Cara Merawat Tanaman kaktus

Pertimbangan ukuran tanaman sangat penting bagi para pencinta tanaman kaktus ini, terutama pemula.cara merawat tanaman kaktus sangat mudah,sebab menentukan tanaman kaktus akan sangat berkaitan dengan cara perawatannya. Setiap fase tanaman mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Langkah yang paling mudah adalah dengan mengenali ukuran tanaman. Fase bibit asal semai dicirikan batang masih kecil. Sementara bibit asal setek belum kuat karena perakaranya sedikit. Di nursery, tanaman fase ini ditanam dipot ceper yang besar. Biasanya tanaman tersebut belum dijual karena masih riskan mati jika dipindahkan ke pot.

Penjual biasanya memajang tanaman jadi yang sudah ditanam secara soliter di pot. Disana ada kaktus hasil semai atau setek dan ada pula hasil sambungan. Kaktus-kaktus itu diletakkan di rak-rak terpisah menurut jenisnya. Hal ini untuk memudahkan penyebutan nama dan pengontrolan saat perawatan. Dilihat dari kondisinya, tanaman ini bisa langsung dibeli dan dipajang di rumah.

Baca Juga:

Para hobiis dapat menghasilkan bibit sendiri dengan cara menyemai biji kaktus yang bisa dibeli ditoko tanaman hias. Namun, harus menyediakan waktu yang cukup untuk merawatnya. Ini pun tergantung jenisnya, ada beberapa jenis kaktus yang tumbuh cepat, ada yang tumbuh lambat.cara merawat tanaman kaktus

Bagi hobiis yang sibuk, umumnya tidak mau repot sehingga lebih baik membeli tanaman yang sudah jadi. Selain lebih praktis, juga kondisi kaktus sudah baik, segar , dan sehat. Tanaman tersebut sudah ditanam dipot yang menarik sehingga bisa langsung dipajang di atas meja.

Memilih tempat penjualan

Dimana mendapatkan kaktus berkualitas? Banyak nursery menjajakan kaktus seperti di lembang, Bandung, yang menjadi salah satu ”gudang” kaktus. Saat ini, beberapa kota lain, seperti  Semarang, Surabaya, dan Jakarta pun sudah ada  yang menjual tanaman berduri ini.

Apabila sudah menemukan penuaj kaktus atau nursery, disarankan jangan terburu-buru membelinya. Ada beberapa hal yang mesti dicermati, seperti memilih jenis, sosok fisiknya, dan kondisi tanaman. Hal ini penting agar pembeli tidak merasa dirugikan karena kaktus yang dibeli ternyata kurang sehat, layu dan pucat, lalu sakit, kemudian mati.

Artikel terkait

Pemilihan tempat penjualan sangat penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Apalagi, saat ini perkembangan bisnis tanaman hias kian berkembang yang ditanda dengan makin menjamurnya kios nursery yang menjual berbagai jenis kaktus. Hal itu dapat dilihat di pameran  Flora dan Fauna di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada bulan agustus 2005.

Stand yang memajang kaktus makin meningkat dibanding tahun yang lalu. Perkembangan di beberapa kota, seperti Semarang, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya pun demikian juga.

Banyaknya nursery yang bisa dijadikan tempat untuk membeli tanaman kaktus. Namun, tidak semua nursery  dapat menjamin tanaman yang dijual dalam kondisi bagus. Agar tak slaah pilih, sebaiknya membeli di-nursery yang telah diakui kredibilitasnya.

Menetukan tempat penjualan pun bukan pekerjaan mudah. Meski demikian, bukan berarti tidak bisa memilih penjual yang baik. Nursery yang besar dan sudah terkenal bisa menjadi rujukan awal. Namun, itu bukan jamin. Begitu tiba di tempat penjualan,

Ciri-ciri kaktus yang baik

Sehat

Batang hijau segar dan cerah, ukuran sesuai dengan jenis dan umur, batang terlihat kokoh, dan bebas dari hama penyakit.

Bersih

Perhatikan batang dan duri (terutama berduri lebat/berbulu) harus terbebas dari kotoran. Demikian pula pot harus bersih.

Tumbuh normal

Dilihat pertumbuhan akar yang tidak menyebul kepermukaan media atau menjulur ke lubang pembuangan air didasar pot. Apabila memilih tanaman ini sesegera mungkin dipindahkan ke pot yang lebih besar.

Perhatikan lokasi nursery. Meski bukan tolok ukur, paling tidak kebersihan lokasi mencerminkan tanaman yang dijual terawat dengan baik.

Nursery kadang membangun rumah plastik atau rumah kaca untuk membesarkan kaktus. Hal ini tentu saja untuk melindungi tanaman dari sengatan matahari dan guyuran air hujan. Disana, tanaman biasanya lewat dengan baik. Satu hal lagi yang mesti diperhatikan adalah pengalaman sang penjual. Pemilik nursery yang berpengalaman biasanya bisa menjelaskan hama kaktus , asal-usul, syarat tumbuh, hingga cara perawatannya.

Setelah memilih jenis kaktus yang diinginkan , cermati dulu sosok fisiknya. Kondisi tanaman harus baik dan sehat.

Ada 3 macam kaktus yang dijual nursery, yakni bibit sambunga, setek, dan biji. Apabila memilih kaktus hasil sambungan, pasti sambungan batang atas dan bawah melekat erat, sehat dengan warna hijau cerah, serta tidak sakit atau terserang busuk batang yang ditandai batang warna cokelat.

Apabila kaktus asal setek harus sehat, warna hijau segar, dan pertumbuhan normal. Hal ini penting agar  begitu dibawa ke rumah, jangan sampai tanaman tumbuh merana karena batang busuk.

loading...
Cara Merawat Tanaman kaktus | Penulis | 4.5