dari daya lempu pijar dan jarak lampu dengan tanaman. Sebagai contoh satu bola pijar 75 watt dengan jarak 60 cm dari tanaman dapat memberikan cahaya 60 foot candles. Satu bola pijar 150 watt dengan jarak 90 cm dari tanaman memberikan cahaya 60 foot candles.

Satu neon tabung 40 watt dengan jarak 60 cm dari tanaman dapat memberikan 75 foot candles, sedangkan dua neon tabung 40 watt dengan jarak 60 cm dari tanaman dapat memberikan 100-150 foot candles. Empat neon tabung 40 watt dengan jarak 60 cm dapat memberikan 300-400 foot candles atau kalau jaraknya 150-180 cm dapat memberikan 40-60 foot candles.

Selain pengelompokan empat hal diatas, ada juga kelompok tanaman indoor yang tahan di dalam ruangan kering dan ber-AC. Tanaman yang tergolong menyukai tanaman yang kering dan terang adalah aechmea, agave, ficus, sanseviera, vriesia, kaktus, dan suklen. Tanaman yang menyukai ruangan ber-AC adalah palem, cemara, sirih gading, beringin, drasena, dan karet-karetan.

Dalam prakteknya kebutuhan cahaya itu tidak harus selalu tepat sekali karena beberapa tanaman mampu beradaptasi sehingga dapat hidup di tempat penuh cahaya, semi cahaya, atau teduh.

loading...
Cahaya Yang Dibutuhkan Untuk Tanaman Hias | Penulis | 4.5