Cara Membuat Tanaman Unik Dari Bambu Emerald

Tanaman Bambu emerald sebenarnya sudah tidak asing bagi masyarakat. cara membuat tanaman unik dari bambu emerald sangat mudah.Tanaman bambu emerld ini mudah ditemukan, bahkan ada yang masih tumbuh liar. Beberapa pecinta tanaman hias menanamnya dalam pot dengan media tanah untuk menghiasi ruangan ada pula yang telah menanamnya dengan media air.

Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Dracaena sanderiana ini bertambah populer setelah penangkar tanaman hias asal Taiwan menampilkan kreasinya, misalnya disusun seperti tugu atau dililit-lilitkan. Selain itu, tanaman ini juga dipercaya dapat menolak bala bila tanaman di halaman dan membawa keberuntungan bagi penghuni rumah bila diletakkan dalam ruangan.

Dracaena sanderiana ini sekarang populer dengan nama bambu emerald (permata) atau bambu rejeki. Walaupun namanya memakai bambu, tetapi tanaman ini tidak termasuk keluarga bambu. Tanaman asal Kamerun dan Zaire di benua Afrika ini masih kerabat Liliaceae atau lili-lilian. Sepintas D. sanderiana memang mirip tanaman bambu dalam hal sosok daun maupun batangnya.unduhan (1)

Baca Juga:

Bila pelepah daunnya dikelupas akan terlihat batang yang penampangnya mirip batang bambu, berbentuk silinder, lurus, dan mempunyai ruas dengan jarak yang sama serta warna putih cerah bergradasi hijau di dekat ruasnya.

Dracaena sanderiana ada beberapa macam, yang sering disebut bambu emerald atau bambu rejeki adalah D. sanderiana ‘Virescense’ yang mempunyai arti “hijau”. Ciri tanaman ini seperti yang telah diuraikan diatas. Sebenarnya spesies asli D. sanderiana tidak berwarna hijau, melainkan hijau bergaris putih. Warna putih tersebut membujur di sepanjang tepi daun, sementara bagian tengah daun memiliki warna hijau lebih gelap serta mengilap.

Di belahan dunia bagian barat, dracaena lebih dikenal dengan sebutan ribbon plant atau tanaman pita karena warna dan bentuk daunnya seperti pita. Batang tanaman ini juga berwarna putih dan dapat dirangkai seperti bambu emerald.

Cara Membuat Kreasi Tugu

Dracaena termasuk tanaman yang mudah tumbuh, sekalipun di media yang mengandung unsur hara sedikit. Bahkan, dengan media air pun, tanaman ini dapat tumbuh. Sifat ini sangat mendukung pembuatan kreasi tanaman Dracaena. Sebagai contoh, kreasi yang paling mudah adalah lingkaran bersusun yang bentuknya menyerupai tugu.images (9)

Kreasi tugu dari bambu emerald tidak terlalu sulit dibuat. Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut.

Artikel terkait
  1. Pilih batang tanaman yang lurus dan mempunyai diameter sama besar dengan pangkal batangnya (sekitar 1,5 cm). Batang itu dipotong sehingga terpisah dari tanamannya.
  2. Kupas pelepah daun dari batangnya hingga bersih tanpa sisa, terutama di bagian ruasnya.
  3. Potong batang yang berdiameter sama dengan panjang yang sama. Batang berdiameter kecil sebaiknya dipotong lebih panjang untuk ditempatkan pada bagian tengah lingkaran. Setelah itu, batang tersebut dikeringanginkan selama beberapa saat (2-3 jam).
  4. Letakkan paralon (4a) atau satu batang yang terpanjang (4b) di tengah kemudian dikelilingi dengan batang yang lebih pendek, demikian seterusnya hingga diperoleh beberapa tingkatan sesuai dengan selera (misalnya 2,3, atau 4 tingkat). Perlu diperhatikan bahwa tinggi batang dalam setiap lingkaran harus sama. Demikian juga letak buku batang, harus sejajar satu sama lain.
  5. Ikat bagian atas dan bawah kreasi tanaman tersebut dengan kawat agar tidak goyah. Lebih menarik lagi bila pada bagian atas diikat dengan pita kawat berwarna mencolok, seperti merah atau kuning.
  6. Batang yang tidak sama panjang pada bagian bawah dipotong sehingga rata.
  7. Agar lebih menarik, kreasi bambu emerald ini dimasukkan dalam pot kecil (pot yang terbuat dari kaca bening juga dapat digunakan). Setela ihtu, pot diisi dengan air bersih/steril.
  8. Sebagian hiasan, dimasukkan batu-batuan, seperti zeolir dan marmer ke dalam pot. Selain sebagai hiasan, batuan tersebut juga berfungsi sebagai penyangga susunan tanaman agar tidak mudah goyah.

Setelah bambu emerald terangkai, kadangkala bagian atas potongan batang ditetesi lilin. Tujuannya agar batang tidak membusuk atau terkena jamur. Perlakuan ini tidaklah mutlak karena dengan perawatan yang baik, rangkaian bambu emerald dapat tumbuh semuanya. Rangkaian baru tersebut sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh.

Media Air Harus Tetap Dikontrol

Setelah 1-2 bulan, rangkaian bambu emerald mulai tumbuh tunas-tunasnya. Pertumbuhan tunas biasanya tidak bersamaan. Walaupun demikian, selang waktu tumbuhnya tetap berdekatan sehingga tinggi tunas pun tidak berbeda jauh.

Dalam pertumbuhannya, tanaman tersebut mengisap air sehingga media air pun dapat berkuran, bahkan habis bila tidak sering dikontrol dan ditambah air. Air yang ditambahkan sebaiknya berupa air bersih yang telah dimasak/steril.

Tanaman Dracaena tergolong tidak rewel. sebenarnya tanpa dipupuk pun tanaman telah dapat tumbuh. Namun, alangkah baiknya pemupukan tetap dilakukan agar batang tanaman tidak mengecil karena cadangan makanan terus digunakan untuk pertumbuhan.

Pupuk yang diberikan pada saat penanaman berupa pupuk slow release, misalnya Dekastar, Dekaform, Osmocote. Sebagai alternatif, pupuk Slow release juga dapat diganti dengan Gandasil hijau, Hiponex merah atau Cultisol. Pemberiannya dengan cara disemprotkan ke permukaan daun atau dicampurkan dalam larutan pada saat penambahan air.

loading...
Cara Membuat Tanaman Unik Dari Bambu Emerald | Penulis | 4.5