Cara Membuat Ragam Warna Bunga Dalam Satu Tanaman (Multicolour)

Biasanya penjual menggunakan teknik saddle grafting untuk menyambung euphorbia. Batang bawah dan atas dibuat sayatan menyerupai huruf V, kemudian keduanya ditempelkan. Teknik ini relatif mudah. Batang bawah yang digunakan adalah euphorbia berukuran besar dengan diameter 4-6 cm.

Euphorbia tersebut kebanyakan berasal dari jenis lokal. Batang besar bermanfaat untuk menopang sambungan. Anggota famili Euphorbiceae lain, seperti Euphorbia neriifolia dapat dimanfaat sebagai batang bawah. Pilih euphorbia suru -sebutan di tanah air- bersosok besar dan berbatang bulat, baik yang berduri maupun tidak.images (5)

Siapkan batang bawah setinggi 6-8 cm dan pangkas semua daunnya.Potong ujung batang setingi 2 cm dan buat sayatan V pada bagian batang yang hendak disambungkan.

Baca Juga:
Artikel terkait

Tempelkan entres sebelum getah mengering. Diameter batang entres sebaiknya lebih kecil daripada batang batang entres sebaiknya lebih kecil daripada batang bawah supaya serasi.

Ikat sambungan dengan tali rafia atau plastik. Gunakan duri pada batang atas dan bawah untuk mengaitkan tali. Bila menggunakan E. neriifolia tanpa duri, tali dapat dikaitkan pada mata tunas. Saat pengikatan, usahakan agar posisi tempelan tidak bergeser.

Tempelan yang bergeser membuat jaringan xylem dan phloem pada kedua batang tidak menyatu. Padahal jaringan tersebut yang akan menjadi penyatunya. Setelah 2 minggu, kedua batang bersatu.

Cirinya, batang tidak bergoyang saat dipegang dan tumbuh tunas. Ikatan dapat dibuka dua bulan kemudian setelah bekas sambungan terlihat menggembung.

loading...
Cara Membuat Ragam Warna Bunga Dalam Satu Tanaman (Multicolour) | Penulis | 4.5