Cara Melebatkan Bunga Euphorbia Dengan Cepat

Bunga euphorbia dapat dilebatkan. Bila sifat dan karakternya telah diketahui, perawatannya pun relatif mudah. Kuncinya, lingkungan tumbuh sesuai yang dibutuhkannya. Misalnya, mengatur kebutuhan sinar matahari dan sirkulasi udara baik. Penyiraman dan pemupukan secara teratur perlu diperhatikan agar tanaman tumbuh subur.

Euphorbia mampu bertahan hidup di lokasi panas dan dapat juga berbunga di daerah dingin. Namun, lingkungan kering, tanah porous, dan berpori sangat disukainya. Sebaliknya, tanah lengket dan tergenang membuat hidup tanaman merana, bahkan sering terserang busuk batang.images (12)

Keluarga sukulen ini cocok bila ditanam di daerah bersuhu tinggi. Euphorbia sangat menyukai sinar matahari langsung dan penuh. Idealnya, tanaman tumbuh di daerah berketinggian 0-1.200 m dpl, bersuhu 21-27 derajat Celcius, dan curah hujan 2.500-3.000 mm/tahun.

Baca Juga:

Dengan begitu, tanaman ini dapat ditanamn di kota-kota besar di Indonesia yang umumnya dataran rendah dan panas seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Meskipun begitu, bukan berarti menanam euphorbia tanpa masalah. Buktinya, pedagang tanaman hias di daerah Senayan, Jakarta Selatan, mengeluhkan euphorbia yang sulit berbunga kompak. Mereka menduga bahwa populasi udara membuat tanaman malas berbunga lebat.

Jadi, meskipun lokasi penanaman cocok, belum tentu euphorbia berbunga lebat. Hobiis perlu mempertimbangkan faktor lain yang berpengaruh terhadap tanaman seperti cahaya dan ketersediaan unsur hara.

Masa pembungaan euphorbia dapat dirangsang dengan penyinaran penuh. Cara ini dapat dilakukan dengan memindahkan seluruh pot euphorbia yang terlindungi pohon ke halaman terbuka dengn sinar matahari penuh.

Hasilnya sangat menakjubkan. Setelah seminggu dipindahkan, kuntum bakal bunga terlihat mulai bermunculan. Sebulan kemudian, bunga yang kompak terlihat mulai berkompetisi dengan daun di setiap percabangan.

Dengan sinar matahari 100%, lama kelamaan kelebatan daun tertutup oleh dompolan bunga. Perlakukan tersebut dapat berlangsung selama berbulan-bulan, tergantung selera pemilik.

Untuk merangsang euphorbia agar berbunga lebat, pemberian pupuk harus intensif. Aplikasi pemupukan menggunakan campuran Growmunune, Hiponex biru, dan Merical Grow dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Pemupukan dilakukan seminggu sekali selama tiga minggu berturut-turut.

loading...
Cara Melebatkan Bunga Euphorbia Dengan Cepat | Penulis | 4.5