Cara Menanam Durian Dalam Sebuah Pot

Durian di dalam pot semula dianggap tidak mungkin. Durian tergolong sulit dibuahkan dalam pot. Sehingga tidak direkomendasikan untuk tabulampot. Bunga sulit muncul apalagi bertahan menjadi buah yang matang. Seringkali bunga hanya bertahan sampai seukuran jempol orang dewasa lalu rontok.

Hal ini mungkin disebabkan karakter perakaran pohon durian yang membesar dan memanjang ke samping. Volume pot yang terbatas jelas membatasi pertumbuhan akar. Ujung-ujungnya, pasokan harga pun terhambat.

Akan tetapi media dengan media dan hara tepat volume yang terbatas tetap mampu mendukung perkembangan buah. Dengan prinsip ini buah durian tabulampot dapat berbuah sebanyak 50 tanaman selam 3 tahun terakhir.images (10)

Baca Juga:

Misalnya monthong umur 4 bulan pascaokulasi dengan daun lebat, segar dan daun hijau dipilih sebagai bakalan tabulampot. Setelah itu, bibit dipindahkan ke polybag besar dan dirawat 4 bulan. Jika pertumbuhan tetap prima, baru dipindahkan kekarung plastik

Media berupa pupuk kandang dan tanah liat dengan perbandingan Tanaman yang masih dalam karung lalu dibenamkanĀ  ke tanah. Caranya dibuat lubang seukuran karung. Bagian dasar tanah diberi pupuk fosfor berupa TSP sebanyak 2 sendok makan atau setara 20 g. Pupuk fosfor dapat mengoptimalkan pertumbuhan akar.

Taburkan pula furadan dengan jumlah serupa untuk mencegah kehadiran potagen tanah. Setelah karung dibenamkan, bagian atas diberi TSP dan furdan dengan dosis sama.

Tanaman perlu dipindahkan ke lahan untuk menggenjot pertumbuhan vegetatif. Disana tanaman dirawat 8-12 bulan dan pupuk 2-3 kali. Pasca perawatan, tanaman diangkat untuk dipindahkan ke dalam drum.

Tanaman dengan bola akar terbungkus karung lalu ditanam di drum. Ruang antara karung dengan dinding drum diisi media utama pupuk kandang dan tanah liat plus jerami. Tujuannya media mudah mengalirkan air dan pori-pori udara cukup. Akar baru dirangsang keluar dari karung dengan menyiramkan perangsang keluar dari karung dengan menyiramkan perangsang akar sebanyak 25 ml per 10 l air.

Perangsang itu disiram setiap hari selama 1 minggu. Dengan perawatan rutin, buah bakal keluar tahun berikutnya.

loading...
Cara Menanam Durian Dalam Sebuah Pot | Penulis | 4.5