Cara Menanam Anggrek Terestrial Dan Saprovit

Cara menanam anggrek Terestrial dan saprovit.Anggrek terestrial yaitu anggrek yang tumbuh di atas permukaan tanah. Ada yang membutuhkan sinar matahari penuh dan ada yang perlu sedikit naungan. Anggrek yang membutuhkan cahaya matahari langsung atau penuh (100%) misalnya Arachnis, Renanthera, Aranthera, dan Vanda teret (berdaun pensil) seperti Vanda teres dan Vanda hookerianan.

Meski tumbuh dipermukaan tanah, tetapi anggrek tersebut jangan ditanam langsung di tanah. Anggrek ini masih membutuhkan media lain seperti serutan kayu, sabut kelapa, atau sejenisnya. Media itu masih dicampur lagi dengan kompos bambu atau sejenisnya. Media itu masih di campur lagi dengan kompos bambu atau sejenisnya dan pupuk kandang yang sudah matang.Cara Menanam Anggrek Terestrial Dan Saprovit

Anggrek terestrial umumnya ditanam dengan sistem bedengan, walaupun dapat pula ditanam dalam wadah pot tanah atau sejenisnya. Cara penanaman sebagai berikut.

Baca Juga:

1. Penanaman di bedengan

  • Mula-mula buat bedengan yang tepinya diberi batu-bata atau genting agar media tumbuh tidak keluar.
  • Di dasar bedengan tersebut diisi pecahan batu-bata atau pecahan genting hingga sepertiga bagian dari tinggi bedengan. Di atasanya diisi serutan kayu atau sabut kelapa atau sejenisnya juga sepertiga bagian. Di atasnya lagi diberi campuran kompos, humus daun bambu atau sejenisnya, dan pupuk kandang. Lalu, beri pupuk buatan NPK 0,1-0,2%.
  • Karena sifat pertumbuhan anggrek monopodial cenderung ke atas tanpa batas maka diperlukan penyangga yang diletakkan berdiri dan membujur. Bahan penyangga bisa dari kayu, bambu, besi atau sejenisnya.
  • Bila sarana tempat penanaman telah siap, tanaman anggrek dapat langsung di tanam. Ikat tanaman dengan tali rafia ke penyangga.

Jenis anggrek yang ditanam di bedengan biasanya dari kelompok monopodial yang bersifat  terrestrial. Contohnya Vanda teres, Vanda hookeriana, Vanda Miss Joaquim, Vanda Genta Bndung, dan Vanda berdaun pensil lainnya; Aranthera  James Storie; serta Aranda Christine.

Artikel terkait

Penanaman di pot

  • Cara penanamannya sama dengan tipe simpodial. Dibagian dasar pot diisi pecahan batu-bata atau genting hingga sepertiga dari pot. Di atasnya diisi dengan sabut kelapa, arang, pakis atau sejenisnya setinggi sepertiga bagian lagi.
  • Bila pot hanya ditanami satu tanaman, letakkan tepat di tengahnya.
  • Bila ditanami dua varietas atau kultivar yang sama, maka letakkan batang agak ke pinggir pot dengan posisi berbaris.

Penanaman dalam pot ini biasanya dilakukan untuk anggrek monopodial yang bersifat epifit. Contohnya Phalaenopsis sp. atau Vanda berdaun lebar (Vanda daun) seperti Vanda Sumatrana, Vanda coerulea, Ascocenda Yip Sum Wah, Vanda Gordon Dillon, dan Vanda Madane Rattana.

Anggrek saprofit

Anggrek saprofit biasanya tumbuh di semak-semak yang mengandung humus atau daun-daun kering yang telah menjadi senyawa organik. Anggrek saprofit pada umumnya membutuhjab naungan, misalnya Arindina, Goodyera, Haemaria, Macodes, Spathoglottis, Calanthe, dan Phaius.

Anggrek ini lazim ditanam atau di pot. Pemanfaatan ini tergantung penampilan fisik tanaman secara keseluruhan. Tanaman dapat ditanam di tanah dengan media yang mengandung humus atau kompos. Selain itu, dapat pula digunakan media cacahan campuran sabut kelapa, serutan atau serpihan kayu, humus daun bambu, sekam bakar, kaliandra atau media tumbuh yang telah dimodifikasi.

loading...
Cara Menanam Anggrek Terestrial Dan Saprovit | Penulis | 4.5