Cara Menyemai Bibit Buah Melon

Cara menyemai bibit buah melon.banyak cara untuk menyemai buah melon,salah satunya seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.Langkah tepat yang sudah dilakukan pada persiapan lahan dan bibit harus dilanjutkan dengan proses penanaman dan pemeliharaan di lapangan dengan benar.

Bibit melon yang siap untuk ditanam berumur 10-14 hari setelah semai. Kriteria bibit yang siap tanam, yaitu sudah berdaun 2-3 pasang dan berwarna hijau segar. Bibit dipilah dan dikelompokkan berdasarkan ukuran dan kesehatannya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keseragaman ukuran buah sehingga pertumbuhan tanaman di lapangan seragam dan buahnya juga seragam.

Sehari sebelum tanaman dipindahkan untuk penanaman, bendengan perlu direndam (dileb) agar basah. Apabila air tidak mencukupi, lubang tanam bisa disiram sampai basah. Lubang tanam dibuat dengan menggunakan tugal pada lubang mulsa sedalam sekitar 5 cm.

Baca Juga:

Penanaman bibit sebaiknya dilakukan pada sore hari sekitar pukul 16.00 untuk menghindari tanaman stres karena terik matahari. Sesaat sebelum tanam, media tanah dalam pelastik semai disiram sampai basah agar tidak pecah atau berhamburan ketika pelastik dibuka.

Lepaskan polybag atau kantong pelastik semai dari media tanam bibit secara hati-hati. Jika diperlukan, gunakan gunting untuk membuka polybag. Usahakan media tanah yang menempel pada bibit tetap kompak atau tidak pecah. Posisi bibit sebaiknya dalam keadaan tegak setelah  ditanam supaya bagian bibit tidak menyentuh mulsa plastik. Setiap lubang tanam diisi satu bibit.cara menyemai bibit buah melon

Setelah penanaman, bibit disiram untuk mengurangi tingkat kelayuan. Tingkat kelembapan tanah diusahakan tetap optimum. Penggantian tanaman yang mati (penyulaman) dapat dilakukan paling lambat tiga hari setelah tanam.

Pemasangan ajir

Artikel terkait

Ajir berfungsi untuk menompang tanaman agar bisa tumbuh keatas, mengingat batang tanaman melon merupakan tanaman merambat sehingga bila tidak diberi ajir maka tanaman akan tumbuh diatas tanah yang akan mengakibatkan tanaman rentan terserang penyakit dan kualitas buahnya rendah.

Pemasangan ajir dilakukan tidak boleh lebih dari tiga hari stelah tanam. Ajir bisa terbuat dari potongan bambu yang panjangnya sekitar 1,5 m dan dipasang di setiap lubang tanam. Bagian ajir yang masuk ke dalam tanah sekurang-kurangnya sepanjang 25 cm. Pada setiap bedengan, setiap dua buah ajir dari baris yang berbeda disatukan pada bagian atasnya sehingga  membentuk huruf X, kemudian diikat agar tidak lepas satu sama lainnya.

Pengairan

Pengairan pada tanaman melon bisa dilakukan dengan penyiraman atau perendaman lahan (di-leb). Pemberian air dilakukan bila tanah sudah mulai kering dan hujan tidak turun. Pada awal penanaman hingga umur satu minggu, dilakukan penyiraman setiap hari pada sore hari sekitar 100 cc/tanaman. Selanjutnya, penyiraman dilakukan dua hari sekali pada waktu pagi dan sore hari.

Penyiraman bisa dilakukan dengan cara membuat parit antarbedengan. Parit tersebut digenangi air sampai mencapai 2/3 tinggi bedengan. Air dalam parit sekali-sekali disiramkan ke masing-masing tanaman atau lubang tanam menggunakan ember.

Pada awal pembentukan bunga sampai panen, pengairan disesuaikan dengan fase berbunga, pembentuk buah, pembentukan jala/net, dan perkembangan buah.

Paduan penyiraman melon

  1. Fase I    : penanaman sampai dengan terbentuk ruas ke 12-25. Perlu air yang cukup.
  2. Fase II   : Pembentukan bunga sempurna. Kelembapan perlu dikurangi, termasuk pemberian air.
  3. Fase III : Penyerbukan sampai dengan 20 hari sesudahnya perlu air cukup  untuk mendukung pertumbuhan buah dan pembentukan jala. Kelembapan tanah yang cukup dibutuhkan untuk menghasilkan jala. Kelembapan tanah yang cukup dibutuhkan untuk menghasilkan jala yang bagus. Pada tanah sawah dimungkinkan dilakukan pengairan dengan cara di-leb.
  4. Fase IV  : Pada fase pendewasaan buah sampai dengan panen, penyiraman perlu dikurangi untuk mendapatkan buah  berkualitas tinggi.
loading...
Cara Menyemai Bibit Buah Melon | Penulis | 4.5