Cara Menanam Bunga Kaktus Di Pot

Cara Menanam Bunga Kaktus di Pot.Penampilan Bunga kaktus semakin menawan bila ditanam dipot yang cantik. Berbagai bentuk dan bahan pot dijual ditoko-toko tanaman hias. Hal yang mesti diperhatikan adalah keserasian dan keseimbangan pot dengan tanaman. Besar-kecilnya pot tergantung ukuran dan umur tanaman.

Ketidak seimbangan pot dan tanaman akan menyebabkan jumlah media tanam tidak sesuai dengan kebutuhan akar. Jika pot terlalu besar, media tanam akan berlebihan sehingga mudah basah. Pot yang terlalu besar, media tanam akan berlebihan sehingga mudah basah. Pot yang terlalu besar menyebabkan akar sulit menuju pinggir pot sehingga pertumbuhan tanaman terhambat dan penampilan kurang menarik.

1. Menggunakan pot berlubang

Baca Juga:

Dinding atau bagian bawah pot harus porous, mengalirkan air dengan baik ke dasar. Hal itu membuat pot tidak mudah lembap dan panas. Oleh karenanya pot sebaiknya memiliki lubang pembuangan di dasar pot sehingga media tanam dapat mengalirkan air berlebihan melalui lubang. Media tanam disarankan tidak becek karena dapat menyebabkan tanaman busuk. Lubang pembuangan air pada pot sesuai dengan besar kecilnya ukuran pot. Yang penting pot harus dapat mengalirkan udara agar akar sehat.

2. Memakai bahan yang awet

Pot yang digunakan harus awet dan tidak mudah berlumut. Pot berglasur atau plastik cukup bagus untuk menanam kaktus, asal pembuangan air terjamin sehingga tidak mudah lembap. Pot terbuat dari bahan tanah liat mudah menyerap air sehingga menambah kelembapan media.

3. Menyesuaikan dengan ukuran tanaman

Ukuran pot harus menyeseuaikan dengan besar kecil tanaman. Hal itu untuk mengimbangi perkembangan perakaran. Misalnya, kaktus setinggi 10 cm dapat memakai pot berdiameter 8 cm. Apabila bertambah besar, tanaman perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar. Dengan cara itu, perakaran dan pertumbuhan tanaman dapat berkembang leluasa.cara menanam bunga kaktus di pot

Apabila kaktus berukuran kecil ditanam dipot besar maka media memadat dan cenderung mengumpul dipinggiran pot karena perakaran belum menyebar. Kondisi demikian menyebabkan terhambatnya aliran air dan pertumbuhan. Tanaman kecil yang ditanam di pot besar merupakan pemborosan media dan tempat.

Tips memilih pot

Artikel terkait
  • Dasarnya berlubang
  • Tahan lama dan tidak mudah ditumbuhi lumut
  • Ukurannya harus sesuai dengan ukuran tanaman
  • Bentuk unik dan warna menarik

Penanaman

Penanaman pada pot berdiameter 8 cm biasanya dilakukan pada saat pemindahan bibit atau tanaman muda hasil perbanyakan. Apabila berasal dari setek, bibit harus sudah berumur 1 bulan. Pada umur itu, bibit telah memiliki perakaran yang cukup. Apabila berasal dari biji, umurnya sekitar 2-3 bulan. Media tanam yang dipilih pun sebaiknya sudah disiapkan 1-2 hari sebelumnya penanaman.

Sebelum penanaman dimulai, terlebih dahulu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Ragam peralatan berkebun cukup banyak, tetapi ada beberapa alat saka yang umum digunakan. Berikut peralatan yang bisa dipakai antara lain.

Sekop

Ada beberapa jenis sekop, tetapi pilihlah yang kecil dan berujung tumpul atau membulat. Hal ini agar ujung sekop yang lancip tidak sampai melukai batang kaktus. Bila tidak ada, dapat memanfaatkan sendok makan. Sekop ini digunakan untuk mengambil atau memindahkan media ke dalam pot.

Gunting

Gunting yang digunakan untuk berkebun biasanya berukuran lebih besar dibanding gunting kain atau kertas. Gunting ini dipakai untuk memotong batang kaktus yang bertekstur keras, memangkas bagian tanaman yang sudah terlalu panjang atau tinggi, atau memotong cabang yang tidak diinginkan.

Pisau

Pisau sangat penting bagi hobiis yang gemar memperbanyak tanaman melalui setek atau berkreasi dengan sambung. Oleh karena fungsinya untuk memotong bagian tanaman, sebaiknya pisau berbahan stainless steel yang tajam.

Sprayer

Alat ini digunakan untuk menyemprotkan air saat penyiraman. Kelebihan alat ini dilengkapi nozzle yang bisa diatur tingkat percikan air, mulai dari percikan air kecil seperti kabut hingga besar layaknya hujan. Selain untuk penyiraman, sprayer juga digunakan saat memupuk dan menyemprot pestisida.

1. Menanam dengan benar

Penanaman bibit asal biji, setek, dan sambung sangat mudah. Caranya, isi pot dengan media hingga penuh, lalu buatlah lubang tanam dengan telunjuk jari atau kayu. Tebarkan biji atau tancapkan setek, kemudian tutupi dengan media sampai tanaman tumbuh tegak. Setelah itu, siram dengan air hingga basah dan penuh.

2. Memindah kaktus (repotting)

Apabila mulai besar sebaiknya kaktus dipindahkan ke pot yang lebih besar sesuai dengan ukurannya. Tujuan agar akar mendapatkan air dan makan yang lebih banyak seiring dengan pertumbuhannya. Pemindahan juga dilakukan ketika ingin menata beberapa kaktus dalam satu rangkaian di pot besar.

loading...
Cara Menanam Bunga Kaktus Di Pot | Penulis | 4.5