Cara Bisnis Bibit Tanaman Hias

Cara bisnis bibit tanaman hias.Bisnis tanaman hias berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini. Hal ini menyebabkan permintaan untuk material tanaman (bibit) meningkat. Permintaan yang sangat tinggi terjadi pada saat musim pameran (juli-september), perayaan keagamaan, atau perayaan khusus, seperti hari valentine.

Permintaan komoditas tanaman hias semakin meningkat, baik di pedesaan maupun di daerah perkotaan. Selain itu, kehadiran tanaman hias kini tidak lagi menjadi milik taman di rumah-rumah semata, tetapi sudah memasuki gedung-gedung perkantoran, rumah sakit, hotel, bahkan jalan raya.

Dengan demikian, pasar tanaman hias semakin luas. Namun, permintaan akan tanaman hias yang meningkat tidak diiringi dengan kenaikan persediaan bibit tanaman hias di pasaran. Rendahnya ketersediaan bibit tanaman tersebut menjadikan sebuah peluang usaha yang memiliki prospek cuku cerah.

Baca Juga:

Kurang meratanya penyebaran informasi mengenai cara-cara perbanyakan tanaman hias diduga sebagai salah satu penyebab masih minimnya jumlah bibit tanaman di pasaran. Di Indonesia, hanya nurseri-nurseri besar yang baru mampu memproduksi bibit tanaman hias dalam jumlah yang banyak dan berkualitas .

Sementara itu, para petani umumnya tidak memiliki pengetahuan dan keahlian yang memadai mengenai perbanyakan tanaman hias. Oleh karena itu, semakin jelas bahwa usaha perbanyakan tanaman hias yang berkualitas akan semakin terbuka lebar.cara bisnis bibit tanaman hias,

Tidak Berbiaya Besar

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha perbanyakan tanaman hias tidaklah besar. Usaha ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Sebagai awal tempat usahanya dapat menggunakan sepetak lahan atau halaman rumah.

Usaha perbanyakan tanaman hias ini juga tidak membutuhkan infrastruktur yang rumit dan mahal, seperti pembangunan nurseri. Cukup dengan membangun satu tempat pembibitan yang terbuat dari bambu dan ditutupi dengan paranet, kemudian satu bedengan tempat penyungkupan dan beberapa alat sederhana untuk melakukan perbanyakan tanaman, usaha perbanyakan tanaman dapat dimulai.

Artikel terkait

Jika dapat memperbanyak tanaman yang memiliki permintaan tinggi dengan kualitas yang baik, penghasilan yang mungkin di peroleh bisa sangat besar. Bisnis ini tidak membuat orang mendadak menjadi kaya. Namun, sudah banyak orang yang menjadi  kaya dengan berbisnis tanaman hias.

Berbekal Pengetahuan Perbanyakan

Penyediaan bibit tanaman hias melalui perbanyakan tanaman merupakan hal yang tidak terlampau sulit dilakukan. Asalkan, mengerti mengenai fisiologi dan karakteristik tanaman, mengetahui cara perbanyakan, dan berlatih dengan tekun, keterampilan memperbanyak tanaman mudah untuk menguasainya.

Agar perbanyakan tanaman hias berjalan dengan sukses, ada beberapa hal yang harus diketahui. Berikut beberapa aspek dasar yang perlu dikuasai.

  1. Pembibit harus memahami fisiologis tanaman. Misalnya, untuk perbanyakan secara generatif, pembibit harus mengetahui waktu dan karakteristik biji matang yang sangat menentukan keberhasilan perkecambahan. Biji yang belum matang tidak baik digunakan sebagai bahan perbanyakan. Untuk perbanyakan vegetatif, hal yang perlu dipahami adalah cara memecahkan dormansi tunas (merangsang pertumbuhan tunas) dan menghilangkan dominansi batang utama sehingga batang dan anakan dapat tumbuh. Selain itu, perlu mengetahui tunas yang potensial sebagai bahan perbanyakan.
  2. Pembibit harus mengetahui cara mensterilkan alat perbanyakan. Alat perbanyakan yangsteril dapat mencegah tanaman hasil perbanyakan atau tanaman induk terserang cendawan atau bakteri.
  3. Pembibit harus mengetahui cara merangsang perakaran. Perakaran yang baik sangat mendukung pembentukan tanaman berkualitas. Salah satu cara yang digunakan adalah penggunaan zat perangsang perakaran, pupuk, dan vitamin.
  4. Pembibit harus mengetahui cara memanipulasi lingkungan tumbuh. Lingkungan tumbuh, seperti media tanam, suhu, cahaya, dan kelembapan harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Umumnya tanaman hasil perbanyakan vegetatif dalam keadaan luka sehingga rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, perlu penggunaan media tan
loading...
Cara Bisnis Bibit Tanaman Hias | Penulis | 4.5