Cara Membuat Batang Tanaman Nolina Unik

Tanaman hias Nolina Ini mempunyai sosok unik dan khas, pangkal batangnya menggembung mirip umbi.bagaimana cara membuat batang Tanaman nolina unik dan memiliki harga yang tinggi.sedangkan ujung batangnya ditumbuhi daun berbentuk pita lancip yang panjang, tampak berurai seperti ujung ekor kuda. Itulah sebabnya tanaman asal Meksiko ini beken dengan sebutan pony tail.

Umbi nolina sebenarnya berada di dalam tanah, tetapi untuk menampilkan keunikannya maka umbi ini disembulkan sebagian (separo) di atas tanah. Jika umbi semakin besar, penampilan nolina akan semakin menarik.

Bentuknya yang unik membuat tanaman ini banyak digemari, apalagi tanaman ini termasuk bandel. Perawatannya mudah, tidak menuntut penanganan yang rumit dan tahan kekeringan. Sosoknya yang khas itu ternyata tahan disimpan dalam ruangan selama satu bulan, termasuk ruangan yang berpendingin (ber-AC), asalkan masih ada pantulan cahaya matahari yang masuk.unduhan (4)

Baca Juga:

Nolina bisa tahan lama di tempat yang minim, lantaran batangnya yang menggembung ini dapat berfungsi sebagai penyimpan air. Begitu juga daunnya yang sempit dan kaku, berfungsi mengurangi penguapan air sehingga dapat mengatasi kondisi yang sulit, seperti kekeringan atau dinginnya udara di ruang ber-AC.

Sebenarnya, sosok nolina telah menarik perhatian karena bagian bawahnya menggembung. Bagian bawah ini sebenarnya berada di bawah tanah karena merupakan bagian akar. Namun, karena bagian ini dapat membuat penampilan nolina menjadi menarik maka pada saat menanam nolina, penimbunan media hanya sampai setengah dari pangkal akar yang menggembung. Dengan demikian, setengah dari bagian yang menggembung berada di atas tanah.

Ternyata nolina yang telah berpenampilan menarik masih membuat orang kurang puas melihatnya. Tanaman nolina yang berbatang tunggal direkayasa sehingga dapat bercabang. Dengan rekayasa ini, nolina sekarang dapat tampil dengan dua atau tiga cabang. Penampilan barunya, nolina semakin menarik dan tentunya mempunyai daya jual yang lebih tinggi.

Membuat Batang Nolina Bercabang

Secara alami, tanaman nolina tidak menghasilkan cabang, tetapi cabang itu bisa dibuat. Dengan demikian, ada nolina yang bercabang dua atau tiga. Nolina bercabang mudah dibuat. Caranya dengan memotong pangkal batang, memotong batang, atau dengan menggabungkan dua umbi.

1. Pangkal batang dipotong

Nolina yang mempunyai pangkal batang sebesar bola tenis dipotong tepat di pangkal leher/batangnya dengan pisau yang tajam dan steril. Dua sampai tiga bulan kemudian, di sekitar bagian yang dipotong itu muncul tunas yang jumlahnya banyak. Karena tunas dipotong itu muncul tidak beraturan dan jumlahnya banyak maka cukup dipilih 2-3 tunas yang baik, sehat, dan mempunyai nilai estetika yang tinggi untuk dipelihara hingga besar. Tunas-tunas yang tidak dipilih sebaiknya dipotong dan dibuang.

2. Batang dipotong

Cabang nolina juga bisa dibentuk pada batangnya yang tegak. Nantinya, cabang yang terbentuk bukan berasal dari pangkal batang, melainkan dari batangnya. Penampilannya menjadi seperti ini: satu batang keluar dari umbi, baru di atasnya terdapat cabang. Untuk merangsang munculnya percabangan itu batang dipotong setinggi 15-20 cm dari pangkal batang/leher. Sekitar dua bulan kemudian akan muncul cabang yang pertumbuhannya baik dan letaknya bagus. Sisa cabang yang tidak diharapkan dipotong dan dibuang.

3. Dua umbi digabungkan

Artikel terkait

Cara lain untuk mendapatkan cabang yaitu dengan menggabungkan dua umbi. Dengan cara ini, akan diperoleh nolina bercabang yang lebih cepat. Cara ini membutuhkan dua tanaman nolina. Kedua umbi nolina dipotong, tetapi jangan sampai batangnya juga terpotong. Potongan kedua umbi tersebut harus sama, dalam arit bila kedua umbi digabung tidak ada bidang potongan yang tersisa. Kemudian, kedua umbi digabungkan dan diikat agar tidak goyah.

Setelah itu, umbi yang telah digabung itu ditanam dalam media berupa campuran tanah, humus kasar, dan pupuk kandang halus dengan dosis 1:2:1. Penanaman umbi ini sama halnya dengan menanam nolina berbatang tunggal, yaitu umbinya harus kelihatan separuh di atas tanah karena bagian ini yang memang harus ditampilkan. Apabila umbi telah menyatu dan nolina dapat tumbuh dengan baik maka ikatan dapat dilepaskan. Dengan demikian, telah diperoleh nolina bercabang dengan cepat.

Membuat Batang Nolina Meliuk-liuk

Selain dengan membuat batangnya bercabang, daya tarik nolina masih dapat ditingkatkan dengan cara meliuk-liukan batangnya. Untuk membuat batang nolina seperti itu tidaklah sulit, tetapi memang membutuhkan kesabaran. Cara meliukkan batang nolina ada dua cara yaitu dengan mengarahkan pertumbuhannya atau memberinya kawat.

1. Mengarahkan pertumbuhan batang

Dasar dari perlakuan ini adalah pertumbuhan batang nolina yang selalu mencari sinar (ke arah datangnya sinar matahari). Dengan prinsip ini, tanaman nolina dijungkirbalikkan sehingga arah pertumbuhan batangnya akan berbelok. Tahap pengerjaannya sebagai berikut.

  • Nolina yang tumbuh tegak, dimiringkan. Biarkan beberapa waktu hingga tampak ada pertumbuhan batang.
  • Setelah kira-kira 3 cm ada batang yang melengkung, tanaman ditegakkan lagi dan dibiarkan beberapa waktu. Bila menginginkan batang meliuk lagi, perlakuan tersebut diulang lagi. Demikian seterusnya hingga terbentuk sosok tanaman yang diharapkan.unduhan (5)

2. Melilitkan kawat

Teknik ini banyak digunakan dalam membentuk tanaman bonsai. Jadi, kawat digunakan untuk mengarahkan batang tanaman. Cara ini dapat ditempuh sebagai alternatif jika cara pertama dianggap terlalu lama. Sebelum tanaman dililit dengan kawat, batang tanaman dibuat kecil dahulu. Caranya dengan mengurangi penyiraman. Hal ini dilakukan kira-kira 1 bulan. Setelah batang tanaman kecilm dilakukan langkah sebagai berikut.

  • Batang tanaman dililit dengan kawat dengan lilitan yang rapat.
  • Secara rutin batang yang terlilit dilengkungkan perlahan. Bila hal ini dilakukan setiap hari, batang akan melengkung dengan cepat. Namun ingat, jangan memaksakan pembengkokan dengan kuat karena batang nolina dapat patah.

Merawat Nolina

Agar nolina dapat tampil utuh sebaiknya digunakan pot yang mempunyai tangkai. Namun, bila pot yang digunakan tidak bertangkai maka pot tersebut sebaiknya diletakkan di tempat yang agak tinggi. Hal ini dilakukan agar daun-daun nolina yang tumbuh menjuntai tidak sampai menyentuh tanah.

Pada saat proses pembuatan cabang, sebaiknya nolina tidak diletakkan di tempat yang langsung mendapat sinar matahari, melainkan di tempat yang teduh. Penyiraman tetap dilakukan untuk menjaga agar tanaman tidak kekeringan. Namun, perlu diperhatikan bahwa penyiramana tanaman sebaiknya tidak sampai membuat media basah sekali atau tergenang karena tanaman ini tidak tahan kondisi yang basah. Umbi yang terus-menerus tergenangi air akan cepat membusuk.

Setelah kreasi nolina tumbuh dengan baik, tanaman dapat diletakkan di halaman atau di teras rumah yang terkena matahari langsung. Nolina juga tak kalah menarik jika diletakkan di dalam ruangan. Penyiraman tanaman ini sama seperti tanaman yang lainnya. Hama dan penyakit jarang menyerang tanaman ini sehingga perawatannya bertambah mudah.

loading...
Cara Membuat Batang Tanaman Nolina Unik | Penulis | 4.5