Cara Benar Memangkas Ranting Bunga Adenium

Sesuai judul artikel di atas.Cara benar memangkas ranting bunga adenium.Pemangkasan sangat penting dilakukan pada tanaman adenium. Selain mempercantik penampilan tanaman, juga untuk merangsang pembungaan. Tanaman yang lalai dipangkas membuat pertumbuhan cabang tidak beraturan sehingga terkesan berantakan. Pemangkasan juga bertujuan untuk meotong siklus hidup hama dan penyakit.

Cabang-cabang yang tumbuh tidak beraturan segera dipangkas. Dari cabang yang dipotong, kelak akan muncul cabang-cabang baru. Cabang yang diinginkan tetap dipertahankan. Dengan demikian, penampilan tanaman terlihat kompak, pendek, dan rimbun. Dalam pemangkasan sebaiknya gunakan pisau yang tajam dan bersih. Setelah dipangkas, batang bekas potongan diolesi fungisida Benlate agar tidak busuk.cara memangkas ranting bunga adenium

Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar luka cepat mengering. Hindari pemangkasan saat musim hujan karena luka bekas pangkas gampang membusuk jika terkena air.

Baca Juga:

Tanaman yang telah dipangkas diletakkan ditempat yang terkena sinar matahari langsung. Dalam waktu 7-14 hari setelah pemangkasan, tanaman akan memunculkan tunas cabang baru. Selang 5-8 minggu kemudian, tanaman akan memunculkan bunga.

MENGGANTI POT

Artikel terkait

Apabila tanaman mulai membesar dan tidak sesuai dengan ukuran potnya, sebaiknya tanaman dipindahkan ke pot yang lebih besar. Tujuannya agar akar tumbuh maksimal dan mendapatkan unsur hara dan air yang lebih banyak. Pemindahan tanaman ke pot yang lain atau baru dikenal dengan sebutan reppoting.

Siapkan tanaman yang akan diganti potnya, media, dan pot baru. Siram tanaman yang akan di-repotting dengan air hingga jenuh dan biarkan selama 5-10 menit. Tujuannya agar media tidak pecah ketika dilakukan pembongkaran. Selanjutnya, tanaman siap di-reppoting sebagai berikut

  1. Siapkan pot pengganti yang berukuran lebih besar. Alasi dasar pot dengan styrofoam. Alas tersebut untuk mencegah air tergenang di dasar pot.
  2. Isi dengan media tanam secukupnya dan merata hingga menutupi styrofoam.
  3. Lepaskan tanaman dari pot lama dengan cara membalikkan. Usahakan media lama tidak pecah. Caranya, pegang pot dengan tangan kanan, lalu balikkan tanaman ke bawah secara perlahan-lahan. Cabut pot ke atas dengan tangan kanan. Pada saat itu, media langsung dipegang oleh tangan kanan, kemudian balikkan keposisi semula.
  4. Masukkan tanaman dengan hati-hati ke bagian tengah pot baru. Selanjutnya, masukkan media tanam yang sama dengan media lama hingga mendekati bibir pot.
  5. Siram hingga air keluar dari pot dan letakkan tanaman di tempat teduh selama satu bulan. Daun yang tampak segar dan berwarna hijau menandakan tanaman telah tumbuh dengan baik.
loading...
Cara Benar Memangkas Ranting Bunga Adenium | Penulis | 4.5