Cara Menanam dan Merawat Euphorbia Harian

Koleksi euphorbia di rumah tentu diharapkan tumbuh dengan sehat, berbatang kuat, berdaun hijau, serta berbunga lebat dan cantik. Namun, sebaik apa pun perawatannya akan percuma bila kualitas tanaman yang dibeli kurang terjamin. Hasilnya adalah kekecewaan. Sebaliknya, tanaman yang berkualitas baik belum tentu berbunga prima bila tidak dirawat dengan baik.

Tanaman justru akan semakin merana dan cenderung terserang penyakit. Untuk itu, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menanam dan merawat euphorbia adalah pemilihan pot, media tanam, dan cara penanaman.

Kecantikan euphorbia akan semakin bertambah bila ditanam di pot yang cantik. Pot tanaman dari berbagai bentuk dan bahan banyak dijual di pasaran. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan hobiis agar euphorbia tampil menawan dan terjaga kesehatannya.images (4)

Baca Juga:

Gunakan pot berbahan plastik

Untuk bunga delapan dewa, pot yang dipilih sebaiknya berasal dari bahan plastik karena tidak lembap. Pot tanah liat mudah menyerap air sehingga menambah kelembapan media. Pot keramik atau tanah liat dapat digunakan sebagai pot luar agar tanaman tampil cantik dan dapat diganti sesuai selera pemilik.

Artikel terkait

Pot yang dipilih hendaknya memiliki lubang untuk mengeluarkan air yang berlebih saat penyiraman. Bila tidak ada lubang pengeluaran, air dapat menggenang di dalam pot.

Sesuaikan ukuran pot dengan tanaman

Untuk mengimbangi perkembangan perakaran, ukuran pot perlu disesuaikan dengan besar-kecilnya tanaman. Sebagai contoh, pot untuk tanaman setinggi 15-20 cm sebaiknya berdiameter 8 cm. Bila tanaman bertambah besar, penggantian ke pot yang lebih besar (repotting) perlu dilakukan. Dengan cara tersebut, pergerakan akar menjadi lebih leluasa.

Bila euphorbia kecil ditanam dalam pot besar, media akan memadat dan cenderung mengumpul di bagian pinggir pot. Hal tersebut disebabkan oleh perakaran belum menyebar. Kondisi demikian menyebabkan terhambatnya aliran air dan unsur hara.

Selain itu, akan terjadi pemborosan media dan tempat bila menanam tanaman kecil di pot besar. Tanaman pun menjadi sulit dipindahkan karena ukuran pot yang besar dan berat.

Cara peletakan pot

Peletakan pot harus diperhatikan. Sebaiknya pot tidak diletakkan langsung di atas tanah atau lantai karena dapat menghambat aliran air yang akan keluar. Terhambatnya proses pengeluaran air membuat air tergenang dan menyebabkan busuk akar.

Untuk itu, beri penyangga pada pot seperti batu bata, semen, kayu atau gunakan pot yang berkaki.

loading...
Cara Menanam dan Merawat Euphorbia Harian | Penulis | 4.5