Cara Menanam Belimbing Dalam Sebuah Pot

Menanam tabulampot belimbing manis ternyata tidak sulit. Tabulampot belimbing manis bahkan mampu berbuah lebat terus-menerus sepanjang tahun. Selain itu, profil tanaman belimbing yang dekoratif dengan buahnya yang bergelantungan akan mempesona setiap mata yang memandang. Persiapan dan penanaman Belimbing:

Pot

Pot untuk belimbing manis bisa berupa drum bekas yang diameter nya 30-60 cm dengan kedalaman 30-40 cm. Tambahkan penyangga agar pot tidak langsung menempel di tanah. Dengan demikian, kelebihan air dalam media tanam dapat mengalir lebih lancar.unduhan

Baca Juga:

Media Tanam

Artikel terkait

Media tanam untuk tabulampot belimbing sebaiknya ringan, dapat menyimpan air, porous, gembur, dan bebas dari bibit hama penyakit. Media tanam yang lazim digunakan adalah campuran tanah subur, pupuk kandang, dan pasir (1:1:1) atau campuran tanah subur, sekam, dan humus bambu (1:1:1). Ada juga yang menggunakan campuran tanah subur dan pupuk organik super TW plus (6:).

Cara Bertanam

Prinsip penanaman belimbing dalam pot tidak jauh beda dengan tabulampot lainnya. Berikut tahapannya.

  1. Masukkan selapis pecahan bata merah atau genting di bagian dasar pot.
  2. Masukkan media tanam hingga setengah pot.
  3. Keluarkan bibit dari polibag secara hati-hati. Potong sebagian akar-akar yang berlebihan, lalu tanamkan bibit tersebut tepat ditengah-tengah pot dengan posisi tegak.
  4. Tambahkan media tanam hingga hampir penuh, lalu padatkan bagian pangkal batang. Jangan lupa, sesegera mungkin siram sampai lembab.
  5. Letakkan tabulampot di tempat teduh dan aman selama 4-6 minggu.
  6. Setelah beradaptasi, tabulampot dapat dipindahkan ke tempat yang terbuka dan mendapat sinar matahari, terutama pada pagi hari.
loading...
Cara Menanam Belimbing Dalam Sebuah Pot | Penulis | 4.5