Cara Menanam Anggrek Agar Cepat Berbunga

Cara menanam anggrek agar cepat berbunga.Di alam, anggrek tumbuh dan hidup menumpang di dahan atau cabang pohon besar yang rindang. Selain itu, ada pula yang tumbuh di permukaan tanah dan semak-semak berhumus. Pola hidup seperti itu harus pula diterapkan saat menanam anggrek di halaman.

Oleh karena itu, penting calon penganggrek mengetahui cara tumbuh tanaman itu di alam. Minimal, dapat membedakan pola pertumbuhan monopodial atau simpodial, atau mengetahui cara tumbuh epifit, terestrial, atau saprofit.

Anggrek tipe simpodial dikenali karena hidup bergerombol dalam bentuk rumpun. Tidak ada batang utama. Pertumbuhan satu individu berhenti setelah mencapai batas tertentu, lalu di pangkal batang keluar tunas anakan baru.

Baca Juga:

Setelah dewasa, muncul bunga drai ujung batang semu atau pseudobulb. Contohnya Cattleya sp. dan Dendrobium sp. Ada pula anggrek simpodial yang bunganya muncul dari sisi pseudobulb dewasa, contohnya Oncidium sp.Cara Menanam Anggrek Agar Cepat Berbunga

Bunga berikut nya muncul setelah terbentuk anakan atau tunas baru. Pseudobulb yang telah mengeluarkan tangkai bunga tidak akan berbunga kembali, kecuali jenis Dendrobium sp. Namun demikian, pseudobulb tersebut masih dapat berfungsi sebagai cadangan makanan untuk pertumbuhan dan perkembangan tunas baru. Oleh karena itu, pseudobulb tersebut jangan di potong atau dibuang selama masih padat berisi.

Anggrek tipe monopodial dicirikan oleh adanya titik tumbuh di ujung batang. Individu itu kemudian tumbuh lurus ke atas tanpa terbatas. Tangkai bunga keluar dari sisi-sisi batang di antara dua ketiak daun. Contoh anggrek tipe monopodial antara lain Arachnis, Aranthera, Phalaenopsis, Renanthera, dan Vanda.

Anggrek Epifit

Anggrek ini tumbuh menumpang di batang, cabang pohon atau bahan lain tanpa merugikan tanaman inangnya. Karena terbiasa di bawah naungan, anggrek ini tidak tahan terkena sinar matahari terik dan membutuhkan naungan dengan persentrase tertentu, tergantung jenis.

Kisarannya antara 25-75%. Contoh anggrek epifit, Cattleya sp., Cymbidium sp., Dendrobium sp., Oncidium sp., dan Phalaenopsis sp., serta Vanda daun lebar alias Vanda daun. Contohnya, Vanda tricolor, Vanda sumatrana, dan Vanda coerulea.

Artikel terkait

Untuk menanam anggrek epifit digunakan media berupa pakis, moss, sabut kelapa, arang, dan kulit kayu atau sejenisnya. Biasa digunakan satu jenis atau lebih, tergantung kondisi lingkungan setempat. Sebagai wadah, dapat dipilih pot berbahan plastik, tanah, atau kayu berbentuk persegi.

Bila ingin tampil beda dan menarik, tempel atau letakkan di lempengan pakis, batang pohon, atau pohon buatan dari bambu, besi, atau kayu mati.

Ada dua cara penanaman anggrek epifit, yaitu di pot dan di pohon.

1. Penanaman di pot

  • Sebelum di tanami, dasar pot diisi pecahan batu bata atau genting kurang lebih sepertiga dari tinggi pot.
  • Pot diisi dengan media tumbuh sepertiga bagian.
  • Tanaman anggrek dengan posisi pseudobulb paling muda diarahkan ke tengah pot. Dengan demikian, pertumbuhan anakan berikutnya akan mengisi permukaan bagian tengah pot.
  • Berikan tiang kawat untuk menompang batang tetap tegak.
  • Tutupi akar dengan sedikit media. Pemberian atau penutupan jangan sampai menutupi pangkal pseudobulb karena dapat menyebabkan busuk akar atau busuk tunas anakan.

2. Penanaman di pohon

  • Batang semu ditempelkan atau diletaklkan di lempengan pakis atau batang pohon atau sejenisnya.
  • Akar kemudian di tutup dengan sedikit media seperti moss atau sabut kelapa.
  • Agar melekat erat, ikat dengan tali rafia atau sejenisnya.
  • Bila akar-akar baru sudah banyak terbentuk dan melekat kuat ke batang atau benda yang ditumpangi, tali-tali pengikat tersebut bisa dilepaskan.

Tanaman yang sudah di tanam diletakkan di satu tempat tertentu, tergantung jenis anggreknya.

  • Untuk tanaman di pot plastik atau tanah sebaiknya diletakkan di atas rak-rak atau digantung. Di atas rak, diberi jaring penaung dengan persentase yang sesuai dengan kebutuhan dari jenis anggrek. Cattleya membutuhkan naungan dengan penerimaan cahaya matahari sekitar 25-45%; Dendrobium 55-65%; Oncidium 55-75%; Phalaenopsis 25-35%; dan Vanda daun 65-75%. Bila jumlah anggrek hanya sedikit, penenmpatannya dapat digantung atau ditempel di bawah pohon yang rindang, seperti pohon asam atau sejenisnya.
  • Pot anggrek yang terbuat dari potongan kayu umumnya terbentuk persegi empat. Wadah itu banyak di pakai untuk menanam Vanda daun dan diletakkan dengan cara digantung. Untuk pot kayu, media yang lazim digunakan yaitu arang. Oleh karena media tidak mengikat air sehingga penganggrek perlu melakukan penyiraman lebih sering dibandingklan dengan di pot tanah atau plastik. Selain itu, tanaman ini perlu diletakkan di tempat yang ternaungi.
loading...
Cara Menanam Anggrek Agar Cepat Berbunga | Penulis | 4.5