Cara Melakukan Penyuburan Dan Perangsangan Bunga Euphorbia

Euphorbia membutuhkan unsur hara untuk tumbuh dan berbunga. Oleh karena itu, dibutuhkan tambahan berupa pupuk. Pemberian pupuk harus rutin dan tepat dosisnya. Pemberian pupuk yang berlebihan dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu. Sebaliknya, pemberian yang terlalu sedikit membuat tanaman merana, bahkan mati.

Ragam bentuk pupuk bermacam-macam seperti butiran, granula, cair, dan lain-lain. Namun, untuk euphorbi, pupuk yang digunakan sebaiknya berupa pupuk cair karena residu yang tertinggal di tanah dan tanaman sedikit. Selain itu, penggunaan pupuk cair lebih hemat dibandingkan dengan pupuk bentuk lain.images (11)

pemupukan setelah tanaman berumur dua minggu

Baca Juga:

Selama dua minggu setelah penanaman, tanaman hanya disiram dan tidak diberi pupuk. Hal ini dikarenakan pertumbuhan akar tanaman belum normal sehingga belum bisa menyerap nutrisi dengan baik. Setelah dua minggu penanaman, tanaman diberi pupuk NPK dengan perbandingan 20:20:20. Dosis yang diberikan adalah 1 g per liter untuk setiap tanaman.

Artikel terkait

Formula pupuk tersebut dianggap paling tepat karena kandungan kalium dan fosfornya cukup memadai untuk pertumbuhan tanaman. Aplikasi pupuk dilakukan seminggu sekali dengan cara memasukkannya ke dalam media tanam.

pupuk daun untuk merangsang peracabangan

Penyemprotan dengan pupuk daun Gandasil dilakukan seminggu sekali untuk merangsang percabangan dan pertumbuhan daun. Dosis yang digunakan adalah 1 sendok teh yang dilarutkan dalam 5 liter air.

Umumnya, pada minggu pertama masa penyuburan, tunas bakal cabang dan daun tumbuh subur. Seminggu kemudian, bakal calon bunga mulai terlihat muncul di batang. Namun, pembungaan sebaiknya ditunda dahulu dengan cara membuang semua tunas bunga.

Penundaan ini bertujuan membentuk tajuk yang lebih rimbun dan kompak. Seminggu kemudian, tunas-tunas baru akan terbentuk. Idealnya, masa penyuburan berlangsung hingga 1,5 bulan.

Pemeliharaan euphorbia dapat dibagi menjadi dua tahap, yaitu penyuburan dan pembungaan. Disebut fase penyuburan bila pertumbuhan vegetatif lebih dominan dibandingkan dengan fase generatif. Fase penyuburan dicirikan dengan tumbuhnya anakan, percabangan, dan daun.

Ketika tanaman diletakkan di tempat teduh dengn intensitas cahaya matahari 50%, fase penyuburan telah dimulai. Penyimpanan dalam naungan akan merangsang fase vegetatif. Bila naungan lebih dari 50% maka daun muda rontok karena terlalu teduh.

loading...
Cara Melakukan Penyuburan Dan Perangsangan Bunga Euphorbia | Penulis | 4.5