Cara Membuat Pandan Berakar Gantung

Jenis Dan Cara Membuat Pandan berakar gantung biasanya banyak tumbuh di tepi pantai.Tanaman pandan gantung yang tinggi dan dari batangnya tumbuh akar tungjangnya (akar gantung). Sosok tanaman menjadi tidak menarik bila dibiarkan tumbuh seperti itu. Ternyata tanaman yang tak pernah dilirik ini dapat dihadirkan di dalam rumah dengan penampilan yang unik.

Dengan menanamnya di pot kecil, tanaman pandan beserta akar gantungnya hadir lebih menarik dan memberi kesan seperti tanaman dewasa. Penempatan di atas meja atau bufet akan menajadi pusat pandang orang yang melihatnya.unduhan (7)

Menumbuhkan Akar Gantung

Baca Juga:

Secara alami, tanaman pandan mempunyai akar gantung yang keluar dari batangnya. Biasanya akar itu keluar bila tanaman telah dewasa. Namun, tanaman yang masih muda pun dapat mempunyai akar gantung bila diberi perlakuan.

  1. Pandan ditanam sampai ada bagian batang yang masuk dalam tanah (sekitar 1-2 cm). Beberapa waktu kemudian akan keluar akar dari batang yang ada di atas tanah.
  2. Tanaman ditimbun dengan tanah hingga sebagian batang dan akar gantung yang ada terbenam. Nantinya, akan keluar lagi akarnya dari batang bagian atas. Demikian seterusnya.

Menanam Pandan Berakar Gantung

Setelah jumlah akar gantung dianggap cukup, tanaman siap di tanam dan ditampilkan dalam pot kecil.

Artikel terkait
  1. Siapkan media tanam berupa campuran pasir, tanah, dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 2:1:1. Media dimasukkan ke dalam pot sekitar 1/2 tinggi pot. Sebaiknya digunakan pot ceper seperti pot bonsai agar sesuai dengan penampilan tanaman yang kelihatan dewasa.
  2. Tanaman pandan yang telah berakar gantung diangkat dari pot lama. Media yang berada di sekitar batang dan sekitar akar gantung di bagian atas dibersihkan sehingga terlihat akar gantungnya secara jelas. Tanaman dimasukkan ke dalam pot kemudian ditimbun dengan media hingga di bawah tumbuhnya akar gantung.
  3. Media di sekitar tanaman ditekan-tekan agar tanaman tidak goyah dan kuat berdiri, Bersihkan media yang masih menempel pada batang atau akar gantung di bagian atas dengan kuas atau disemprot air. Perlu diperhatikan, penyemprotan air ini hanya bertujuan membersihkan akar dari tanah sehingga tidak perlu dengan tekanan yang kuat.
  4. Agar penampilan tanaman lebih unik, di atas media tanam diberi lumut. Dengan demikian, tampillah tanaman pandan dewasa yang mungil.

Merawat Pandan

Perawatan pandan yang telah ditanam dalam pot tidaklah sulit. Sesuai dengan habitat aslinya, tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu, seandainya tanaman ini ditempatkan di dalam ruangan sebaiknya dikeluarkan setiap 2 hari. Pandan juga tergolong membutuhkan banyak air sehingga penyiramannya harus cukup. Pemupukan cukup dengan memberikan NPK sebanyak 1/2 sendok setiap 2 bulan sekali.

loading...
Cara Membuat Pandan Berakar Gantung | Penulis | 4.5