Cara Benar Menanam Bunga Euphorbia Ala Pertanian

Penanaman euphorbia harus dilakukan dengan hati-hati. Sedikit kesalahan dalam penanganan dapat membuat tanaman tidak tumbuh prima. Akar yang melintir, misalnya, menyebabkan pertumbuhan terganggu. Oleh karena itu, diperlukan petunujuk bagi pemula yang ingin belajar menanam euphorbia sendiri.

Sebelum ditanami, media disemprot fungisida dengan dosis 1 g/liter air untuk lima tanaman atau 200 ml/tanaman. Fungisida berfungsi untuk mencegah busuk akar. Bila ingin menanam euphorbia dalam skala besar, sebaiknya media disiapkan 1-2 hari sebelum penanaman.

Penanaman bibit asal biji dan setek sangat mudah. Adapun langkah-langkah penanamannya adalah sebagai berikut.

Baca Juga:
  1. Siapkan pot dengan ukuran yang sesuai dengan tanaman. Selanjutnya, masukkan potongan styrofoam berbentuk kubus berukuran 1 cm x 1 cm x 1 cm atau 2 cm x 2 cm x 2 cm. Styrofoam dapat diganti dengan batu kecil atau bongkahan kayu kecil. Styrofoam dipilih karena murah dan mudah didapatkan. Letakkan potongan styrofoam tersebut menutup bagian dasar dan lubang pot. Susun potongan styrofoam sedemikian rupa agar dasar pot penuh. Tujuannya agar air mudah mengalir ke luar dan tidak tergenang di dasar pot.
  2. Isi pot dengan media sampai setinggi 7 cm atau setengah tinggi pot dan taburkan setengah sendok makan pupuk slow release, seperti Osmocote atau Dekastar.
  3. Masukkan media hingga penuh dan buat lubang tanam dengan telunjuk jari atau kayu.
  4. Letakkan setek atau biji di bagian tengah, lalu taburkan media hingga mendekati bibir pot. Media tidak perlu dipadatkan dengan tangan, tetapi cukup dipadatkan secara alami dengan menyiram air hingga mengalir ke luar dari lubang pot.images (12)

Lakukan repotting tanaman

Artikel terkait

Euphorbia yang mulai tumbuh besar sebaiknya dipindahkan (repotting) ke pot lain agar pertumbuhan akarnya tidak terganggu. Repotting juga bertujuan agar tanaman mendapatkan air serta makanan yang lebih banyak sesuai dengan pertumbuhannya.

Bila ditanam pada pot berukuran 15 cm, bibit asal setek harus sudah berukur satu bulan. Pada umur tersebut tanaman telah memiliki perakaran yang cukup. Sementara 2-3 bulan. Media tanam sebaiknya disiapkan 1-2 hari sebelum penanaman.

Tahap penyiapan media tanam dan penanaman saat repotting sama dengan tahap penanaman. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah mengupayakan agar media tanam yang lama tidak pecah. Cara menghindari pecahnya media tanam yaitu sebagai berikut.

  1. Pegang pot dengan tangan kiri, selanjutnya, balikkan tanaman ke bawah secara perlahan-lahan, lalu cabut pot dengan tangan kanan.
  2. Rontokkan tanah bagian bawah untuk memunculkan akar.
  3. Semprot akar dengan pupuk pemacu pertumbuhan akar.
  4. Letakkan tanaman dengan hati-hati di bagian tengah pot. Selanjutnya, tutup dengan media tanam hingga tanaman tegak.

Kondisi euphorbia setelah penanaman dan repotting masih lemah, sangat rentan, dan mudah stres. Oleh karena itu, letakkan tanaman di tempat teduh dan bersirkulasi udara bagus. Agar daun tidak terbakar, naungi dengan shading net berukuran 60%. Setelah beruur sebulan, tanaman dapat dipindahkan ke lokasi lain.

loading...
Cara Benar Menanam Bunga Euphorbia Ala Pertanian | Penulis | 4.5