Cara Melakukan Pemupukan Bunga Anggrek

Cara melakukan pemupukan bunga anggrek.Pada umumnya, pupuk yang diberikan pada tanaman anggrek adalah pupuk majemuk, yaitu pupuk yang mengandung unsur makro seperti N, P, K serta unsur mikro seperti Fe, Co, Zn, Mo, dan Cu.. Bahkan, kadang-kadang dalam pupuk majemuk tersebut mengandung vitamin, seperti vitamin B1 (tiamin), vitamin B6 (piridoksin), dan asam nikotinat.

Pupuk yang diberikan untuk tanaman muda berupa pupuk NPK denagn perbandingan unsur N lebih besar dari pada P dan K, misalnya 30:10:10. Untuk tanaman remaja diberi pupuk NPK dengan perbandingan seimbang, misalnya 10:10:10.

Pada fase pertumbuhan generatif, pupuk NPK yang diperlukan  untuk merangsang pembungaan dengan perbandingan unsur P dan K lebih besar dari N, misalnya 10:30:30.

Baca Juga:

Pemberian pupuk melalui daun pada tanaman anggrek sebaiknya dilakukan pada saat yang tepat, yaitu pada pagi hari sekitar pukul 06.00 atau sore hari sekitar pukul 17.00. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara disemprotkan memakai sprayer ke seluruh bagian tanaman, terutama bagian bawah permukaan daun. Hal ini disebabkan pada bagian bawah permukaan daun terdapat stomata (mulut daun) sebagai tempat masuknya pupuk cair tersebut.cara melakukan pemupukan bunga anggrek

Artikel terkait

Pemberian pupuk majemuk, sperti Gaviota, pokon, Greenzit, Hyponex, Gandasil, dan Byfolan yang telah dilarutkan sesuai dengan dosis anjuran dilakukan dua kali seminggu. Pemberian pupuk NPK dalam benrtuk granula yang lambat larut diberikan sebagai tambahansetiap tiga bulan sekali atau sesuai dengan anjuran. Pemberian pupuk granula dilakukan dengan meletakkannya di atas media tumbuhnya.

Setelah anggrek Cattleya  selesai berbunga dan tangkai bunga telah dipotong, dilakukan pemupukan dengan pupuk majemuk kembali. Jenis pupuk majemuk yang diberikan mempunyai perbandingan unsur N lebih tinggi dibandingkan P dan K.

Pemupukan diberikan setiap dua kali seminggu dengan dosis 0,2% atau sesuai dosis anjuran. Pemupukan dilakukan sampai tanaman mengeluarkan tunas anakan. Setelah tunas anakan menjadi tunaas muda, tanaman diberi pupuk majemuk dengan perbandingan N,P, dan K yang sama. Pemupukan dilakukan sampai tanaman menjadi remaja dan dewasa.

Setelah cukup dewasa, tanaman dipupuk dengan pupuk majemuk dengan perbandingan unsur P lebih tinggi dari N dan K. Pemupukan diberikan setiap dua kali seminggu dengan dosis 0,2% atau sesuai dosis anjuran. Demikian siklus pemupukan dilakukan.

loading...
Cara Melakukan Pemupukan Bunga Anggrek | Penulis | 4.5