Cara Meningkatkan Buah Pada Tanaman Cabe

Agar tabulampot cabe dapat tampil subur dan buahnya ranum memikat hati, ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti.

1. Pot dan Media

Siapkan pot yang bergaris tengah sekurang-kurangnya 15 cm. Pilihan media cukup banyak, antara lain abu sekam dan pupuk kandang (1 : 1), tanah subur, pasir, dan pupuk kandang (1 : 1 : 1). Tambahkan TSP dan KCI ke dalam campuran media tersebut. Selanjutnya, bagian dasar pot diberi selapis pecahan bata merah, dan diberi media tanam hingga 3-5 cm dari bibir pot.images (3)

Baca Juga:

2. Tanam dan Sirambe,buah,tanaman

Keluarkan bibit dari polybag, dan ikutkan sebagian tanahnya. Lalu, tanam bibit tersebut, dan padatkan permukaan media. Usahakan pada fase awal terkena langsung sinar matahari di pagi hari, namun hindarkan dari cahaya matahari siang terik. Jangan lupa, rajin-rajinlah menyiram.

3. Sering dipupuk

Artikel terkait

Mengingat tabulampot cabe wadahnya terbatas, berikan pupuk yang habis  tercuci pada saat penyiuraman. Atau larutkan pupuk tersebut dalam air. Misalnya pada fase pertumbuhan vegetatif, berilah 10 gram Urea yang dilarutkan dalam 10 liter air. Lalu pada fase generatif (pembentukan bunga dan buah), berikan campuran Urea, TSP dan KCI (1 : 2 : 1) sebanyak 3 gram / liter air.

Waktu pemupukan sesering mungkin, yakni sekitar 2 – 3 minggu sekali. Di samping itu, ada baiknya juga pupuk daun pada umur 10-14 hari, dan semprotkan pada bagian bawah daun.

4. Pasanglah Ajir

Agar batang cabe bisa berdiri kokoh, bantulah dengan ajir. Caranya, pasang miring ajir membentuk sudut 45 derajat batang cabe.

5. Rajinlah Merempel

Kegiatan merempel adalah khas untuk tanaman cabe. Ada 3 model perempelan, yakni perempelan runas samping, perempelan bunga, dan perempelan daun. Acapkali, pada tanaman cabe terdapat tunas-tuans samping yang tumbuh justru ketika tanaman belum memasuki fase pembungaan. Karena itu, tunas samping harus dirempel, dan biasanya dilakukan 2-3 kali. Di samping itu, tak ada jeleknya bunga pertama dan bunga kedua dirempel pula. Kenapa?

Agar diperoleh mutu buah yang baik dan produktivitasnya tinggi. Juga, lakukan perempelan daun-daun yang tumbuh di bawah cabang utama ketika tanaman minimal telah berumur 2,5 bulan.

loading...
Cara Meningkatkan Buah Pada Tanaman Cabe | Penulis | 4.5