Cara Membentuk Agar Akar Bunga Adenium Mencengkeram

Cara membentuk Akar bunga Adenium bisa membesar dan mencengkeram seperti bonsai. Agar akar bunga adenium melebar dan mencengkeram, akar pengganggu harus dipotong. Meski bentuk bonggol bunga adenium  sudah bagus, tetapi jika posisi salah satu akar menjepit akar lainnya maka harus diperbaiki.

Agar akar yang muncul rapi dan mencengkeram, di bawah pangkal batang diganjal dengan bantalan styrofoam. Usahakan ukuran styrofoam yang digunakan sama dengan luas permukaan batang. Jangan menggunakan styrofoam yang terlalu tebal karena dapat menghambat akar untuk mengambil nutrisi. Idealnya, tebal styrofoam yang digunakan 1-2 cm.

Bantalan styrofoam berfungsi untuk menahan akar sehingga pertumbuhannya ke samping. Dengan begitu, akar akan mudah diatur. Akar yang tumbuh kebawah, perkembangannya lama dan sulit diatur.

Baca Juga:

Styrofoam dipasang dibawah batang saat penanaman. Untuk mencegah styrofoam tidak gampang bergeser dari permukaan batang, bisa diikat ke batang dengan kawat. Jika styrofoam gampang bergeser, dikhawatirkan akar yang ringkih mudah patah.cara membuat akar bunga adenium mencengkeram

Artikel terkait

Itu sebabnya proses pemasangan styrofoam dilakukan hati-hati. Setelah itu, proses penanaman selanjutnya sama seperti penanaman biasanya. Tancapkan batang di tengah-tengah pot, lalu tutupi dengan media. Setelah itu, ikatkan tanaman ke pinggir pot agar tidak mudah bergerak. Jika tanaman bergerak, pertumbuhan akar akan terhambat.

Agar semakin besar

Akar akan membesar seiring dengan pertambahan umur tanaman. Menginjak dewasa, umur 7-9 bulan akar mulai tampak menggembung. Jika akar semakin membesar, segera ganti potnya dengan ukuran yang lebih besar. Dengan begitu, akar bisa tumbuh leluasa. Lakukan pergantian pot atau repotting dengan hati-hati, jangan sampai merusak akar yang sudah terbentuk dengan bagus.

Agar ukuran akar bertambah besar, pendam akar dengan media. Hal itu dilakukan berbarengan saat pergantian pot. Timbun akar sehingga setinggi akar setinggi batang. Untuk itu, sebaiknya digunakan pot tinggi. Jika tidak, bisa ditambahkan pelat disekeliling pot.

Sebaiknya setiap 4-6 bulan dilakukan pergantian pot dan pembongkaran media. Pada saat itu lakukan penyeleksian akar. Pertahankan bentuk akar yang bagus, sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Singkirkan akar yang jelek atau pertumbuhannya menyimpang supaya bentuknya bagus. Selain itu, atur akar sehingga tidak saling berkait. Dengan begitu, ketika tanaman berumur 2 tahun, bentuk akar akan sempurna, besar, kokoh, dan mencengkeram.

loading...
Cara Membentuk Agar Akar Bunga Adenium Mencengkeram | Penulis | 4.5