Cara Menghasilkan Bibit Bunga kaktus Dari Biji Dan Stek

Untuk dapat memproduksi kaktus sendiri dengan menyemai bijinya. bagaimana menghasilkan bibit bunga kaktus dari biji dan stek??Biji kaktus dapat dibeli ditoko-toko pertanian, tetapi biasanya dalam bentuk mix. Artinya, semua jenis kaktus ada dalam satu bungkus sehingga tidak bisa leluasa memilih jenis yang disukai. Keberhasilan tumbuhnya pun sangat tergantung berkualitas biji, seperti tebal atau tipis dan bernas atau tidak.

Apabila kaktus yang dimiliki sudah besar dan bercabang banyak (rimbun) maka dapat dipotong dan dijadikan bibit. Caranya dengan perbanyakan vegetatif, yakni setek anakan atau batang. Bagi pembibit, teknik ini dipakai untuk memproduksi bibit kaktus dalam skala banyak serta dalam waktu cepat. Keuntungannya, kualitas bibitnya sama dengan induknya.

Bibit dari biji

Baca Juga:

Langkah awal menghasilkan bibit sendiri adalah membeli bibit kaktus di toko tanaman hias. Sebelum ditanam, biji-biji berwarna cokelat kehitaman itu diseleksi terlebih dahulu. Pilihlah biji yang berisi, kulit mengilap, dan warna hitam kecokelatan. Biji yang baik umumnya seminggu sudah tumbuh.

Wadah untuk persemaian, cukup menyediakan nampan atau pot ceper. Dasar wadah dilubangi untuk memudahkan aliran air. Medianya berupa campuran tanah porous, bubuk batu kapur atau batu bata, pasir kasar, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1:1. Media sebaiknya bersih dan terbebas dari  bibit penyakit.

Setelah bibit mulai tumbuh berkembang, lalukan penjarangan dengan cara memindah bibit ke wadah atau pot lain. Penjarangan tergantung jenisnya. Kaktus jenis Oputina, misalnya, kurang dari setahun sudah bisa dipindah, sementara Mammillaria setahun sudah berdiameter 2 cm.

Sebaiknya pemindahan dilakukan dengan hati-hati agar akar tidak rusak dan batang terluka. Sesuaikan pula ukuran tanaman dengan pot agar tanaman tumbuh normal. Atur jarak tanamnya, 1 cm x 2 cm atau 2 cm x 2 cm.

Setelah itu bibit dipindah ke lokasi yang agak teduh. Bibit membutuhkan sinar matahari yang cukup, terutama pagi hari untuk mempercepat pertumbuhan dan pembentukan batang yang kuat. Idealnya, untuk pertumbuhan biji butuh lingkungan bersuhu 21 derjat Celcius.biji bunga kaktus

Penyiraman dapat dilakukan 2 kali seminggu. Apabila dijumpai serangan haman dan penyakit segera semprot dengan pestisida. Berbagai merek pestisida dijual di toko sarana pertanian. Baca pemakaiannya yang tertera di kemasan. Untuk memacu pertumbuhan bibit bisa disemprot zat pengatur tumbuh (ZPT)

Dengan biji

Artikel terkait
  1. Siapkan wadah semai, lalu isi dengan media hingga setinggi 3/4 nya secara merata. Masukkan biji ke air panas, lalu rendam di dalam air dingin selama dua hari. Setelah itu, angkat dan tiriskan
  2. Sebarkan biji kedalam media, lalu tekan dengan tangan pelan-pelan agar masuk sedalam 0,5 cm.
  3. Tutupi kembali biji yang sudah disebar dengan media pada permukaannya.
  4. Siram biji dengan air yang sudah dicampur obat anticendawan. Wadah di sungkupplastik. Maksudnya agar kelembapannya terjaga. Biji akan mulai berkecambah sebulan kemudian. Sungkup plastik dapat dibuka.

Bibit asal setek

Ada dua perbanyakan yang umum di pakai yaitu setek batang dan setek anakan. Setek batang dapat dilakukan pada kaktus yang memiliki cabang atau berbatang pokok tinggi.

Tahapan setek batang

  1. Pilih batang cabang yang cukup tua yang ditandai kulit kelabu untuk bahan setek. Potong batang sepanjang 15 cm dari pucuk bantang utama atau cabang yang mengganggu. Gunakan alat pemotongan berupa pisau yang tajam dan bersih.
  2. Oleh bekas potongan dengan zat perangsang tumbuh ( ZPT), lalu  dikeringanginkan ditempat teduh selama 1-2 hari hingga kering. Bibit setek sebaiknya tidak boleh terkena sinar matahari langsung atau air hujan.
  3. Siapkan wadah besar atau pot-pot kecil, lalu diisi media tanam berupa campuran pasir, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Media yang digunakan harus steril agar terbebas  dari bibit penyakit.
  4. Bibit setek ditanam pada media sedalam 2 cm. Lakukan penanaman dengan hati-hati agar batang tidak terluka . Siram dengan air secukupnya dan merata, lalu letakkan pot ditempat teduh dengan intensitas cahaya matahari rendah. Setelah pertumbuhan cukup baik dan dianggap kuat, pindah tanaman ke lokasi yang lebih panas.

Tujuannya untuk mempersiapkan batang bawah (under stamp). Kegagalan setek disebabkan akar busuk sehingga tidak tumbuh. Penyebabnya karena setek langsung ditanam. Untuk itu perlu disiasati dengan cara potongan setek didiamkan ditempat teduh hingga getah mengering. Lebih baik lagi bila membiarkannya hingga muncul akar. Setelah itu, bibit setek baru ditanam.

Jenis kaktus bulat dan pendek, seperti Mammillaria plumosa, M.bocasona, dan Notocactus leninghaussi beranak disekeliling tanaman induk. Perbanyakan seperti ini dapat dilakukan dengan cara pemisahan anakan. Setelah itu, anakan ditanam di pot terpisah.

Tahapan perbanyakan dengan cara setek anakan

  1. Pilih jenis kaktus sesuai keinginan. Ambil kertas bekas atau koran lalu balutkan ke batang anakan.
  2. Pisahkan anakan dengan cara dipotong. Lakukan dengan bantuan pisau tajam dan secara hati-hati agar batang tidak terluka.
  3. Siapkan pot yang ukurannya seimbang dengan tanaman, lalu isi dengan media. Jenis media nya sama pada proses persemaian.
  4. Tanaman anakan dengan hati-hati, lalu tutup media hingga kokoh. Letakkan di tempat yang teduh  dan terlindungi dari air hujan dan panas matahari langsung.
loading...
Cara Menghasilkan Bibit Bunga kaktus Dari Biji Dan Stek | Penulis | 4.5