Cara Menghilangkan Duri Bunga Euphorbia

Lazimnya batang euphorbia diselimuti duri kecil dan tajam. Namun, duri tersebut kini dapat dihilangkan dengan operasi kecil yang cukup mudah. Pada dasarnya, duri tidak dapat dihilangkan sama sekali. Namun, dengan menggunakan batang bawah dari jenis euphorbia tanpa duri serta euphorbia berdaun dan berbunga lebat untuk batang atas dapat mengesankan tanaman terlihat tanpa duri. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik penghilangan duri sebagai berikut.

Batang bawah yang digunakan sebaiknya euphorbia neriifolia yang berbonggol besar dengan diameter 4-6 cm. Batang kerabat euphorbia tersebut bersosok besar, berbatang bulat, dan tidak memiliki duri.

Namun, tidak semua E. neriifolia dapat digunakan karena beberapa jenis tanaman tersebut berduri halus dan berbatang segi empat. Batang yang besar sangar berguna untuk menopang dan memudahkan pembentukan tajuk.unduhan

Baca Juga:
Artikel terkait

Setelah diperoleh batang bawah yang bagus, semua daunnya dipangkas dengan pisau tajam dan steril. Percabangan dapat diatur sesuai selera. Kemudian, tunas baru dibiarkan muncul di sekitar tanaman. Setelah itu, tanaman siap digabungkan dengan entres yang sudah ada.

Setelah batang bawah siap disambung, gabungkan batang atas dengan batang bawah. Usahakan agar bentuk potongan sama sehingga melekat dengan erat. Setelah itu, ikat dengan selotip atau plastik agar tidak terkena air.

Penyambungan hendaknya dilakukan dengan hati-hati. Batang jangan sampai terluka atau tergores. Setelah itu, batang dibungkus dengan plastik dan ditutup rapat.

Untuk mengurangi penguapan dan mempercepat munculnya tunas, sisakan 2-4 helai daun pada batang atas dan potong separuh helaiannya. Kemudian, bungkus batang atas dengan kantung plastik dan letakkan di tempat teduh. Bila berhasil, kedua batang itu akan merekat setelah 5-10hari.

Setelah itu, buka plastik dengan perlahan-lahan agar tanaman di tempat teduh dan bersirkuasi udara baik. Siram media dengan air sedikit demi sedikit. Usahakan air tidak menciprati bagian sambungan. Setelah tunas baru tumbuh, selotip dapat dibuka.

loading...
Cara Menghilangkan Duri Bunga Euphorbia | Penulis | 4.5